Seperti Apa Aplikasi Mobile Native ?

By : crocodic | 14 April 2014 | Comnents : 0


Pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai jenis-jenis aplikasi mobile, baik aplikasi mobile untuk platform Android, ataupun untuk platform iOS. Nah pada tulisan kali ini kami ingin mengupas mengenai salah satu jenis aplikasi mobile yaitu Aplikasi Native.

Didalam tulisan sebelumnya sudah dijelaskan secara singkat apa itu aplikasi mobile jenis native, yaitu :

Aplikasi ini di buat dan ditanam (install) langsung didalam device/Gadget kita, baik untuk platform aplikasi mobile android ataupun aplikasi mobile iOS, aplikasi mobile ini menggunakan bahasa pemrograman yang selayaknya digunakan untuk membuat aplikasi tersebut. Misalnya, untuk membuat aplikasi Android menggunakan Java dan SDK milik Android, aplikasi iOS menggunakan Objective-C dan SDK iOS, demikian juga untuk aplikasi- aplikasi mobile untuk platform lainnya.

Nah, dari penjelasan singkat diatas bahwa pengembangan aplikasi mobile jenis native mengacu kepada penggunaan bahasa pemrograman sesuai dengan target device atau gadgetnya, berikut ini kami jabarkan beberapa bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile native sesuai dengan target devicenya :

1. Android : menggunakan bahasa pemrograman Java beserta SDK Android
2. iOS : menggunakan bahasa pemrograman Objective-C dan SDK iOS
3. Windows Phone : Windows Phone SDK 8, Silverlight, dan Nokia SDK
4. BlackBerry OS : Java SDK dan atau Blackberry JDE
5. Blackberry 10 : Momentics IDE 2.0
6. Tizen : Tizen 2.2.1 SDK
7. Ubuntu Touch: Ubuntu SDK
8. Firefox OS : HTML5, CSS dan JS

Nah itu dia beberapa tools atau “senjata” dalam mengembangkan aplikasi mobile jenis native, sebenarnya masih banyak platform yang lainnya, silahkan jika ada yang mau nambahin bisa di kolom komentar.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us