Kiat Sukses Aplikasi Anda di Google Play

October 16, 2015
Kiat Sukses Aplikasi Anda di Google Play

Google Play merupakan tempat utama untuk mendistribusikan aplikasi di Android. Saat Anda memutuskan untuk mempublikasikan aplikasi di Google Play, itu berarti Anda telah memasarkan aplikasi Anda ke lebih dari 1 miliar pengguna aktif Android di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Dengan kesempatan visibilitas yang begitu luas, Anda perlu sedikit kiat khusus agar aplikasi Anda lebih dikenal pengunjung Google Play yang tentu akan mempengaruhi kesuksesan aplikasi Anda.

#1 Uji Aplikasi – Google Play memungkinkan Anda merilis versi awal aplikasi kepada pengguna terpercaya, sebagai versi pengujian alfa dan beta. Menguji aplikasi Anda dengan sekelompok pengguna tertentu akan memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki semua masalah baik dari segi user experience maupun dari segi teknis sebelum benar-benar dirilis secara luas. Cara melakukannya:

  • Putuskan apakah Anda ingin menjalankan pengujian alfa dan beta, atau hanya beta
  • Buat komunitas Google+ atau Google Group untuk setiap jenis pengujian yang ingin Anda lakukan
  • Undang pengguna yang Anda inginkan untuk menguji aplikasi ke komunitas Google+ atau Google Group dan bagikan link untuk memulai pengujian
  • Pilih aplikasi Anda di konsol pengembang
  • Unggah APK versi alfa dan Beta ke tab yang relevan dan publikasikan di Google Play
  • Pilih komunitas Google+ atau Google Group untuk tempat mempublikasikan aplikasi
  • Beritahu komunitas bahwa mereka dapat memperbarui aplikasi untuk mendapatkan versi terbaru
  • Perikasa masukan mereka, perbarui aplikasi, dan lakukan secara berulang hingga Anda siap merilis fix version untuk aplikasi tersebut

#2 Rilis Pembaruan Secara Progresif – peluncuran bertahap memastikan pengguna dalam jumlah kecil sekalipun akan menyadari adanya masalah yang mungkin terlewatkan oleh Anda sebagai pengembang. Selanjutnya Anda dapat mengoreksi masalah ini sebelum meluncurkan ke pengguna lain, atau bahkan membauat pembaruan, sehingga reputasi aplikasi bisa terjaga.

Mulailah dengan persentase pengguna yang relatif kecil, mungkin dengan 10 hingga 20% untuk peluncuran pertama, dan beri waktu selama 12 hingga 24 jam kepada mereka untuk menggunkan aplikasi. Jika lancar, cobalah dengan group yang lebih besar, mungkin 20 hingga 40%, selama 6 sampai 12 jam. Lalu cobalah langkah terahir dengan 60-80% pengguna selama beberapa jam atau langsung lakukan rilis penuh. Rilis pembaruan secra progresif diterapkan untuk memastikan respon positif pengguna.

#3 Pantau Statistiknya – tinjau statistik aplikasi secara rutin untuk memahami kinerjanya. Periksa lansiran Anda untuk menemukan perubahan mendadak dan mempertimbangkan untuk memilih dan menerima lansiran melalui email. Perubahan kinerja aplikasi dapat menandakan hal baik dan buruk. Seperti keberhasilan campaign serta sampai dimana pengguna Anda memanfaatkan aplikasi Anda. Dengan menilai statistik aplikasi dan lansiran Anda secara rutin, Anda dapat cepat menemukan perubahan, kemudian mengoreksi masalah sebelum bardampak besar terhadap kepuasan pengguna atau peringkat aplikasi. Cara melakukannya:

  • Untuk melihat statistik, buka semua aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dilihat. Lalu pilih statistik
  • Untuk melihat laporan pendapatan, lakukan hal yang sama namun pilih keungan setelah memilih aplikasi
  • Untuk meninjau lansiran, klik icon lansiran berwarna jingga di konsol pengembang
  • Untuk menerima lansiran melalui email , di setelan pada email, klik setelan lalu preferensi selanjutnya Anda dapat memilih lansiran yang diinginkan dan cara pengirimannya kepada Anda.

#4 Baca dan Tanggapi Ulasan Pengguna – Google Play memungkinkan pengguna memberi peringkat dan komentar tentang aplikasi dan Anda dapat membalas komentar dari dalam konsol pengembang. Ulasan pengguna sering kali berisi masukan dan saran berharga untuk meningkatkan kinerja aplikasi, ada baiknya jika Anda membacanya secara rutin. Dengan membalas ulasan, Anda dapat membuat pengguna merasa dilibatkan dan dihargai yang kemudian akan membantu tumbuhnya loyalitas. Utamakan untuk membalas ulasan negatif, sertakan juga waktu dan janji untuk segera memperbaiki kinerja. Akan lebih besar kemungkinan pengguna memberikan peringkat yang bagus dan share aplikasi Anda setelah tercipta interaksi yang positif. Cara melakukannya:

  • Untuk membaca ulasan, di konsol pengembang klik aplikasi yang ingin dilihat, pilih peringkat & ulasan
  • Agar lebih mudah memahami gunakan fitur filter untuk melihat berdasarkan peringkat, bahasa tulisan, versi aplikasi atau perangkat
  • Untuk membalas, klik balas pada ulasan yang akan dibalas.

Selama tahun 2014 Google Play telah membayarkan lebih dari $5 Miliar kepada pengembang dan dari tahun ke tahun kompensasi kepada pengembang terus meningkat. Serta munculnya dua media baru yakni Android Wear dan Android TV memberikan lebih banyak peluang untuk melibatkan dan menghibur penggunanya. Berikut adalah dua alasan kecil mengapa Anda sebaiknya mempriorotaskan Android dan Google Play untuk distribusi Aplikasi.

Leave a Reply