Sekilas Tentang User Experience Aplikasi Mobile

Comments 0 by in Aplikasi Mobile
October 3, 2016
Sekilas Tentang User Experience Aplikasi Mobile

Pada masa-masa awal era internet pemain-pemain besar di jagad internet seperti Yahoo, Amazon, Paypal, Google lebih peduli kepada teknologi, desain tidaklah mendapat porsi perhatian yang besar. Teknologi itu juga yang memberikan kesuksesan besar kepada mereka. Namun sekarang di masa di mana kompetisi begitu sengit keberhasilan produk tidaklah cukup ditentukan oleh teknologi yang bermanfaat dan fungsional semata.

Dalam konteks ini desain atau user experience yang kita bicarakan adalah bentuk interaksi antara manusia dan komputer (human-computer interaction (HCI)) yang meliputi applikasi mobile. User experience disini berkaitan dengan apa yang dirasa oleh pengguna yang berhubungan dengan kemudahanan, kenyamanan, efisiensi, kemanfaatan saat mereka menggunakan aplikasi mobile.

Istilah user experience digunakan pertama kali oleh Don Norman akademisi
bidang cognitive science, design dan usability engineering dan mantan vice president Apple Inc. Sekaligus penggagas awal dari user-centered design yakni pendekatan desain yang berfokus pada kebutuhan dan keinginan pengguna. Produk yang berteknologi sekaligus fungsional tapi juga mampu memberi pengalaman (experience) yang menyenangkan, mudah pemanfaatannya, sehingga memiliki user engagement tinggi yang diukur oleh lamanya waktu yang dihabiskan oleh pengguna di produk tersebut.

User Experience atau biasa disingkat UX adalah totalitas/keseluruhan efek yang dirasakan pengguna sebagai hasil interaksi dan konteks penggunaan dari sebuah sistem, device, atau produk, termasuk pengaruh dari usability, usefulness, and dampak emosional selama interaksi berlangsung. Dalam hal ini adalah pengalaman pengunjung applikasi mobile, di mana perilaku pengunjung sangat dipengaruhi oleh tata letak desain applikasi mobile, baik itu untuk kemudahan akses antar menu dan halaman maupun tampilan gambar dan ikon sebagai petunjuk yang mudah dimengerti.

Apakah pentingnya dengan penerapan user experience dalam aplikasi mobile :

  •   Kemudahan Bagi Pengguna
    Aplikasi mobile yang menerapkan user experience yang baik akan memberi kemudahan dalam penggunaannya
  •   Menaikkan Kepercayaan Pengguna/User
    tingkat kepercayaan pengguna/konsumen sangat dipengaruhi oleh kemampuan produk yang mereka gunakan dalam membantu menyelesaikan masalah mereka
  •   Menaikkan Conversion Rate
    bisa dibayangkan seorang pembeli yang harus melewati prosedur pembelian yang begitu panjang dan rumit di suatu situs e-commerce, tentu bukan pengalaman yang menyenangkan untuk mereka bagi ke calon pembeli lainnya
  •   Dari Segi Bisnis User Experience Dipercaya Mampu Menaikkan Penjualan (rujukan econsultancy)

    Referensi :

    http://www.rahardicreative.com
    http://www.intraktive.com
    http://blog.usabilla.com

Leave a Reply