7 referensi situs belajar coding website gratis

By : M. Ivan Setiadi | 27 August 2018 | Comnents : 0


Coding adalah menerjemahkan logika kedalam suatu sistem, tak hanya di Mobile Apps Development saja, Web development juga menggunakan Coding, dalam coding pasti ada hal yang belum Anda diketahui, untuk itu Anda perlu belajar dari beberapa referensi situs dibawah.

  1. W3school

W3school adalah situs yang berisi pengembangan di bidang web, seperti: HTML, CSS, PHP, Javascript, JQuery, SQL, ASP, Bootstrap,Maka dari itu situs ini cocok sebagai panduan dalam belajar pengembangan website baik frontend maupun backend untuk menunjang Android Apps Development atau Mobile Apps Development.

W3school juga menyediakan ribuan contoh kode, dan pengguna bisa langsung memofidikasi dalam text editor yang sudah disediakan didalam situs tersebut secara online.

2. Belajar Koding

Anda juga bisa menjadikan situs ini sebagai referensi belajar mengembangkan web, sesuai namanya yaitu belajar koding. Keunggulan web ini salah satunya adalah adanya forum, dan juga ada beberapa tutorial yang memakai video sebagai penjelas, konten web ini lebih fokus ke web design.

Selain konten Web Development seperti javascript, laravel, PHP, WordPress, HTML, CSS, di situs ini ada juga konten Android Apps Development.

3. Dunia Ilkom

Berbeda dengan situs Belajar Koding diatas yang selain konten Web Development ada Android Apps Development juga, situs ini hanya fokus pada Web Development saja. Sama seperti w3school, web ini cocok untuk pemula, karena konten yang disediakan runtut dan memiliki tingkatan, mulai dari dasar hingga ke level yang cukup tinggi. Dunia Ilkom juga menyediakan ebook yang bisa Kalian unduh.

4. Jago Coding

Jagocoding.com adalah situs tutorial pemrograman no 1 di Indonesia yang berbasis jejaring sosial (social network). Selain membahasa dunia Web Development, situs ini juga membahas Android Apps Development dan Mobile Apps Development. Situs ini mempunyai kategori mulai dari yang level baby sampai expert, selain itu di situs ini pengguna juga bisa membuat artikel.

5. Codepolitan

Situs ini menyediakan interaktif coding / pengguna bisa edit script dari situs tersebut. Fitur ini menjadi sangat penting bagi pengguna yang malas / tidak mau repot karena harus membuat file, dan memanggilnya di browser, karena itu codepolitan menyediakan fitur tersebut untuk memudahkan pengguna dalam belajar sehingga lebih efektif.

6. Malasngoding

Situs ini cocok untuk pengguna yang malas ngoding, karena didalamnya sudah ada fitur live coding / coding tanpa perlu membuat file terlebih dahulu. Konten pada situs ini lebih condong ke Web Development, akan tetapi ada beberapa konten java programming yang berkaitan dengan Android Apps Development. Di situs ini juga menjual buku yang berkaitan dengan dunia programming.

7. Stack Overflow

Situs ini juga bisa digunakan sebagai acuan dalam belajar dan mendalami dunia Web Development, selain konten yang melimpah, banyak juga konten yang bisa menjawab problem Kita waktu coding. Banyak pengguna menggunakan situs ini untuk sharing atau bertanya tentang masalah pada Web Development maupun Mobile Apps Development.

Sekian artikel pada kesempatan ini, semoga bermanfaat, dan menambah semangat Kita dalam belajar Web Development. Terima Kasih

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us