Cari Tahu Seberapa Penting Peran Apps Store Optimization (ASO) Untuk Aplikasi Mobile Anda

July 29, 2015
Cari Tahu Seberapa Penting Peran Apps Store Optimization (ASO) Untuk Aplikasi Mobile Anda

Dengan lebih dari dua juta aplikasi yang di rilis di toko aplikasi, bagaimana menjadikan sebuah aplikasi menjadi yang mudah terlihat olah pengguna merupakan sebuah masalah yang cukup sulit untuk dipecahkan. Jika Anda memiliki aplikasi mobile, penting bagi Anda untuk memahami berbagai metode pemasaran untuk apliksi Anda. Salah satu teknik penting yang sampai saat ini masih diabaikan sebagian besar pengembang aplikasi mobile adalah: Apps Store Optimization (ASO).

Apa yang dimaksud dengan ASO?

ASO adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengoptimalisasikan aplikasi mobile agar mendapat peringkat atas pada hasil pencarian. Jika aplikasi mobile muncul pada peringkat atas pada hasil pencarian, ini akan meningkatkan visibilitas aplikasi mobile tersebut dan potensi untuk di-download semakin besar.

Tujuan utama ASO adalah memegang kendali agar lalu lintas pengunjung apps store tertuju pada halaman sebuah aplikasi mobile, sehingga pengunjung dapat mengambil tindakan yang spesifik: men-download aplikasi mobile Anda.

Dalam penerapannya, ASO juga memerlukan pemahaman terhadap sasaran pengguna aplikasi Anda, termasuk bagaimana keyword yang paling berpotensi untuk digunakan pengguna sasaran Anda.

Kenapa ASO begitu penting?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forrester, 63% aplikasi yang berhasil dijangkau penggunanya adalah melalui sebuah pencarian. Hal ini membuat pencarian di apps store merupakan metode yang paling sering digunakan untuk menemukan dan men-download aplikasi baru. Terakhir dilaporkan oleh Ankit Jain di Google I/O, bahwa untuk rata-rata kegiatan pencarian di apps store akan diakhiri dengan kegiatan menginstall aplikasi. Sederhanyanya adalah, jika Anda tidak menerapkan ASO untuk meningkatkan peringkat aplikasi, Anda akan kehilangan channel penemuan terbesar yang tersedia untuk aplikasi Anda.

Dengan ratusan ribu aplikasi di setiap apps store berlomba-limba untuk mendapat peringkat teratas, dan realita saat ini adalah sebagian besar pemilik aplikasi tidak berinvestasi dalam ASO.

Bagaimana mekanisme ASO?

Mekanisme Apps Store Optimization terbagi menjadi beberapa komponen, dan jika di kelompokan menurut keutamaannya dapat dituliskan seperti ini:

Faktor utama:

Tiitle/Judul – kata kunci yang telah Anda pilih ada baiknya Anda tempatkan di bagian judul. Pastikan kata kunci tersebut merupakan kata kunci dengan lalu lintas terpadat.

Keyword/kata kunci – untuk meningkatkan peringkat pencarian, Anda perlu mengtahui kata kunci yang relevan dan paling sering digunakan pengguna sasaran Anda.

Selain menjadi faktor utama, terdapat fakta bahwa judul dan kata kunci dapat di modifikasi dengan mudah, itu berarti bahwa Anda dapat mengoptimalkan keduanya secara berkala.

Faktor Sekunder:

Total download – jumlah download juga memiliki peran dalam penerapan ASO, namun Anda tidak memiliki kontrol penuh untuk faktor ini.

Rating dan Review – dua hal ini juga tak kalah penting, namun Anda juga sulit untuk mengontrol hal ini. Namun tetap ada cara untuk mendorong agar pengguna memberi rating dan review yang positif terhadap aplikasi Anda.

Kata kunci yang menjadi bagian dalam judul, apakah bekerja dengan baik?

Menurut forrester, dengan sampling kata kunci mereka melihat dari 25 posisi perigkat dan dihitung dari berapa persen aplikasi yang mencantumkan kata kunci dalam judul dan yang tidak dapat menghasilkan perbedaan yang cukup significant.

ASO mobile app

Berdasarkan perhitungan tersebut, dihasilkan bahwa aplikasi yang mencantumkan keyword dalam judul peringkatnya naik sekitar 10.3%

Perlu diingat bahwa ASO membutuhkan waktu

ASO adalah proses yang perlu dipantau dan terus-menerus selama periode waktu tertentu. Kata kunci populer adalah kata kunci yang wajib Anda gunakan untuk aplikasi mobile anda di apps store.

Sebagian besar pengembang tidak melakukan optimalisasi ASO, tidak ada riset mengenai kata kunci yang paling potensial. Mereka hanya memilih kata kunci berorientasi pada keinginan pihak pengembang tanpa mempertimbangkan dari sisi calon penggunanya. CEO MobileDevHQ menyampaikan bahwa berinvestasikan sedikit waktu untuk menerapkan ASO telah mempengaruhi pengguna mereka, “ASO memberikan dampak yang dramatis pada aplikasi klien kami. Angka download mereka naik 2 kali sampai 10 kali lipat. ASO bukanlah proses yang sederhana, dan Anda mungkin tidak dapat merasakan dampaknya hanya dengan hitungan hari, tapi jika Anda mau menginvestasikan waktu Anda, hasilnya akan sangat berharga.”

Namun ada yang perlu digaris bawahi bahwa pengambang aplikasi harus konsisten melacak peringkat aplikasi mereka dan peringkat pesaing mereka dari waktu ke waktu. Buat aplikasi seolah diterbitkan setiap hari dengan bereksperimen dengan kata kunci yang mengarahkan lalu lintas ke halaman aplikasi mobile Anda.

Leave a Reply