Mari Menyusun Strategi Pemasaran Bisnis di Tahun 2016, Saatnya Perusahaan Anda Sejajar Part I

December 12, 2015
Mari Menyusun Strategi Pemasaran Bisnis di Tahun 2016, Saatnya Perusahaan Anda Sejajar Part I

Hingga akhir tahun 2015 telah terjadi sebuah pergeseran besar-besaran di ruang konten mobile. Seperti kita ketahui penggunaan perangkat mobile telah melebihi penggunaan perangkat dekstop, data menunjukan bahwa 85% pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi mobile daripada versi website dekstopnya.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk memperkuat brand awareness merek Anda di tahun 2016 yang akan segera tiba. Cukup sederhana, yang perlu Anda pahami adalah bahwa membangun sebuah website tidak lagi mampu mengatasi itu. Anda perlu mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang native dan seutuhnya, bukan lagi sekedar website responsive. Karena aplikasi mobile mampu menawarkan user experience yang lebih sederhana dan fungsional sesuai dengan tuntutan user. User perangkat mobile mencari kesederhanaan dan kemudahan dalam penggunaan, user experience yang efisien untuk berinteraksi dengan brand Anda. Itulah mengapa Anda harus menciptakan aplikasi mobile Anda, untuk menjawab keinginan mereka.

Berikut ini adalah tiga alasan utama yang semakin memantapkan opini mengapa sangat penting untuk mengembangkan aplikasi mobile pada tahun 2016:

User Experience adalah Raja

Pikirkan terakhir kali Anda menggunakan browser pada perangkat mobile Anda. Mungkin itu cukup baik dan fungsional, tetapi experience dalam sebuah website dekstop dan browser itu tidak unik.Menjadi yang “tidak unik” Ini adalah hal yang tidak diinginkan baik oleh tim pemasar ataupun pengguna itu sendiri. Menjadi yang “tidak unik” juga menghambat tujuan yang sebenarnya sedang yang kita perjuangkan, yaitu untuk meningkatkan loyalitas merek dengan menciptakan great user experience.

Untuk setiap industri besar, ada sebuah aplikasi mobile yang mewakili dan menjadi banchmark untuk aplikasi sejenisnya. Seperti Amazon untuk aplikasi retail, Joox untuk aplikasi musik dan Instagram untuk aplikasi jejaring sosial. Aplikasi-aplikasi tadi mungkin dapat dikatakan mengusik aplikasi Anda karena mereka lebih mampu memberikan user experience luar biasa hebat dan mungkin tak tertandingi. Dan jika saat ini hanya masih mengandalkan alat-alat masa lalu seperti website responsif untuk memperluas jangkauan brand Anda, itu berarti Anda menempatkan diri untuk terus tertinggal. Dalam rangka untuk memenangkan hati target audience Anda, Anda perlu untuk bermain di ruang mereka, yaitu ruang aplikasi mobile. Tidak harus sehebat banchmark aplikasi mobile yang Anda usung, setidaknya Anda tidak tertinggal lebih jauh lagi. Dan yang perlu Anda garis bawahi adalah bahwa User Experience adalah sebuah rasa hormat pada pengguna aplikasi Anda seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Aplikasi mobile cerminan dari sebuah analisa data pengguna

Karena aplikasi telah mengganggu bagaimana cara seorang pengguna ingin berinteraksi dengan sebuah brand. Anda sekarang punya masalah integritas data: jika Anda tidak memiliki sebuah aplikasi, Anda tidak dapat menangkap atau memahami kasus penggunaan pengguna. Anda tidak tahu bagaimana pengguna benar-benar ingin berinteraksi dengan Anda- itulah yang seharusnya Anda garis bawahi dari data Anda. Perilaku aplikasi mobile membentang jauh melampaui website responsif, dan dengan tidak memiliki aplikasi Anda kehilangan wawasan kunci ke tentang perilaku pengguna.

Sebagai awal, memiliki sebuah aplikasi (dengan aplikasi analisis dan platform pemasaran) memberi Anda wawasan sesi dari setiap pengguna secara individu sehingga Anda memiliki pemahaman yang holistik tentang bagaimana berbagai kelompok pengguna ingin terlibat dengan Anda. Dari pemahaman ini, Anda dapat mulai untuk memahami sampai dimana keberhasilan aplikasi Anda dan di mana kekurangannya, serta bagaimana mengoptimalkannya untuk mendorong terjadinya engagement. Memahami cara pengguna ingin berinteraksi dengan Anda melalui mobile data yang hanya bisa melalui aplikasi Anda, dan untuk mengendalikan sebuah retensi.

Selain sebuh engagement, manfaat menarik lain dari analisis aplikasi mobile adalah kemampuan untuk mengembangkan strategi untuk mendorong retensi serta konversi menggunakan campaign pemasaran yang dipersonalisasi. Melalui analisis aplikasi, Anda akan memiliki pemahaman yang mendalam dari tindakan pengguna Anda dan dapat memberikan pengalaman mobile yang lebih personal yang akan meminimalkan churn. Singkatnya, memiliki sebuah aplikasi memungkinkan Anda untuk menggunakan platform dan alat-alat untuk terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang sangat pribadi, sesuatu yang tidak dapat dicapai dengan situs web responsif Anda.

Lalu saat aplikasi Anda sudah dibekali oleh user experience yang baik dan sudah memiliki data pengguna yang cukup untuk melakukan kegiatan analisis maka kini saatnya Anda untuk melakukan customization untuk mewejudkan harapan user terhadap aplikasi Anda. Kemudian bagaimana melakukan customization yang baik? Jawabannya akan Anda dapatkan dalam artikel selanjutnya.

Leave a Reply