Blog Home
Table of Content

ChatGPT 5.0: Tanggal Rilis, Kelebihan, Fitur, dan Harga

By : Badru Zaman Habibi 19 June 2024

ChatGPT 5.0: Tanggal Rilis, Kelebihan, Fitur, dan Harga

Sumber : GPT-5

Setelah sukses merilis ChatGPT 4.0, OpenAI resmi mengumumkan akan segera meluncurkan versi terbaru dari chatbot mereka yaitu ChatGPT 5.0. Versi ini diklaim lebih powerful dibanding versi sebelumnya. Lalu apa saja kelebihan ChatGPT 5.0 dibanding ChatGPT 4.0? Simak penjelasannya berikut!

Apa itu ChatGPT 5.0?

ChatGPT 5.0 adalah chatbot generasi kelima yang digagas oleh OpenAI dengan menggunakan model GPT-5. GPT sendiri merupakan kepanjangan dari Generative Pre-trained Transformer, mesin AI yang dibangun dan dikembangkan oleh OpenAI untuk mengoperasikan chatbot. 

Kapan ChatGPT 5.0 Rilis?

ChatGPT 5.0 diperkirakan rilis pada awal musim panas tahun ini, atau sekitar Juni 2024. Pengembangan model GPT-5 ini diumumkan ke publik pada November 2023. Artikel yang diunggah pada laman resmi OpenAI pada 28 Mei mengonfirmasi bahwa perusahaan sudah memulai proses training model terbaru GPT 

OpenAI sendiri pertama kali meluncurkan ChatGPT pada Juni 2018 yang dikenal dengan ChatGPT 1.0. Versi-versi selanjutnya yaitu ChatGPT 2.0 rilis pada Februari 2019, ChatGPT 3.0 pada Juni 2020, ChatGPT 3.5 pada Desember 2022 dan versi terakhir yakni ChatGPT 4.0 pada Maret 2023.

Setelah proses training selesai, sistem akan mengalami beberapa tahap pengujian keamanan. Chatbot ini akan melalui “red teaming”, metode dimana tester dari pihak internal dan eksternal mengevaluasi secara detail dan memberikan feedback mengenai kelebihan dan kekurangan model.

Baca Juga : Masa AI : Teknologi AI Pendidikan Buatan Anak Bangsa

Kelebihan ChatGPT 5.0 dibanding ChatGPT 4.0

Pada World Governments Summit (WGS) Dubai yang diadakan pada Februari lalu, Sam Altman selaku CEO dari OpenAI mengemukakan bahwa ChatGPT 5.0 jauh lebih cerdas dibanding versi sebelumnya. Perbedaan GPT-4 dan GPT-5 akan cukup signifikan, sama seperti upgrade GPT-3 ke GPT-4.

Tak hanya dari sisi performa, OpenAI juga berusaha untuk meningkatkan keamanan pengguna. OpenAI Board telah membentuk komite keamanan yang dipimpin Direktur Bret Taylor, Adam D’Angelo, Nicole Seligman, dan Sam Altman. Komite ini nantinya bertugas mengevaluasi sistem keamanan OpenAI selama 90 hari kedepan.

Fitur ChatGPT 5.0

Secara umum, chatbot ini mempunyai fitur yang identik dengan pendahulunya. Hanya saja terdapat perbedaan yang menonjol dalam hal performa. Berikut beberapa fitur yang diharapkan dari ChatGPT 5.0

  1. Respon yang humanis

ChatGPT 5.0 digadang-gadang memiliki model komunikasi yang membuat user merasa seperti berbincang dengan manusia. Versi ini memiliki kemampuan dalam memahami kebutuhan dan maksud pengguna dengan lebih baik. Ini tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan..

  1. Pemrosesan berbagai variasi data

Tak hanya bisa mengolah dan merespon kata, chatbot ini nantinya dalam mengolah prompt dalam bentuk gambar, dan video. Hal ini karena model terbaru GPT dilatih untuk mempelajari dan menggunakan berbagai variasi data, mulai dari gambar, audio, video hingga data numerik.

  1. Tingkat akurasi tinggi

GPT-5 ditraining dengan menggunakan jumlah data yang lebih besar dibanding versi sebelumnya. Model ini diklaim dapat dapat mengatasi permasalahan-permasalahan kompleks dengan akurasi yang tinggi.

  1. Dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan

Versi terbaru dari ChatGPT ini kedepannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Tak hanya dapat mengatasi permasalahan, namun sekaligus sebagai personal assistant. Ini karena GPT-5 mempunyai kemampuan dalam mengelola data personal, termasuk memahami email, detail kalender, jadwal pertemuan serta dapat mengintegrasikannya dengan data-data eksternal.

Harga dan Ketersediaan

Hingga saat ini, belum diketahui dengan pasti apakah ChatGPT 5.0 juga mengusung sistem biaya berlangganan seperti versi pendahulunya. Namun diperkirakan nantinya ChatGPT akan memberikan akses versi trial secara terbatas. Sementara untuk versi lengkapnya dapat diakses dengan berlangganan ChatGPT Plus dengan biaya $20 per bulannya.