Optimalkan Mobile App Anda Sebagai Alat Ukur Brand Awareness Perusahaan

June 25, 2015
Optimalkan Mobile App Anda Sebagai Alat Ukur Brand Awareness Perusahaan

Merek adalah sebuah reputasi, sebuah identitas, sebuah janji perusahaan kepada pelanggannya. Merek bukan lagi masalah produk atau jasa yang dipasarkan, merek adalah tentang seberapa banyak orang benar-benar tahu apa yang diwakilinya. Itulah mengapa penting untuk mengukur sampai di mana tingkat kesadarannya, yang kemudian akan kita sebut dengan brand awareness.

Banyak perusahaan yang mulai menyusun formula untuk mengukur sampai dimana brand awreness mereka terbentuk. Merkipun terdapat banyak instrumen dan perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran ini, perusahaan sering tidak menyadari bahwa pada era mobile saat ini aplikasi mobile lah yang justru menjadi media yang paling tepat untuk melakukan pengukuran brand awareness perusahaan. Berikut ini adalah gambaran yang dapat dilakukan aplikasi mobile untuk mengukur visibilitas merk sekaligus brand awareness perusahaan Anda.

Apakah orang mengerti tentang keberadaan bisnis Anda? Apakah pengguna aplikasi mobile Anda saat ini adalah orang yang tepat? Ini semua adalah pertanyaan yang berhubungan dengan brand awareness Anda, dan disini aplikasi mobile akan membantu Anda untuk menjawabnya.

Monitoring berapa banyak page dilihat dan angka download

mobile app check download

Seberapa banyak sebuah page dilihat dan angka download merupakan indikator sampai dimana visibilitas dan reutasi merek Anda berkembang di toko aplikasi. Jika Anda telah memanfaatkan layanan iklan berbayar yang meningkatkan banyak klik dan kunjungan pada page aplikasi Anda di toko aplikasi namun belu

m berhasil meningkatkan angka download, saatnya untuk melakukan evaluasi. Bisa jadi karena page Anda tidak menampilkan dengan jelas identitas merek Anda, orang harus dengan mudah dapat membedakan perbedaan antara aplikasi mobile Anda dengan yang lain.

Tracking sampai dimana ranking keyword aplikasi Anda di toko aplikasi

mobile app check keyword

Keyword yang digunakan untuk aplikasi mobile Anda haruslah mewakili value dari merek Anda. Namun Anda juga harus melihat dari sisi pengguna, keyword apa yang paling sering mereka gunakan untuk mencari aplikasi yang serupa dengan aplikasi Anda. Pilih keyword dengan angka penggunaan tertinggi dan paling mewakili value dari aplikasi. Cara ini akan membantu Anda untuk meningkatkan awareness terhadap aplikasi dan merek Anda.

Baca reviws dan rating aplikasi Anda

cek review mobile app

Secara berkala baca dan pahamilah reviews dan rating yang telah pengguna aplikasi kirim, ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana presepsi pengguna terhadap aplikasi dan merek Anda. Jka feddback yang mereka berika fokus pada fitur dan hal-hal fungsional maka brand awareness Anda telah terbentuk dengan baik. Karena dengan kata lain, pengguna telah memahami tujuan aplikasi dan janji merek Anda.

Bandingkan pengguna aplikasi Anda dengan target pasar Anda

Pengguna aplikasi Anda harus sesuai dengan target pasar Anda. Aplikasi tidak melulu hanya mengumpulkan banyak pengguna, tapi sebuah aplikasi harus mengumpulkan penguna yang sesuai dengan target pasar. Jika Anda belum mendapatkan pengguna yang tidak diharapkan, kemungkinan Anda memiliki brand awareness yang rendah. Saatnya untuk melakukan beberapa iklan.

Pantau ulasan publik tentang aplikasi Anda

Aplikasi akan menimbulkan banyak perbincangan terutama jika mereka memiliki fitur yang unik dan menarik. Memantau liputan publik tentang aplikasi Anda dan lihat apakah liputan mereka mampu menangkap value dari merek Anda. Apakah ulasan mereka dengan fasih menceritakan apa merek Anda, jika tidak kemungkinan brand awareness Anda masih rendah.

Menganalisis aktivistas di media sosial dan percakapan seputar aplikasi Anda

Hal lain yang harus diawasi adalah percakapan tentang apliakasi Anda yang terjadi di lingkungan media sosial. Perhatikan yang orang katakan dan apa yang mereka katakan, jika mereka dapat menghubungkan aplikasi Anda dengan merek Anda misalnya dengan memposting di twitter tentang aplikasi Anda dan menyebutkan brand Anda itu berarti brand awareness Nada telah terbentuk dengan baik.

Periksa perilaku pengguna Anda

Mulai dengan melakukan percakapan dua arah dengan pengguna Anda atau dengan mengumpulkan data tentang identitas diri dan preferensi mereka. Maka dalam beberapa waktu akan mula terbentuk pola perilaku mereka. Kemudian periksa data tersebut, ditambah dengan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi dan apakah pemakaian aplikasi tersebut meningkatkan jumlah konversi, jika pengguna mengambil tindakan yang berarti dalam penggunaanya maka kemungkinan mereka mulai mempercayai brand Anda.

Buat channel lain untuk meningkatkan brand awareness

User yang sangat mengapresiasi brand Anda akan mencari Anda ke tempat-tempat lain juga, baik itu online ataupun offline. Maka dari itu buatlah channel-channel lain untuk meningkatkan visibilitas. Cara mudah adalah dengan membuat websitenya, atau funpage-funpage pada media sosial.

Leave a Reply