The Business

Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) merupakan gabungan dari 3 lembaga penelitian, yaitu Pusat Penelitian Perkebunan (Puslitbun) Medan, Puslitbun Marihat dan Puslitbun Bandar Kuala. Tugas utama PPKS adalah melakukan penelitian dan pengembangan dalam segala aspek perkelapasawitan dan menyalurkan hasil penelitian tersebut dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat industri kelapa sawit.

Problem We Solve

PPKS memiliki kewajiban dalam memajukan industri kelapa sawit di Indonesia. Misi lembaga ini adalah menunjang industri kelapa sawit melalui penelitian dan pengembangan serta pelayanan yang berkelanjutan. Masalah yang dihadapi saat ini adalah proses pelayanan belum berjalan efektif, hasil penjualan benih relatif stagnan dan pemalsuan produk. Solusi alternatifnya adalah pengembangan MySawit.

How We Build Awesome App

Aplikasi MySawit ini fokus pada optimalisasi kemudahan customer untuk mendapatkan produk langsung dari PPKS dan mekanisme Program Sawit Rakyat (PROWITA). Aplikasi yang dikembangkan memiliki fitur utama yaitu; Pembelian dan Event PROWITA. Pembelian mencakup segala proses order produk sedangkan event PROWITA berisi infomasi kegiatan PROWITA. Selain hal tersebut, dalam aplikasi ini juga terdapat informasi penting terkait PPKS, deskripsi varietas unggul, bibit kelapa sawit (lokasi dan kontak petugas). Aplikasi mobile MySawit ini akan mendukung kegiatan pelayanan PPKS.

Goals

  1. Menyediakan layanan pembelian benih kepala sawit secara online
  2. Customer (petani/rakyat/pelaku bisnis persawitan) memperoleh akses terhadap benih kelapa sawit lebih mudah
  3. Meminimalisasi distribusi produk palsu

Project details

Leave a Reply