Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba Coding

By : Adam Projo | 06 August 2020 | Comnents : 0


Belajar kode sama sekali tidak mudah. Mungkin anda sering menemukan situs web yang mencoba mendorong orang ke pengkodean dengan imbalan yang mudah dikuasai. Namun, menurut saya ini, adalah salah satu keterampilan yang lumayan sulit untuk dikumpulkan dan dikuasai. Ini lebih merupakan eksperimen daripada panduan yang perlu diikuti.

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin ingin tahu apa yang dimiliki oleh perjalanan ini, atau bagaimana rasanya berkembang dari tingkat pemula hingga menengah. Pengalaman belajar dapat bervariasi dari orang ke orang, dan Anda benar-benar bebas untuk memilih jalan Anda sendiri.

Berikut adalah poin-poin yang harus anda ketahui sebelum memulai pemrograman :

1. Dapatkan dasar-dasarnya dengan benar

Ketika Anda mulai belajar, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah “dasar-dasarnya”. Ini adalah langkah pertama untuk menjadi seorang ahli.

Untuk mendapatkan dasar-dasarnya dengan benar, Anda perlu mempelajari inti dari ilmu komputer, sama seperti ilmu-ilmu lain yang akan Anda temui. Untuk sekarang sangat banyak kursus-kursus / website yang disediakan untuk para pemula.

Yang anda perlu lakukan adalah memilah dan mencari berbagai info dari mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan anda sekarang.

2. Bangun kesabaran

Prasyarat nomor satu untuk sukses sebagai programmer adalah membangun kesabaran.Itu berarti anda harus siap untuk kekecewaan.

Belum lagi, kesabaran dapat membantu Anda menjadi pemecah masalah yang lebih baik, dan meningkatkan pemahaman Anda tentang pemrograman

Konsep pemrograman itu kompleks dan membutuhkan ketangguhan, kesabaran, dan kerja keras untuk dipahami. Sebagian besar waktu, pemula tidak memiliki harapan yang tepat ketika memulai perjalanan pemrograman mereka. Ya, Anda tidak datang dengan semua kekuatan di awal. Lagipula, terlalu banyak optimisme itu berbahaya.

Karena harapan yang tidak sesuai itu banyak pemula menyerah, dan pindah ke bidang lain. Untuk mengatasi ini, Anda harus membangun kesabaran, dan selalu memikirkan tujuan akhir.

3. Tetapkan tujuan & bergerak ke menuju kesana

Menentukan tujuan dapat menjadi pendorong motivasi yang kuat di jalur Anda untuk belajar kode. Jika Anda berencana, misalnya, untuk belajar PHP, maka tetapkan tujuan untuk melakukan proyek sederhana pada akhir minggu. Setelah tujuan tercapai, tetapkan tujuan lain, dan ulangi siklus. Ya itu mudah!

Tidak ada akhir untuk pembelajaran dan peningkatan dalam pemrograman, dan itulah sebabnya itu adalah ide yang baik untuk tetap menetapkan tujuan, dan tidak kehilangan jejak tujuan utama Anda.

4. Lakukan lebih banyak proyek

Dengan melakukan lebih banyak proyek, Anda dapat memahami tidak hanya keterbatasan Anda, tetapi juga meningkatkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah Anda. Lagipula, belajar kode bukan hanya mempelajari sintaksis, tetapi mempelajari cara memecahkan masalah menggunakan alat di tangan Anda.

Anda juga dapat mendaftar untuk GitHub, tempat Anda dapat menyimpan kode Anda untuk akses mudah. Anda dapat mencoba menemukan ide proyek dengan menelusuri repositori publik lain untuk bahasa pemrograman yang Anda pelajari.

5. Masuk ke group sosial Coding

Belajar kode tidak pernah semudah bermain game dengan job solo player. Jika Anda berpikir untuk membangun aplikasi besar berikutnya tanpa bantuan, maka Anda berada dalam pembelajaran yang salah.

Pemrograman adalah kegiatan kelompok, dan jika Anda ingin bertahan hidup, Anda perlu mendapatkan bantuan dari berbagai platform sosial yang melayani pemrogram seperti Anda.

