Profile

Program Donasi Buku Online adalah program penyaluran donasi buku yang digagas oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud, Forum Taman Bacaan Masyarakat dan beberapa lembaga pegiat literasi dan dari kalangan penerbit buku.

Problem we solve

Program Donasi Buku Online awalnya dibangun berbasis website dan saat ini telah dikembangkan versi aplikasi mobile. Tujuan pengembangan aplikasi ini pun jelas yaitu untuk menarik lebih banyak donatur khususnya pengguna mobile device. Pendonasi buku (donatur) dapat dengan mudah mendistribusikan buku-buku bermutu ke lebih dari 10 ribu Taman-Taman Bacaan Masyarakat dan komunitas literasi yang ada di Indonesia.

How we build awesome app

Aplikasi mobile yang dikembangkan dibagi menjadi 2, yaitu aplikasi untuk user TBM dan aplikasi untuk donatur. Fitur utama dalam aplikasi TBM adalah form buku yang dibutuhkan TBM disertai list toko buku yang dapat diupdate setiap saat. Donatur dapat mengecek hal tersebut pada aplikasinya dengan mudah (karena disertai sort by name) dan memilih metode donasi baik cash maupun buku. History, status donasi, list donasi juga dapat dicek dalam aplikasi ini. Setelah status donasi berhasil muncul push notification pada aplikasi TBM untuk kemudian dikonfirmasi. Hal ini sangat mudah dilakukan sehingga para donatur baik secara pribadi, philantropi, lembaga sosial, donatur dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari dunia usaha dapat menyalurkan donasi bukunya.

Goals

  1. Menarik lebih banyak donatur buku khususnya mobile segmented
  2. Mengumpulkan lebih banyak buku untuk kemudian disalurkan melalui jaringan TBM di 34 provinsi di Indonesia dengan melibatkan jaringan literasi yang sudah dibangun
  3. Meningkatkan minat baca masyarakat

Project details

Leave a Reply