Seberapa Penting User Experience dalam Penerapannya

By : Annastalia Listiyarin | 11 April 2017 | Comnents : 0


Beberapa tahun terakhir, user experience atau UX menjadi hot topic di jagad teknologi informasi. Permintaan tenaga UX designer melonjak sehingga pertumbuhan UX designer pun signifikan. Tercatat dalam pencarian Linkedin sejak artikel ini dibuat, UX designer pun tercatat sekitar 233.892 results.

Penerapan user experience sangat penting diperhatikan. Masa sekarang dimana kompetisi begitu sengit, keberhasilan produk tidaklah cukup ditentukan oleh teknologi yang bermanfaat dan fungsional semata. Untuk merebut hati para pengguna produk mereka, para pemain di dunia internet tak lagi bisa mengenyampingkan kebutuhan dan keinginan pengguna yang oleh Don Norman dinamai user-centered design. Produk yang berteknologi sekaligus fungsional tapi juga mampu memberi experience yang menyenangkan, mudah pemanfaatannya sehingga memiliki user engagement tinggi bagi pengguna aplikasi mobile.

Agar efektif, aplikasi mobile harus multifungsi dalam desian. Seperti membangun rumah, melindungi setiap unsur, memberikan ruang hidup yang nyaman  dengan banyak penyimpanan, memenuhi kebutuhan dasar dan sebagainya. Aplikasi mobile harus dirancang untuk meningkatkan akuisisi pengguna, mengangkat keterlibatan dan membantu Anda mempertahankan pelanggan.

Dalam pengembangannya, dapat dikatakan sebagai kombinasi dari ilmu psikologi dan seni. Tim UI dan UX desainer harus fokus pada beberapa elemen yang berbeda untuk menciptakan pengalaman interaktif yang langsung melibatkan target audiens. Jadi pengembangan desain yang premium adalah pilihannya. Setiap aplikasi mobile itu berbeda, mempunyai tujuan berbeda dan harus memiliki ciri khas.

Banyak hal menarik ketika berbicara tentang user experience. Pembahasan dari sudut pandang terkait pengembangannya  dan kolaborasi dengan UI akan disajikan dalam kesempatan berbeda.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us