Lakukan “Lift Analysis”, Untuk Mendapat Campaign Pemasaran yang Lebih Baik

December 23, 2015
Lakukan “Lift  Analysis”, Untuk Mendapat Campaign  Pemasaran yang Lebih Baik

Di penghujung tahun 2015 mari kita mencoba menengok ke belekang dan mulai fokus pada campaign pemasaran yang diimplementasikan selama tahun 2015.

Saatnya Anda bertanya pada diri sendiri campaign mana yang bekerja dengan baik, dan campaign mana yang tidak memberi dampak apapun. Tentu ini adalah pertanyaan yang sulit, yang Anda tidak mampu menjawabnya hanya dengan mengandalkan perkiraan pribadi yang tidak berdasarkan fakta.

Secara sekilas mengukur efektivitas sebuah campaign dapat diukur melalui tingkat klik dan tingkat konversi secara spesifik untuk tiap-tiap penawaran atau campaign yang Anda kirim. Menghitung tingkat klik adalah cara yang bagus untuk menggambarkan adanya keterlibatan secara langsung, namun tidak dapat mendefinisikan bahwa apakah keterlibatan itu terjadi dari waktu ke waktu. Tapi kemudian tingkat konversi akan membantu Anda memahami presentase pengguna yang menyelesaikan konversi dalam satu kali sesi namun tetap belum bisa menyatakan berapa kali seorang user melakukan konversi atau tindakan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa tingkat klik dan tingkat konversi merupakan awal atau pengukuran keberhasilan jangka pendek, yang tentu saja memiliki kekurangan untuk menjawab pertanyaan analisis yang lebih dalam antara lain:

  • Bagaimana campaign pemasaran ini mempengaruhi keterlibatan jangka panjang?
  • Apakah ini peningkatan campaign pemasaran tindakan user di aplikasi dari waktu ke waktu?
  • Berapa kali pengguna ini melakukan konversi?
  • Apakah campaign saya mematikan pengguna dan menyebabkan mereka untuk meninggalkan aplikasi?
  • Apakah menjalankan campaign tersebut merupakan keputusan terbaik?

Anda tidak dapat mengukur ROI message campaign Anda hanya dengan melihat jumlah klik dan tingkat konversi. Anda perlu melihat perubahan sampai dimana lifecycle value dari tiap-tiap pengguna dan bagaimana perilaku mereka. Anda tidak dapat memutuskan apakah Campaign A lebih baik dari Campaign B dengan hanya melihat mana yang berperformance lebih baik tapi Anda perlu mencari tahu apakah pengguna masih akan melakukan konversi pada tingkat yang sama bahkan jika mereka tidak menerima pesan ini tersebut (apakah lebih buruk, atau mereka mereka mengkonversi di tingkat yang lebih tinggi?).

Vanity Campaign matric merupakan indikator awal keberhasilan, tetapi Anda perlu untuk mengadopsi metodologi analisis yang lebih canggih untuk menjawab pertanyaan ini:

“Apakah campaign pemasaran mobile Anda merupakan sebuah investasi yang benar-benar layak yang mampu meningkatkan angka retensi, keterlibatan, dan pendapatan?”

Dan satu-satunya cara Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan keyakinan kuat adalah dengan menggunakan Lift Analysis.

Apa itu Lift Analysis?

Lift Analysis adalah cara untuk mengukur seberapa dampak sebuah campaign dalam pemasaran mobile. Anda bisa mengukur “Lift ” dalam keterlibatan, waktu yang dihabiskan untuk membuka sebuah aplikasi, atau frekuensi konversi. Lift dihitung sebagai persentase yang mendefinisikan peningkatan atau penurunan setiap metrik bagi pengguna yang menerima campaign versus pengguna yang tidak menerima campaign atau kelompok kontrol yang dibuat untuk mendapat segmen netral pengguna Anda agar menjadi dasar yang baik untuk benchmarking.

Jika itu adalah suap, berpikir seperti ini: analisis Lift berarti membandingkan pengguna yang menerima campaign untuk kelompok pengguna yang tidak menerima campaign (yaitu kelompok kontrol) untuk melihat kelompok mana yang tingkat retensi, engagement dan konversinya lebih baik. Ketika kelompok kontrol diaktifkan, Anda dapat melihat “Lift ” di setiap metrik yang disebutkan di atas dan membuat keputusan pemasaran aplikasi yang solid.

Memvalidasi Nilai Lift Analysis dalam Meningkatkan Campaign Messaging

Pada bulan pertama menggunakan Lift Analysis untuk mengukur dampak push-notification dan campaign messaging, dapat dilihat rata-rata 32% Lift di keterlibatan (sesi per pengguna) dan angkat konversi rata-rata 20%.

Ini jelas dari statistik ini yang mendorong dan push-notification di-aplkasi adalah channel yang sukses untuk mendorong pertumbuhan aplikasi, tetapi tidak semua strategi diciptakan sama. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Localytics, mereka juga menemukan bahwa beberapa campaign benar-benar menurunkan keterlibatan dan konversi.

Itu sebabnya analisis angkat sangat penting: memungkinkan pemasar untuk dengan cepat mengidentifikasi dan memotong campaign yang sebenarnya tidak bekerja, dan terus mengoptimalkan channel -channel yang untuk mendorong hasil terbaik dari waktu ke waktu. Menggunakan kelompok kontrol untuk menghitung Lift adalah satu-satunya cara untuk benar-benar mengukur dampak dari sebuah campaign .

Leave a Reply