Beberapa contoh group sosial untuk belajar, GitHub, StackOverFlow, Livecoding, atau situs pengkodean sosial lainnya.

6. Seimbangkan apa yang anda pelajari

Sebagai seorang pengembang, tidak ada akhir untuk perbaikan, dan keadaan tidak berdaya yang berkelanjutan hanyalah bagian dari menjadi seorang pengembang. Rilis teknologi baru juga tidak membuat pengembang rileks, karena mereka harus terus meningkatkan keterampilan mereka untuk memenuhi persyaratan pasar terbaru. Sebagai pemula, Anda harus selalu siap untuk mempelajari hal-hal baru.

Jumlah kemungkinan juga tidak membantu penyebabnya, karena Anda selalu dapat menemukan pengembang berpengalaman yang tidak yakin dengan keterampilannya karena terus-menerus masuknya alat, teknologi, dan standar yang harus diikuti.

Jadi, apa yang bisa Anda ambil dari ini? Tidak apa-apa untuk tidak mengetahui segala sesuatu yang ada di luar sana. Apa pun yang Anda tahu, tidak apa-apa. Selama Anda tidak pernah berhenti mempelajari hal-hal baru, Anda tidak akan pernah salah.

7. Belajar algorithms

Setelah Anda mendapatkan beberapa pengalaman dalam mengerjakan proyek, sekarang saatnya beralih ke algoritma. Algoritma merupakan inti dari ilmu komputer. Tidak masalah jika Anda melakukan pengembangan web atau pengembangan game, Anda selalu menggunakan algoritma untuk mencapai hasil akhir.

Dengan meningkatnya kemahiran dalam Algoritma, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda. Pemikiran algoritma juga dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda, karena sebagian besar wawancara kerja didasarkan pada algoritma dan pemecahan masalah. Bertujuan untuk menyelesaikan setidaknya satu masalah algoritma setiap hari, dan pertahankan keterampilan pemecahan masalah Anda dengan baik.

8. Dapatkan Metode/Alat yang sesuai

Sama seperti metode lainnya, alat dapat membantu Anda melakukan hal-hal sepele lebih cepat dari biasanya. Tidak masalah bahasa pemrograman atau kerangka kerja apa yang Anda pelajari, manfaatkan perangkat yang tersedia.

Alat juga dapat membantu Anda mengotomatiskan sebagian besar pekerjaan manual, dan memungkinkan Anda untuk fokus pada masalah utama. Misalnya, Anda harus terbiasa dengan alat-alat seperti Git, Slack, editor kode, Chrome DevTools, kerangka kerja pemrograman (baik frontend dan backend), dan lainnya.

9. Dapatkan mentor

Pemrograman dapat menjadi tugas yang menghabiskan waktu jika Anda tidak memiliki seorang mentor. Dengan bantuan mentor, Anda tidak hanya dapat menghemat waktu Anda, tetapi juga mendapatkan nilai dari pengalaman yang dimiliki mentor Anda. Seorang mentor dapat dengan mudah membimbing Anda melalui proyek, dan membantu Anda menjadi programmer yang lebih baik.

Jadi jika Anda mulai belajar pemrograman, mendapatkan seorang mentor dapat membantu Anda mempercepat proses belajar Anda.

Info terakhir

Anda telah membuat keputusan terbaik dalam hidup Anda – untuk belajar pemrograman! Salah satu hal terbesar yang harus Anda fokuskan adalah masuk ke hub, lingkaran, atau platform sosial tempat Anda dapat menemukan orang yang berpikiran sama.

Setelah Anda merasa nyaman dengan keterampilan Anda, Anda mungkin ingin mendapatkan uang juga. Ada banyak platform online, seperti Upwork dan Freelancer, yang menawarkan pekerjaan freelance untuk programmer.

Dengan proyek kehidupan nyata, Anda tidak hanya dapat mempelajari hal-hal baru, tetapi Anda juga dapat belajar memanfaatkan keterampilan Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat mencari peluang kerja dalam peer group Anda, dan mungkin membantu mereka dengan proyek mereka!

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us