Cari Tahu Apa “Conversion Goals” Aplikasi Mobile Anda yang Sebenarnya

December 19, 2015
Cari Tahu Apa “Conversion Goals” Aplikasi Mobile Anda yang Sebenarnya

Jika saat ini perusahaan Anda termasuk dalam enam tanda bahwa brand Anda membutuhkan aplikasi mobile seperti tertulis dalam artikel lalu yang berjudul “Urgent: Inilah Enam Tanda Bahwa Brand Anda Membutuhkan Aplikasi Mobile”. Itu berarti saatnya Anda mulai berfikir lebih lanjut dan mengidentifikasi apa sebenarnya conversion goals atau tujuan utama konvesi dari aplikasi mobile Anda.

Mungkin dapat dimulai dengan mempelajari apa itu konversi, rating konversi adalah salah satu metrik pemasaran yang diukur di beberapa channel demikian juga untuk aplikasi mobile. Rating konversi aplikasi mobile jauh melampaui angka download. Konversi nyata terjadi dalam aplikasi, ketika pengguna bergerak melakukan konversi pada tujuan tertentu.

Bagaimana Rating Konversi Aplikasi Mobile Saat Ini?

Penelitian independen dan analisis merek yang dilakukan oleh Localytics menemukan bahwa sebagian besar aplikasi memiliki konversi rata-rata 1-2%. Untuk aplikasi mobile bergenre game, karena kualitas adiktif dan waktu penggunaan yang tinggi, bisa mendapat rata-rata tarif konversi setinggi 10%, sedangkan aplikasi mobile SaaS kadang-kadang berjuang untuk mendapat 1% dari conversion goals di aplikasi, meskipun sudah relatif terkenal. Konversi untuk industri perjalanan online adalah 1-5%, dan benar-benar memiliki tingkat konversi mobile lebih tinggi dari tingkat konversi dekstop.

Perbedaan ini bukan akibat langsung dari kurangnya penelitian, melainkan, mencerminkan kebenaran bahwa ada banyak jenis dari aplikasi yang melayani berbagai tujuan. Ini akan sulit untuk menentukan tingkat konversi yang ideal dan kemungkinan besar akan tidak sesuai dengan tujuan akhir Anda. Kunci untuk meningkatkan tingkat konversi aplikasi adalah:

  1. Mendefinisikan tujuan konversi yang unik untuk aplikasi Anda
  2. Menciptakan strategi keterlibatan yang efektif untuk meningkatkan tingkat konversi mereka.

Mengidentifikasi Konversi Tujuan Aplikasi Anda

MCommerce bukan satu-satunya industri yang mengukur tingkat konversi mereka. Konversi tidak harus terjadi sebuah pembelian dalam sebuah aplikasi, bisa jadi konversi adalah sebuah artikel dibaca, permainan yang dimainkan, interaksi sosial atau bahkan peningkatan waktu yang dihabiskan di aplikasi. Jika Anda adalah aplikasi media, Anda mungkin paling tertarik dalam mengkonversi pengguna pasif untuk pelanggan aktif. Jika Anda punya aplikasi perjalanan dan menjalankan kampanye push-message yang mendorong pengguna untuk check-in untuk tiket penerbangan, tujuan konversi Anda mungkin tidak ada hubungannya dengan pembelian.

conversion goals

Mendefinisikan konversi dengan cara apa pun yang masuk akal untuk strategi monetisasi aplikasi Anda, pelajari juga bagaimana menyusun strategi monetisasi yang cocok untuk aplikasi mobile Anda.

Membawa cutomer pada sebuah engagement dan loyalitas

Localytics menemukan bahwa aplikasi yang mengirim pesan di-app memiliki pengguna lebih setia dan lebih terlibat. Secara khusus, aplikasi yang mengirimkan pesan-app menunjukkan retensi pengguna 2-3,5x lebih tinggi dari aplikasi yang tidak melakukannya. Pengguna bergerak mengkonversi pada tingkat yang lebih tinggi dan memberi Anda lebih banyak value lifetime secara keseluruhan. Ini berarti tingkat konversi Anda sangat tergantung pada peningkatan experience di-app untuk pengguna. Dengan kata lain, jika Anda tidak membuat mudah bagi pengguna untuk melakukan tindakan konversi maka mereka tidak akan melakukannya. Gunakan analisis Anda untuk memberikan retensi dan konversi data serta tracking kemajuan Anda terhadap tujuan konversi yang jelas dapat menginformasikan hampir segala sesuatu di siklus pengembangan aplikasi Anda antara lain dalam hal:

  • pendesainan ulang
  • perubahan UX
  • Konten kampanye pemasaran

Singkatnya: memilih tingkat konversi yang relevan dan berdampak diiringi dengan upaya untuk terus berimprovisasi berdasarkan informasi dan data pengguna akan meningkatkan ROI Anda secara keseluruhan dan membantu membuat aplikasi Anda menjadi channel menguntungkan dalam strategi pemasaran merek Anda.

Leave a Reply