The Business

“Pantang pulang sebelum api padam walau nyawa taruhannya” begitulah motto Dinas Pemadam Kebakaran atau disingkat Damkar, Branwir atau dikenal Panca Darma. Damkar memberikan pelayanan prima, pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat serta pemadaman kebakaran bahan berbahaya dan beracun.

 Problem We Solve

Damkar terus melakukan upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tak terkecuali Damkar Kota Semarang. Pelayanan yang dilakukan saat ini masih berbasis by phone atau masyarakat report langsung pada Dinas. Hal ini terkadang menimbulkan ketidakefektifan terkait lokasi bencana dan parahnya lagi adanya penemuan report yang tidak benar. Upaya pencegahannya adalah dikembangkannya suatu aplikasi mobile untuk masyarakat di lokasi bencana atau sekitarnya untuk dapat report dengan mudah dan akurat sehingga penanganannya pun berjalan cepat.

How We Build Awesome App

Aplikasi Mobile Android yang dikembangkan bertujuan untuk mempermudah masyarakat Kota Semarang untuk memberitahukan informasi kebakaran dengan data yang akurat ke Damkar. Panic Button merupakan fitur utama dalam aplikasi mobile customer (masyarakat). User dapat input data pada lokasi kebakaran dari titik koordinator dan dilengkapi dengan alamat kebakaran serta gambar lokasi kebakaran. Tracking GPS untuk report titik dan detail lokasi kebakaran pada tampilan peta digital sehingga terintegrasi untuk tracking lokasi armada Damkar. Pihak internal Damkar akan merespon melalui aplikasinya untuk kemudian tracking driver location. Driver yang menerima report melalui aplikasinya akan segera menindaklanjuti. Sebuah segitiga sinergi yang sangat menguntungkan yang berakibat upaya penanganan dari pihak Damkar berjalan secara cepat.

Goals

  1. Pelaporan kejadian bencana kebakaran langsung oleh pengguna secara realtime dengan tingkat akurasi lokasi terbaik
  2. Mengurangi laporan kebakaran yang tidak benar
  3. Memantau kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas secara real time

Project details

Leave a Reply