Kekuatan Emosional Emoticon: Gunakan Emoticon yang Tepat Untuk Push-notification Aplikasi Mobile Anda

September 26, 2015
Kekuatan Emosional Emoticon: Gunakan Emoticon yang Tepat Untuk Push-notification Aplikasi Mobile Anda

Emoticon menjadi bagian utama dari kehidupan mobile modern, hal ini semakin terlihat dari apa yang dilakukan Apple. Mereka merilis emoticon baru yang semakin dilengkapi dengan berbagai ekspresi dengan berbagai warna kulit. Emoticon dapat digunakan sebagai penolong dari keterbatasan pesan text untuk mengartikulasikan emosi. Emoticon juga dapan digunakan hanya sebatas untuk kesenangan. Lalu bagaimana sebuah aplikasi mobile dapat menggunakan emoticon pada push-notification mereka untuk menciptakan sebuah engagement yang lebih baik?

Kekuatan emosional emoticon

Jauh sebelum maraknya aplikasi messanger seperti sekarang ini, penggunaan emoticon sudah sangat populer penggunaannya baik itu digunakan pada web atau malah pada sebuah SMS. Bahkan menurut Swyft Media, 6 juta emoticon dikirim setiap harinya dari seluruh penjuru dunia melalui aplikasi mobile messanger. Tapi kenapa? Apa yang membuat wajah-wajah kuning ini begitu menarik?

Para peneliti menemukan fakta bahwa, emoticon adalah alat yang ampuh untuk memanusiakan sebuah aplikasi mobile messanger yang seringnya hanya menyampaikan sebuah pesan text impersonal dan tanpa ekspresi. Emoticon dapat membantu Anda untuk menafsirkan sebuah pesan text.

Ketika melihat emoticon smiley face, rasanya seperi melihat wajah tersenyum dalam kehidupan nyata. Ini adalah alasan besar mengapa harus mempertimbangkan betapa pentingnya bahasa tubuh dan ekspresi wajah dalam berkomunikasi.

Mengapa harus menggunakan emoticon dalam pesan push-notification?

Emoticon sangat berperan dalam membantu menerjemahkan sebuah pesan dalam komunikasi, itu berarti penggunakaan emoticon dalam pesan push-notification dapat melibatkan emosional yang lebih besar. Dan seperti yang kita ketahui bahwa beberapa konsumen menjatuhkan pilihan sebagian besar dipengaruhi oleh emosi baru kemudian disusul oleh nalar dan fakta.

Dengan hanya satu atau dua ikon sederhana, Anda dapat menarik perhatian pengguna dan mnginspirasi respon emosional mereka. dan lebih dari itu, emoticon juga dapat membantu pesan push-notification menjadi lebih ringkas dengan memangkas beberapa kata yang dapat dengan mudah diwakili oleh emoticon.

Oleh karena itu, kini semakin banyak brand yang berlomba untuk memanfaatkan kekuatan emoticon. Seperti yang dilakukan sebuah perusahaan pembuat pizza Domino, mereka mengumumkan bahwa pelanggan mereka dapat memesan pizza hanya dengan mengirimkan mereka emoticon pizza.

Bagaimana menggunakan emoticon untuk pesan push-notification

Namun menggunakan emoticon juga memiliki tanggunng jawab yang besar, sangat penting untuk memahami audiens Anda untuk mendukung penggunaan emoticon yang tepat. Gunakan beberapa emoticon yang baik-baik, kemas pesan push-nitification dengan baik agar tidak dianggap sebagai spam.

Contoh emoticon dalam push-notification

#Yahoo Weather

yahoo weather

Yahoo weather menampilkan pesan push-notification secara manis dan sederhana dengan memberikan snapshot dari cuaca melalui emoticon.

Sementara beberapa pesan push-notification dirancang untuk membawa pengguna mereka kembali ke aplikasi. Namun itu bukan tujuan yahoo weather, sebaliknya pesan tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan instan terkait cuaca, menyoroti hal penting yang dapat dipahami secara sekilas.

Disini, penggunaan emoticon memberikan pemahamna instan sambil meminimalkan ruang text. Dengan sekilas, aplikasi dapat memberi tahu bahwa hari ini akan menjadi hari yang cerahdan pengguna tetap dapat membaca suhu jika ia ingin.

#Pink Nation

pink nation

Contoh berikutnya adalah Pink Nation, mereka menyasar para wanita yang sering meninjau dan memilih-milih pakaian eksklusif yang mereka jual. Push-notificationnya menggunakan emoticon untuk memecah teks dan menarik mata pengguna sehingga akan sulit untuk mengabaikan pesan tersebut.

#RetailMeNot

retailmenot

Selanjutnya RetailMeNot menggunakan pesan push-notification untuk memperingatkan penggunanya tentang sebuah sale. Emoticon berbentuk rumah digunakan untuk menarik perhatian dan memberikan pemahaman instan bahwa mereka menjual produk seputar peralatan rumah tangga.

#GIF Keyboard

gif keyboard

Pesan digunakan agar pengguna tahu bahwa GIF sekarang dapat digunakan di hangouts. Emoticon yang digunakan disini tidak berhubungan secara khusus pada pesan yang disampaikan, melainkan untuk menambah kesan menyenangkan.

Kapan saat yang tepat menggunakan emoticon dalam push-notification

  • Untuk memberikan pemahaman instan. Emoticon sangat berguna dalam pesan push-notification saat simbol yang digunakan berhubgungan dengan pesan yang disampaikan
  • Untuk memangkas kalimat. Gambar sering kali lebih lugas dalam menginformasikan sebuah kondisi daripada hanya sebuah pesan text. Maka dari itu emoticon merupakan alat yang tepat untuk memangkas teks dalam sebuah pesan push-notification.
  • Untuk menarik perhatian. Mata kita secara alami akan lebih tertarik untuk melihat sebuah citra atau gambar. Menggunkan emoticon dalam pesan push-notification membuat pengguna Anda sulit untuk mengabaikannya.
  • Untuk menciptakan kesan menyenangkan dalam sebuah pesan push-notification.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mempersiapkan emoticon yang tepat untuk pesan push-notification aplikasi mobile Anda?

Leave a Reply