Don’t Repeat Yourself

By : Reynald Prabha Nova | 13 March 2019 | Comnents : 0


“Don’t Repeat Yourself” (atau lebih mudahnya disingkat DRY) adalah satu kalimat istilah yang sering diperbincangkan di kalangan teknis pemrograman yaitu untuk tidak mengulangi proses yang sama berulang kali, yang mana sebenarnya proses tersebut dapat dilakukan dengan suatu solusi hanya satu kali saja.

What we see in the first easy effort, then what you get after many times tired of repeating…
Image Source: https://www.dapanimals.us/kitten-mirror-lion/

Walaupun kalimat istilah ini populer di kalangan teknis pemrograman, pada kenyataannya konsep ini dapat berlaku dan diterapkan dimana saja, termasuk pada bidang industri yang telah melakukannya terlebih dahulu seperti halnya penggantian tenaga manusia ke mesin, mesin tersebut solusi satu kali untuk memangkas penggunaan tenaga tangan langsung berulang kali. Mulai paham akan konsep ini ? Kita jabarkan langsung ke manfaat konsep DRY

  1. Memangkas waktu, dengan berpikir satu solusi yang sudah pasti dipakai berulang kali, kita tidak akan perlu berpikir dan menghabiskan waktu memecahkan permasalahan yang sama.
  2. Mencegah kesalahan yang tidak perlu, dengan melakukan suatu hal berulang kali kita akan cenderung bisa saja melakukan kesalahan yang mana sebenarnya tidak perlu, dengan konsep pemikiran satu solusi untuk semua problema yang sama kita akan terbantu dan untuk memperbaiki kita akan mudah langsung mengerucut ke spesifik problem tanpa melakukan pengulangan proses.
  3. Memudahkan improvisasi suatu proses, dengan melihat suatu pola yang sudah kita buat akan lebih mudah melihat bagian cara kerja mana yang dapat ditingkatkan.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us