Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Profesional di Tahun 2021

By : Andik Saputra 08 November 2021


Photo by Lukas from Pexels

Akhir-akhir ini kebutuhan akan solusi perangkat lunak atau aplikasi untuk perusahaan, terutama dari penyedia jasa pembuatan aplikasi meningkat. Namun demikian, membangun aplikasi yang berkualitas membutuhkan banyak waktu & tenaga. Tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkannya.

Era teknologi selalu menawarkan kemudahan, perusahaan tidak perlu mengembangkan aplikasi mereka sendiri, penyedia jasa pembuatan aplikasi menjadi alternatif solusi yang paling tepat. Setiap tahun investasi besar dilakukan hanya untuk mendapatkan aplikasi yang berkualitas bagi perusahaan, sehingga dapat memberikan dampak pertumbuhan bisnis yang signifikan, sebut saja Tokopedia, Shopee, tiket.com, mamikos, Google, twitter dan masih banyak perusahaan IT besar lainnya yang sudah menggunakan aplikasi untuk meningkatkan skala bisnis mereka. 

Aplikasi yang efektif memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis perusahaan manapun dan karenanya penting bagi owner untuk memilih layanan jasa pembuatan aplikasi yang profesional di tahun 2021.

Cara Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Terbaik

Mari cari tahu beberapa faktor utama yang dapat membantu mengidentifikasi perusahaan TI yang cukup mampu memberikan aplikasi khusus yang dapat membantu bisnis Anda dalam proses pertumbuhan eksponensial. Berikut adalah pertimbangan yang perlu diingat sebelum menyewa jasa pembuatan aplikasi

1. Pastikan Ide Ada Aman

Photo by Anete Lusina from Pexels

Kebocoran ide dan konsep aplikasi adalah ancaman terbesar bagi perusahaan dan pengusaha saat ini. Banyak replika aplikasi berkualitas buruk yang tersedia di Play Store maupun Apps Store sebelum aplikasi yang asli ter-upload. Hal ini dilakukan pengembang abal abal dengan sistem keamanan yang buruk untuk menyediakan layanan serupa dan beranggapan akan menemukan kesuksesan lebih dulu.

Oleh karena itu, perusahaan dan pengusaha harus memastikan bahwa jasa pembuatan aplikasi yang mereka pilih untuk desain dan pengembangan aplikasi perusahaan mereka harus mengikuti beberapa langkah keamanan yang ketat. Ide dan konsep aplikasi harus tetap rahasia sebelum akhirnya mencapai toko aplikasi. Penyedia jasa pembuatan aplikasi dengan kredibilitas tinggi pasti sudah siap untuk membuat perjanjian kerahasiaan untuk memastikan keamanan konsep dan ide aplikasi dari klien mereka.

2. Pastikan Track Record Perusahaan Sangat Jelas

Photo by fauxels from Pexels

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan track record perusahaan sejelas mungkin, Anda dapat melihat tentang perusahaan, sejarah dan portofolio mereka. Penyedia jasa pembuatan aplikasi yang berkualitas pasti mencantumkan segala informasi yang dibutuhkan calon klien mereka di laman website perusahaan. 

Untuk memperoleh detail informasi yang lebih dalam, Anda dapat melihat detail layanan, Anda dapat menilai apakah penyedia jasa pembuatan aplikasi memiliki analisa masalah mendalam, apa saja solusi yang mereka tawarkan untuk suatu masalah tertentu, atau hanya mengembangankan fitur saja. Dari case study yang ditampilkan, Apakah ada solusi yang menarik bagi Anda? atau mungkin ada proyek yang setipe dengan masalah Anda?. Jika Anda merasa yakin, ada dapat langsung menghubungi penyedia jasa untuk pembahasan yang lebih spesifik.

3. Pastikan Flow Proyek yang Ditawarkan sesuai dengan Kebutuhan Anda

Photo by Mikael Blomkvist from Pexels

Setelah Anda merasa portofolio dan layanan Anda sudah cocok, Anda harus mengecek flow proyek dari jasa pembuatan aplikasi tersebut. Ketika melihat flow proyeknya pastikan itu sesuai dengan kebutuhan Anda, pemilihan flow proyek yang tepat dapat membantu Anda mempersingkat waktu pengembangan aplikasi. Dari situ, Anda dapat mengetahui bagaimana proses dari perusahaan jasa pembuatan aplikasi mengambangkan suatu produk. 

Masalah muncul, jika flow jasa pembuatan aplikasi web tersebut berbeda dengan flow tim Anda. Namun, itu bukan masalah besar, karena penyedia jasa pengembangan aplikasi yang profesional biasanya memiliki sistem fleksibel. Mereka akan mengikuti permintaan, kondisi, dan kebutuhan Anda.

4. Lihat Pendapat Klien yang telah Bekerjasama

Photo by SHVETS production from Pexels

Terakhir, Anda juga perlu mengecek review jasa pembuatan aplikasi yang Anda inginkan. Jasa pembuatan aplikasi profesional akan mencantumkan testimoni klien di laman resmi mereka, yang merupakan bukti dari kredibilitas yang telah mereka capai saat ini. Dari testimoni dan review ini Anda dapat mengetahui kualitas jasa pembuatan aplikasi incaran Anda. 

Dengan melihat testimonial dari klien, Anda dapat mengetahui pro dan kontra dari perusahaan. Singkatnya, satu-satunya cara untuk menganalisis kualitas layanan yang ditawarkan oleh jasa pembuatan aplikasi terpercaya adalah melalui feedback dari kliennya. 

5. Harga yang Murah bukan Berati yang Terbaik

Photo by cottonbro from Pexels

Mungkin sebagian besar dari Klien kami menginginkan harga yang murah dan banyak developer dapat memberikannya dengan mudah, namun jangan pernah tergiur dengan harga yang murah yang mereka tawarkan. Kualitas aplikasi biasanya berbanding lurus dengan jumlah biayanya. Tidak semua yang murah dapat memberikan Anda impact yang baik, walaupun itu adalah salah satu benefit yang Anda dapatkan.

Maka, kejelian Anda dalam memilih jasa pembuatan aplikasi menjadi faktor utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan hanya melihat dari biayanya saja yang murah namun hasilnya tidak memuaskan. Lebih baik jika harganya yang “agak” mahal namun aplikasi dapat digunakan dengan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama. Sekedar informasi, maintenance kerusakan aplikasi juga memakan banyak biaya, bahkan bisa jadi lebih besar dari biaya pengembangan yang Anda bayarkan di awal. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan harga yang ditawarkan oleh developer.

6. Cek keaslian Portofolio

Anda dapat dengan mudah cek keaslian portofolio dari perusahaan jasa pembuatan aplikasi incaran Anda dengan cara mengecek case study dari aplikasi yang dikembangkan. Selain itu ada juga dapat melihat di Apps Store atau Play Store aplikasi yang dikembangkan, apakah sesuai atau tidak. Lebih baik lagi bila Anda dapat kontak langsung ke Kliennya dan menanyakan langsung tentang portofolio yang Anda ingin ketahui. Jadilah Klien yang cerdas supaya anggaran Anda tidak terbuang sia-sia hanya untuk mengembangkan aplikasi yang bermasalah. Anda harus lebih teliti memperhatikan tiap detail portofolio sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi.

Kami merekomendasikan Crocodic sebagai jasa pembuatan aplikasi yang profesional dengan kredibilitas tinggi, informasi lebih detail tentang kami bisa Anda akses di crocodic.com. Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini.

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.