Tajamkan Analisis Aplikasi Mobile Anda Dengan Fokus Pada Matrik Inti

September 11, 2015
Tajamkan Analisis Aplikasi Mobile Anda Dengan Fokus Pada Matrik Inti

Memahami data hasil tracking dan analisis pada sebuah aplikasi merupakan hal sangat penting untuk tercapainya keberhasilan aplikasi mobile. Aktivitas analitik dapat memberikan wawasan kepada tim pengembang tentang bagaimana pengguna terlibat dengan sebuah aplikasi, serta hal apa yang membuat mereka mulai meninggalkan aplikasi kemudian berpaling ke yang lain dan masih banyak lagi manfaat lainya.

Namun bagaimana melakukan sebuah analisis yang baik? Apakah dengan mengumpulkan matrik atau data sebanyak-banyaknya dari pengguna aplikasi Anda? Dengan maksud melakukan tracking yang mendalam, sering kali sebuah aplikasi menggali data atau matrik terlalu meluas bukan memilih fokus pada matrik inti aplikasi mereka. Yang kemudian disebut matrik inti adalah data milik pengguna yang selaras dan dekat dengan tujuan utama aplikasi Anda dibuat. Dengan menemukan matrik inti, tentu juga akan mempengaruhi strategi pemasaran Anda seperti menemukan konten campaign yang lebih cerdas dan mendalam.

Lalu bagaimana menemukan matrik inti, dari banyak matrik yang bisa Anda dapatkan dari pengguna Anda? Berikut adalah tips yang dapat Anda perhatikan sebelum menemukan matrik inti dari aplikasi Anda.

Temukan matrik yang relevan dengan aplikasi Anda

#Industri. Industri Anda akan mempengaruhi metrik apa yang harus Anda fokuskan. Seperti industri aplikasi media sosial, mungkin penggunanya tertarik dalam kurun waktu tertentu. Karena tujuan dari mereka adalah membuat pengguna mereka terlibat dengan konten mereka. lain halnya dengan industri aplikasi utility, pengembang umumnya kan lebih berfokus untuk membuat perbaikan versi(update version) karena mereka ingin pengguna mereka tetap menggunakan aplikasi mereka.

#Tahap pertumbuhan. Metrik inti juga dapat berubah berdasarkan tahap pertumbuhan perusahaan Anda. Pertumbuhan aplikasi dapat berfokus pada sesi aplikasi atau pada penggunanya, sedangkan aplikasi yang sudah mapan biasanya lebih berfokus pada retensi dan peningkatan revenue.

#Tidak harus sama. Matrik inti tidak harus sama dengan aplikasi sejenis lain. Jangan memilih matrik hanya karena aplikasi mobile lainnya menggunakannya. Aplikasi Anda seharusnya menawarkan sesuatu yang unik dan matrik inti Anda harus mencerminkan hal itu.

#Tujuan aplikasi. Mulai pikirkan apa tujuan utama aplikasi Anda? Apa yang pengguna Anda dapatkan setelah mendownload aplikasi di app-store? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk menemukan matrik inti Anda. Mengetahui tujuan utama aplikasi akan menentukan mana perilaku pengguna yang paling berharga. Misalnya, beberapa aplikasi akan memikirkan jumlah item yang ditambahkan di keranjang sementara aplikasi lain justru lebih memperhatikan jumlah yang membaca artikel. Masing-masing tujuan akan memiliki perilaku berharganya sendiri-sendiri.

Mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan kualitas metrik inti Anda

Fokus untuk mengukur dan menganalisis matrik inti apalikasi dibutuhkan untuk mengambil keputusan terkait perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan demi tercapainya sebuah keberhasilan aplikasi mobile.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan membuat aplikasi mobile dengan tujuan untuk mendapatkan 1000 pengguna baru dan aktif. Maka perusahaan tersebut perlu mengorientasikan diri di sekitar matrik itu dan mulai menganalisis bagaimana tujuan utama aplikasi tersebut tercapai. Dalam kasus ini, perusahaan tersebut dapat melekukan analisis dengan mengidentifikasi channel akuisisi yang membawa pengguna aktif paling banyak. Bukan malah melakukan tracking enggagement dan retensi pengguna yang datang dari berbagai campaign.

Manfaatkan aplikasi analitik untk membuat strategi pemasaran yang lebih baik

Penerapan analitik dengan matrik yang sesuai dengan tujuan utama aplikasi Anda memberikan wawasan dan kejelasan yang kemudian dapat digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih cerdas.

Analitik sangat mempengaruhi kesuksesan pemasaran sebuah aplikasi. Karena dengan analitik Anda dapat menargetkan audiens yang spesifik dan untuk memastikan push message yang Anda kirim relevan bagi tiap-tiap pengguna aplikasi Anda.

Menetapkan tujuan utama aplikasi Anda, kemudian fokuskan analitik Anda pada matrik inti kedua hal ini yang akan membantu aplikasi Anda terus berkembang dengan baik dan berhasil.

Leave a Reply