The Business

Sejak tahun 2000, PT Blue Gas Indonesia resmi menjadi PMDN yang merupakan anak perusahaan PT Tigaraksa Satria Tbk. Produk-produk yang dihasilkan yaitu kompor gas, selang, regulator, tabung gas dan refill gas dengan merk bluegaz. Blue gas turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan penggunaan LPG ke seluruh masyarakat Indonesia. Sejak proses pertama, perusahaan melakukan edukasi produk dengan konsep Direct Selling dan dengan metode pembayaran tunai atau angsuran. Saat ini, Blue Gas terus berupaya untuk senantiasa memahami kebutuhan pelanggan dan perkembangan pasar sesuai bisnis yang dijalani sehingga nilai yang ditawarkan bisa melebihi ekspektasi pelanggan.

Problem We Solve

Senantiasa memahami kebutuhan pelanggan dan perkembangan pasar menjadi tantangan yang harus selalu dihadapi. Pelanggan mendambakan segala bentuk kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi. Transaksi yang dilakukan dengan metode pembayaran tunai ternyata kurang efisien jika terus diterapkan. Masalah yang muncul adalah harga pasaran yang mulai tidak terkontrol dan tidak sesuai standar perusahaan. Problem solvingnya adalah win to win solution antara 3 pihak, yaitu: perusahaan, pengecer dan pelanggan. Aplikasi e-commerce untuk transaksi yang terstandarkan sekaligus catalog produk perusahaan adalah pilihan tepat.

How We Build Awesome App

Aplikasi mobile ini harus memberi kemudahan pengguna yang mayoritas adalah kalangan ibu rumah tangga dan memenuhi tujuan pengembangannya.  Aplikasi mobile yang dikembangkan dibagi menjadi 2, yaitu aplikasi untuk pengecer dan aplikasi untuk pelanggan. Fitur GPS memudahkan kedua pihak untuk saling menemukan. Konsep penggunaan aplikasi untuk pengecer adalah pengecer harus registrasi dahulu untuk kemudian diverifikasi oleh perusahaan. Fleksibilitas penggunaannya adalah tersedianya fitur on/off status orderan. Sedangkan konsep aplikasi untuk pelanggan cukup sederhana, pelanggan menemukan dan memilih pengecer “on status” terdekat (maximal radius 3 KM) sehingga terjadilah pemesanan kemudian produk siap diantar dengan harga yang telah terstandarkan. Fitur laporan keluhan pelanggan juga tersedia dalam aplikasi ini. Secara tidak langsung, pengecer dapat memback-up pelanggan di daerahnya dan pelanggan mendapat kemudahan untuk proses pembelian produk. Selain kemudahan dan keuntungan tersebut, dalam aplikasi ini juga tersedia katalog produk seperti kompor, selang, regulator. Hal ini sebagai media promosi perusahaan.

Goals

  1. Meningkatkan eksposur pasar dan loyalitas pelanggan
  2. Mengurangi biaya transaksi karena pemesanan dilakukan secara online
  3. Standarisasi harga

Project details

Leave a Reply