Personalisasikan Aplikasi Mobile Anda Untuk Meningkatkan User Engagement

June 18, 2015
Personalisasikan Aplikasi Mobile Anda Untuk Meningkatkan User Engagement

Sebuah survey terbaru yang dilakukan oleh Catalyst mengungkap fakta bahwa 46% dari pengguna smartphone menghapus aplikasi mobile mereka karena mereka tidak menggunakanya lagi. John Donahoe yaitu CEO Ebay dalam sebuah expo yang berlangsung di Chicago tepatnya saat even IRCE pada akhir tahun 2014 mengatakan bahwa personalisasi akan mampu mempertahankan pengguna aplikasi mobile bahkan dapat meningkatkan user engagement.

Lalu personalisasi yang seperti apa yang akan membantu meningkatkan user engagement?

Kumpulkan feedback pengguna aplikasi mobile Anda

Tugas sebuah perusahaan agar dapat menyajikan sebuah kepuasan yang sebenarnya tidak berwujud adalah dengan mengelola bukti. Bukti-bukti tersebut yang akan membantu Anda untuk menjelaskan bahwa perusahaan Anda patut diperhitungkan.

Dalam hal ini, untuk sebuah aplikasi mobile bukti-buktitersebut dapat diwujutkan dengan mengumpulkan feedback yang positif dari pengguna. Sebagai alternatif Anda dapat menerapkan Net Promoter Score (NPS), adalah program yang dapat mengukur seberapa jauh penilaian pengguna terhadap aplikasi Anda. NPS akan memberitahu seberapa banyak pengguna yang merekomendasikan sebuah aplikasi

mobile app nps

Seperti ilustrasi di atas, sebuah aplikasi mobile memiliki satu pertanyaan yang meminta pengguna untuk memberi penilaian skala 1 sampai dengan 10 terhadap penilaian aplikasi mobile.

Ingatkan pengguna Anda, bahawa Anda merindukan mereka

mobile app remind updateBuat campaign notification untuk mengirim pesan seperti, “kami merindukanmu” ke pengguna aplikasi Anda. Sertakan juga sebuah hadiah kecil saat mereka kembali menggunakan aplikasi Anda, seperti sebuah voucher diskon atau reward lain. Pastikan Anda sudah mendapatkan analisis mengenai pola perilaku mereka, sehingga mudah bagi Anda untuk mendeteksi fitur atau page mana yang terdapat penggunaan berulang dan informasi ini kemudian dapat dignakan untuk menentukan campaign seperti apa yang harus dikirim pada tiap-tiap pengguna.

Informasikan pula kepada pengguna Anda tentang rilis terbaru dari aplikasi Anda, dan minta mereka untuk melakukan upgrade. Anda dapat menarik perhatian pengguna dengan menambahkan fitur yang bermanfaat bagi mereka.

Tawarkan voucher atau reward untuk pengguna aplikasi Anda

mobile app rewardMenurut Juniper Research, pengguna smartphone 10 kali lebih tertarik voucher mobile dari pada cetak. Untuk itu manfaatkanlah aplikasi mobile Anda untuk mengirimkan campaign yang dapat dikonversi dan mendatangkan revenue.

Dalam rangka meningkatkan loyalitas pengguna aplikasi, Anda dapat memulai dengan memberi reward atau program khusus bagi mereka agar termotivasi untuk menggunakan aplikasi Anda lagi dan lagi.

Jadi kesimpulannya, aplikasi mobile dengan fitur manarik, informatif dan memiliki konten yang relevan sesuai akan mendapatkan lebih banyak pengguna. Namun ditengah persaingan aplikasi mobile yang begitu ketat, untuk mengembangkannya harus disertai dengan personalisasi yang maksimal. Personalisasi adalah kunci untuk dapat meningkatkan user engagement, lalu apakah aplikasi Anda sudah menerapkannya

Leave a Reply