Website Responsif VS Aplikasi Native, Manakah Yang Terbaik Untuk Bisnis Anda?

May 13, 2015
Website Responsif VS Aplikasi Native, Manakah Yang Terbaik Untuk Bisnis Anda?

Dunia bisnis telah berkembang sedemikian rupa hingga seorang pelaku bisnis haruslah sadar akan teknologi, karena promosi dan channel untuk menjangkau audience kini telah menggunakan media yang tidak bisa lepas dari teknologi. Banyak pemilik perusahaan yang telah sadar akan akan hal tersebut mulai bingung untuk memilih apakah website responsif atau aplikasi native yang akan mereka gunakan untuk memperkuat bisnis mereka. Hal ini akan menjadi pilihan yang sulit dilihat dari keduanya yang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Website responsif memang dirancang untuk mengoptimalkan experience dari audience lama maupun audience yang baru berkunjung untuk pertama kalinya. Tahun lalu, website responsif dengan kemampuan mobile-friendly memang menjadi juara, dilihat dari sebuah riset yang menyebutkan 67% konsumen menyatakan bahwa mereka cenderung lebih senang mengunjungi dan berbelanja melalui website responsif daripada website dekstop biasa. Jika kini perusahaan Anda sudah memilikinya, akan lebih baik jika Anda membuat aplikasi mobile native yang akan membantu bisnis Anda untuk lebih menjangkau semua audience mobile Anda. Aplikasi mobile native akan memberi centric experience pada konsumen yang sudah ada dan setia. Dan yang paling mendasar, mobile apliksi native tidak akan mengiterupsi audience dengan pesan atau promosi yang menjengkelkan.

Namun jika tujuan online Anda adalah untuk menjadi universal yang dapat diakses memalui perangkat apapun, maka website responsif adalah solusinya. Aplikasi mobile native dirancang untuk unique experience dan eksklusif untuk sebuah platform tertentu. Meski begitu, jangan berpikir bahwa website responsif Anda akan optimal saat diakses melalui perangkat mobile. Aplikasi mobile akan memberikan audience unique experience dengan kecepatan yang melebihi website reponsif. Sampai saat ini aplikasi mobile native masih menjadi pemenang dalam audience mobile, dikarenakan HTML 5 yang umumnya digunakan sebagai bahasa pemrograman website responsif masih terbatas untuk dapat dicompile di perangkat mobile.

Kemuadian dari perbandingan-perbandingan diatas, manakah yang terbaik untuk Bisnis Anda? apakah website responsif atau aplikasi mobile native?

*sourceimage

Leave a Reply