Mengapa Aplikasi Mobile Membutuhkan Email? Inilah Alasannya

July 10, 2015
Mengapa Aplikasi Mobile Membutuhkan Email? Inilah Alasannya

Dilihat dari core benefit-nya yang mana email merupakan sebuah media pesan pribadi, mungkin banyak pihak yang telah mulai meninggalkan media yang satu ini. Seiring dengan berkembangnya banyak platform yang mewakili fungsi yang sama dengan email. Namun jika dilihat dari prespektif pemasaran, email masih relevan untuk tetap digunakan bahkan email dapat menarik lebih banyak atensi penggunanya.

Vendor penyedia email berbasis cloud telah membuat email dengan mudah ditransfer dari versi web dekstop ke dalam peraangkat mobile yang lebih wearable bagi penggunanya. Nah, keuntungan inilah yang seharusnya dilirik oleh pemilik aplikasi mobile yang bertujuan untuk marketing atau penguatan brand. Sementara channel berbasis aplikasi seperti push-notification masih terbatas pada banyak aspek, email yang dimiliki oleh hampir seluruh pengguna perangkat digital ditambah dengan keandalanya untuk mengundang retensi dan engagement diluar aplikasi inilah faktor utama mengapa aplikasi mobile membutuhkan tetap email. Dengan email, aplikasi Anda akan lebih tajam menyampaikan segala informasi bahkan hingga seolah-olah itu pesan pribadi karena didukung oleh app behavior berdasarkan profil mereka. Berikut adalah deskripsi yang lebih jelas mengapa email memegang peranan penting pada aplikasi mobile Anda.

Menjaga pengguna yang menonaktifkan push-notification mereka

mobile app push notifivationMenjalin komunikasi dengan pengguna di luar aplikasi sangat penting karena beberapa alasan. Yang pertama dan terpenting karena komunikasi Anda di luar aplikasi akan memastikan visibilitas dan meningkatkan retensi pengguna. Karena tidak semua aplikasi dapat memenangkan tempat ter-strategis yakni dalam layar utama home screen pengguna.

Kedua, komunikasi diluar aplikasi juga akan meningkatkan user’s app experience dengan memberikan pengguna informasi yang personal dan relevan. Anda juga dapat membuat pengguna Anda menghemat waktu karena tidak perlu mencari sumber informasi melalui channel lain.

Dan yang ketiga adalah untuk tetap membangun komunikasi dengan pengguna yang tidak mengaktifkan push-notification mereka. Karena data Localystics menunjukkan bahwa hanya sekitar setengah dari pengguna aplikasi yang mengaktifkannya. Tentu Anda tidak ingin kehilangan pengguna Anda yang setengah lainya bukan?

Menambah umur user engagement dan memperkaya konten

Push-notification memang dapat menyampaikan informasi secara cepat, namun karena terbatas dengan format yang pendek membuat Anda tidak dapat menyampaikan semua yang ingin Anda sampaikan. Di sisi lain, email dapat menampilkan dan menyampaikan semuanya secara lebih detail.

Membangun great relation dengan pengguna Anda

Pada akhirnya, esensi dari sebuah aplikasi marketing adalah membangun hubungan baik dengan pengguna. Email adalah alat yang sempurna untuk memelihara hubungan itu di luar aplikasi. Email juga dapat bertindak sebagai extention aplikasi Anda, yang mana akan memberikan konten yang relevan dan valuable bagi pengguna Anda. Sebagai contoh sebuah aplikasi diet bisa mengirim resep diet yang tepat, aplikasi kebugaran bisa mengirimkan pola latihan yang sesuai atau aplikasi streaming musik bisa merekomendasikan update terbaru dari penyanyi favorit. Ini semua karena email membuat pengguna Anda secara tidak langsung membagikan segala informasi tentang diri mereka kepada Anda.

Peranan email memang menjanjikan banyak keuntungan untuk aplikasi mobile dan bisnis Anda, saatnya untuk mempraktikkanya dan rasakan manfaatnya secara langsung.

Leave a Reply