Ukuran Standar dari Sebuah Aplikasi Mobile

By : Devina Idzni | 08 September 2018 | Comnents : 0


Apakah ukuran dari sebuah aplikasi mempengaruhi keputusan untuk mengunduh?

Jadi, pada akhirnya anda memutuskan untuk memperkenalkan aplikasi bisnis anda, dan segala sesuatunya dengan sangat sempurna. Anda telah memeriksa kembali fitur – fitur, seperti tombol interaksi, performa aplikasi, font, teks, gambar, warna, kecepatan dan lain sebagainya.

Ketika pada akhirnya anda siap untuk meluncurkan aplikasi Anda di appstore serta sudah merasa yakin dengan hal itu karena setiap fitur dan fungsi yang ada dalam aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Namun, apakah anda yakin jika ukuran dari aplikasi anda sesuai dengan audiens yang anda tuju? Apakah ukuran dari sebuah aplikasi benar – benar berpengaruh (penting)? Bagaimanapun, kenyataannya bahwa ukuran dari sebuah aplikasi dapat mempengaruhi pengguna untuk tetap menggunakan aplikasi anda, dengan demikian akan mempengaruhi keputusan pengguna untuk mengunduh aplikasi yang anda tawarkan.

Isu dalam sebuah “Aplikasi” dan Sebuah Harapan

Selang lama waktu telah berlalu ketika Aplikasi Mobile disediakan secara eksklusif untuk bisnis – bisnis besar di dalam perusahaan. Dalam beberapa tahun terakhir, era dari trend ini telah berubah secara dramatis. Pada hari ini, bahkan perusahaan – perusahaan kecil memasuki pasar ini untuk memberikan layanan dan produk yang lebih baik dengan bantuan aplikasi yang berbeda. Sederhananya, mereka dapat memperoleh untung yang lebih dari investasi serta lebih mengandalkan pada aplikasi untuk membantu kesuksesan bisnis mereka.

Kita, sebagai manusia, telah diberikan label sebagai candu sosial. Perangkat seluler dan perangkat elektronik serupa adalah cara tepat yang tetap menghubungkan kita dengan aktivitas sosial. Intinya adalah dalam era yang didukung oleh teknologi ini, setiap bisnis membutuhkan aplikasi. Tapi, apakah ide dan gagasan merupakan satu – satunya hal yang perlu untuk diperhatikan? Tidak juga!

Dua hal paling umum yang perlu diperhitungkan dalam mendesain sebuah Aplikasi Mobile adalah mengidentifikasi permasalahan yang dapat diselesaikan melalui sebuah aplikasi serta menentukan fitur – fitur yang unik dalam aplikasi anda.

Yang tidak terlalu diperdulikan oleh sebagian besar perusahaan adalah ukuran dari aplikasi. Faktanya, hal ini merupakan bagian terakhir yang nantinya akan dibahas atau menjadi sorotan ketika aplikasi tersebut mencapai tahap akhir desain.

Namun, selain memberikan manfaat nyata kepada pelanggan, penting bagi para pegiat bisnis untuk merenungkan mengenai fakta bahwa apakah aplikasi mereka dapat diunduh oleh pengguna biasa. Jika target audiens gagal untuk mengunduh aplikasi tersebut, tujuan untuk meningkatkan produktivitas, mendapatkan keuntungan lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan akan hilang.

Jadi, untuk bagian permulaan, sangat penting untuk mengidnetifikasi  target pengguna aplikasi anda, sehingga anda dapat mengetahui jenis perangkat yang mereka gunakan. Beberapa pertanyaan yang harus anda fokuskan :

  • Termasuk dalam kategori apa target audiens yang anda tuju?
  • Apa jenis perangkat elektronik yang mereka mampu gunakan?

Pertanyaan ini bukan hanya untuk membantu anda untuk menentukan dalam penggunaan perangkat dan platform yang akan membantu dalam aplikasi tapi juga membantu anda dalam menentukan ukuran yang diinginkan.

Sejauh perangkat mobile dan platform yang bersangkutan, pemilihan harus disesuaikan dengan kekasaran, kinerja dari perangkat keras, daya tahan baterai, ruang penyimpanan yang tersedia dan periferal yang diperlukan. Faktor – faktor lain termasuk kinerja dari perangkat lunak, dukungan perangkat serta cakupannya.

Kenapa ukuran Aplikasi sangat berpengaruh ?

Bisnis besar terus bekerja untuk mengurangi the bloat Software Development Kit (SDK) dalam aplikasi mereka. Hal ini adalah keseluruhan proyek itu sendiri, dimana bisa memakan waktu hingga berbulan – bulan untuk diselesaikan.

