Profile

“Pantang pulang sebelum api padam walau nyawa taruhannya” begitulah motto Dinas Pemadam Kebakaran atau disingkat Damkar, Branwir atau dikenal Panca Darma. Damkar memberikan pelayanan prima, pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat serta pemadaman kebakaran bahan berbahaya dan beracun. Damkar juga ditugaskan untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada rakyat sipil tentang kebakaran dan cara menanggapinya.

Problem we solve

Damkar terus melakukan upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tak terkecuali Damkar Kota Semarang. Pelayanan yang dilakukan saat ini masih berbasis by phone atau masyarakat report langsung pada Dinas. Hal tersebut terkadang menimbulkan ketidakefektifan terkait lokasi bencana dan parahnya lagi adanya penemuan report yang tidak benar. Upaya pencegahannya adalah dikembangkannya suatu aplikasi mobile untuk masyarakat di lokasi bencana atau sekitarnya untuk dapat report dengan mudah dan akurat sehingga penanganannya pun berjalan cepat.

How we build awesome app

Aplikasi Mobile Android yang dikembangkan bertujuan mempermudah masyarakat untuk report kejadian kebakaran yang akurat ke Damkar Kota Semarang. Panic Button merupakan fitur utama dalam aplikasi ini. Dilengkapi dengan tracking GPS dan nearby pos GPS, masyarakat di lokasi atau sekitar bencana dengan mudah melakukan report langsung dari perangkatnya. Pelapor wajib mengisi 3 kontak nomor dengan tujuan petugas dapat melakukan pengecekan jika pelapor tidak bisa dihubungi. Selain itu fitur tambahan Add media (gambar) lokasi kejadian bencana akan meminimalisasi munculnya report palsu. Report yang telah dilengkapi lokasi dan gambar TKP akurat serta input data pelapor yang lengkap diharapkan penanganan dari petugas berlangsung cepat dan efektif. Misi lainnya adalah pemberian edukasi kepada masyarakat maka dalam aplikasi ini pun terbenam fitur Education dan Device Pemadaman. Education berisi kumpulan artikel seperti tips pertolongan pertama pada kebakaran kecil, device pemadaman mengenai peralatan pemadam kebakaran.

Goals

  1. Pelaporan kejadian bencana kebakaran langsung oleh pengguna secara realtime dengan tingkat akurasi lokasi terbaik
  2. Edukasi kepada masyarakat pentingnya pencegahan terjadinya kebakaran
  3. Meminimalisasi munculnya report palsu

Project details

Leave a Reply