Salah Satu Contoh Potensi Internet dalam Pemerintahan

Comments 0 by in Jasa SEO
June 21, 2014
Salah Satu Contoh Potensi Internet dalam Pemerintahan

“Rabu pagi, Rudi seperti biasanya berangkat kerja sebagai seorang guru, pagi itu ada sebuah surat dengan kop dinas kesehatan provinsi Jawa Tengah, dengan santai Budi membuka surat tersebut, ternyata isinya yaitu undangan sebagai pembicara dalam sebuah seminar Nasional mengenai kesehatan bagi masyarakat pedalaman. Namun santainya Budi tiba-tiba berubah menjadi panik ketika membaca waktu pelaksanaan seminar tersebut, yaitu hari itu, ya hari Rabu dimana dia sebagai seorang pegawai negeri sipil harus menunaikan tugasnya dalam mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan Pemerintah.

Dengan sedikit pesimis Budi mencoba berpikir mengenai rumitnya minta izin kepada atasannya mengani undangan tersebut, dimana dia harus bolak-balik sekolah dan dinas pendidikan hanya untuk Perijinan.”

Nah, sobat Crocodic semuanya pernah tidak menjumpai hal-hal tersebut diatas? Atau mungkin pernah mengalami hal serupa? Dari contoh diatas bisa dijabarkan bahwa hanya untuk mengurus izin saja begitu rumit dan memakan waktu cukup lama, padahal waktu yang dibutuhkan harus selesai hari itu juga.

Terlepas dari perbedaan masing-masing daerah dalam penanganan kasus diatas, bisa kita gambarkan bahwa kasus tersebut bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan singkat dengan bantuan internet, Yap dengan internet segala macam proses bisa dilakukan jauh lebih cepat dan efisien, lebih simpel dan bisa dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu.

Dukungan infrastruktur internet sekarang ini sudah jauh lebih baik dalam mendukung sebuah sistem terintegrasi baik dalam pemerintahan maupun dalam kegiatan lain, sejalan dengan salah satu program Pemerintah mengenai egoverment, sebuah kondisi atau sistem pemerintahan yang terintegrasi dan terbuka sehingga siapapun bisa ikut berkontribusi serta mengontrol jalannya pemerintahan dalam sebuah daerah atau wilayah.

Dengan kondisi tersebut mari kita lihat contoh kasus Rudi diatas, ketika Rudi harus mengurus perijinan, dia hanya perlu buka ponselnya, akses aplikasi atau website tertentu, pilih menu Perijinan, isi form sesuai dengan keperluan izinnya, simpan. Disisi lain, form isian Rudi akan secara otomatis tampil di layar kepala sekolah dimana dia bekerja dan kepala dinas pendidikan setempat, serta beberapa bagian pemerintahan yang berkepentingan dalam contoh kasus diatas. Kepala dinas melakukan verifikasi, kemudian secara realtime Rudi mendapatkan notifikasi dalam ponselnya, dan Cetak. Selesai.

Note : kasus diatas hanya sebuah contoh sederhana, mungkin terdapat perbedaan perlakuan di masing-masing daerah.

Leave a Reply