Lakukan Inovasi melalui CIC

April 19, 2017
Lakukan Inovasi melalui CIC

Setiap SDM membutuhkan suatu wadah untuk menyalurkan ide terbaiknya agar bisa berkembang. Kami menyadari bahwa Kami tidak boleh terjebak pada pola pikir “seorang Jenderal itu laki-laki”, artinya bahwa semua kemungkinan itu ada. Ide yang terkemas dalam sebuah inovasi sangat penting dilahirkan dalam perusahaan.

Lahirnya Crocodic Innovation Competition atau disebut CIC ini didasari pada visi Kami yaitu menjadikan Perusahaan yang Hebat dan Lestari. Visi menjadikan perusahaan yang Hebat dan Lestari jika telah melewati dua hal yaitu: 1. umur perusahaan lebih panjang dari SDM, 2.  mampu melewati siklus produk dan kepemimpinan.

“Saat ini Kami fokus bergerak pada jasa pembuatan aplikasi mobile namun tidak melupakan mekanisme melahirkan inovasi baru, jangan sampai satu produk saja”, tutur M. Hamrowi mentor CIC.

Ide yang muncul dari setiap SDM bukan mentah berbicara ide saja tetapi didasarkan pada kondisi sekarang minimal problem solving untuk internal perusahaan. Tidak disangka, ide-ide pengembangan aplikasi cukup bervariasi. Sebagai contoh munculnya CRUDBooster merupakan suatu inovasi yang sangat membantu tidak hanya untuk internal engineer web tetapi juga untuk khalayak umum. CRUDBooster telah membantu para pengembang aplikasi di luar sana dengan total unduhan 50-200 /hari. Produk CRUDBooster ini cukup efektif dan efisien untuk para pengembang web. Hal-hal semacam inilah yang diharapkan dari kegiatan CIC ini.  Diagendakan setiap Sabtu pagi, setiap tim memaparkan progress di depan mentor dan tim lainnya.

Kompetisi ini dilakukan secara transparan. Tim yang berhasil mencapai goalnya akan mendapatkan ekuitas 10% dari perusahaan. “Tim yang berhasil mencapai target yang telah disepakati maka tim tersebut berhak mendapat ekuitas sebesar 10%”, tegas Krida Pandu Gunata, mentor CIC.

Tentu saja, adanya CIC ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama setiap SDM. Setiap SDM harus cerdas mengatur dan memanfaatkan waktu seproduktif mungkin dengan cara berinovasi. Apalagi jika inovasi yang dilakukan terkait dengan pekerjaannya. Manusia cenderung mengarah ke hal-hal tertentu, mudah, dan bersemangat dalam melakukan tugas-tugas yang terkait dengan itu.

Setiap pribadi harus mencermati potensinya dan mengarah ke peran-peran atau fungsi-fungsi tertentu dalam kehidupan. Mengenali dirinya untuk apa ia diciptakan dan menjalankan amanah ilahiah pribadinya.

Good luck