Sementara bisnis menginvestasikan waktu untuk mengurangi the bloat, perhatian utama yang muncul dan mengapa yang menjadikan hal ini menjadi sangat penting. Jika anda menggali cukup dalam untuk ide ini, anda akan menemukan tiga alasan siginifikan mengenai ukuran sebuah aplikasi dapat mempengaruhi unduhan :

  1. Idealnya tetap menjaga ukuran tetap di bawah 100 MB mengikuti batas unduhan sebuah gawai. Hal ini sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada unduhan.
  2. Aplikasi yang berukuan besar berati pada pihak vendor SDK akan mengalami banyak gangguan pada aplikasi yang menyebabkan aplikasi berhenti bekerja, yang mempengaruhi pada tingkat unduhan dan berakibat pada ulasan yang buruk.
  3. Seringnya pada kasus ini, pihak vendor SDK belum siap untuk meningkatkan ke versi iOS yang lebih baik, dimana akan memblokir peluang mereka ketika akan melakukan pengumuman dan waktu perilisan .

Beberapakali anda akan mengalami gangguan dalam proses unduhan dan berhenti di tengah jalan karena anda berfikir itu terlalu besar ataupun terlalu memakan banyak waktu? Tepatnya hal ini juga dapat terjadi pada audiens yang anda tuju.

Sekarang, mari kita kaji dampak quantitatif alasan – alasan ini pada pemasangan dan bagaimana hal ini harus ditangani.

Ukuran aplikasi berpengaruh – Penelitiannya

Ada banyak faktor yang dapat menambahkan ukuran pada sebuah aplikasi, hal ini berlaku pada hal – hal kecil yakni penggunaan beberapa font, video perkenalan atau gambar – gambar yang digunakan untuk latar belakang untuk Loading screen. Namun, beberapa faktor yang menyebabkan bertambah besarnya aplikasi tanpa tujuan yang jelas dalam sebuah aplikasi akan berdampak buruk dalam unduhan.

Aplikasi yang terlalu besar bukan hanya memerlukan waktu lebih lama dalam proses unduhan – sedikit membuat frustasi bagi para pengguna – tetapi juga berdampak langsung pada efisiensi perangkat selular.

Tidak semua orang dalam Target Audiens anda memiliki perangkat selular mewah atau tambahan ruang penyimpanan yang luas dalam perangkat mereka. Disinilah alasan yang kuat yang sangat menentukan untuk tidak mengunduh aplikasi anda. Dari semua hal tersebut, ukuran yang besar bukan hanya mengganggu fungsi perangkat namun juga mempengaruhi efiensi.

Aplikasi apapun diatas 100MB dapat menjadi pemicu utama bagi pengguna. Bahkan jika audiens telah mengunduh aplikasi anda, mereka mungkin tidak akan menyimpannya dalam waktu yang lama. Untuk sebuah bisnis yang masih fokus dalam pertumbuhannya, ukuran aplikasi yang tidak tepat akan menjadi kesalahan yang sangat merugikan.

Keputusan untuk menentukan ukuran aplikasi yang tepat sangat diperlukan sebelum aplikasi di luncurkan. Jika anda mendapat ulasan – ulasan buruk dan rating yang kritis yang disebabkan ukuran aplikasi pada permulaan, kemungkinan hal ini akan terus begitu dan aplikasi anda tidak akan bertahan, bahkan jika anda berhasil mengurangi ukuran atau memperbaiki masalah nanti. Singkatnya, pengambilan keputusan dan tindakan  yang kurang tepat sebelum aplikasi tersebut di luncurkan, dapat merusak citra dari aplikasi anda dan kemungkinan anda tidak dapat pernah lagi melihat peningkatan unduhan dalam aplikasi anda.

Bagaimana membuat apps yang bermanfaat?

Ide ini diambil untuk menjaga pendekatan Anda untuk dapat lebih fokus. Berhenti menginvestasikan MB aplikasi pada device anda dalam font mewah dan gambar definisi tinggi kecuali Anda benar-benar membutuhkannya sebagai bagian dari aplikasi Anda.  

Di waktu yang sama, penting untuk membuat aplikasi yang memiliki manfaat tanpa menghilangkan hal yang penting pada aplikasi tersebut. Banyak cara untuk dapat mengurangi ukuran aplikasi tanpa berkompromi atas kualitasnya.

Kamu dapat mencari perhitungkan ukuran aplikasi mobile secara online untuk dapat membantu menentukan ukuran aplikasi Anda. Kamu dapat berdiskusi tentang aspek ini dengan cepat dan tepat dari awal, sehingga kamu tidak perlu menghadapai tantangan nantinya.

Terakhir tapi tidak sedikit, sedikit yang perlu kamu perhatikan tentang ukuran, membuat apps Anda mungkin lebih berjalan efektif untuk dapat sukses dalam menciptakan apps untuk perusahaan Anda.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us