Tips Menargetkan Pasar yang Tepat sambil Membangun MVP

By : Andik Saputra | 12 January 2021 | Comnents : 0


Foto oleh fauxels dari Pexels

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika membangun MVP adalah tidak peduli seberapa bagusnya produk Anda, itu akan gagal jika Anda tidak menemukan target pasar yang ideal untuk MVP Anda. Kebanyakan startup mulai membangun MVP dengan asumsi bahwa “semua orang” akan segera membeli produk mereka atau mendaftar untuk layanan mereka, dan hasilnya mereka gagal.

Dalam sebuah penelitian, Harvard Business Review mengungkapkan bahwa 85% dari 30.000 peluncuran produk baru gagal karena segmentasi pasar yang buruk. Berikut Tips Menargetkan Pasar yang Tepat sambil Membangun MVP:

1. Analisis Persaingan Anda

Penting untuk riset pesaing untuk mengetahui apa yang Anda hadapi. Anda harus mencari cara untuk menempatkan produk dalam industri Anda, di mana pesaing sudah melakukan apa yang Anda coba lakukan. Dengan analisis yang baik, produk anda dapat bersaing di pasar.

2. Segmentasi Secara Geografis

Ini adalah strategi efektif yang digunakan oleh bisnis untuk membiasakan diri dengan atribut berbasis lokasi yang terdiri dari pasar sasaran tertentu. Ini akan membantu Anda dalam menemukan karakteristik pengguna produk Anda.

3. Temukan Motivasi Pengguna

Survei adalah cara termudah untuk menemukan motivasi pengguna dalam menggunakan suatu produk. Dengan memperhatikan value yang anda tawarkan dengan produk Anda, ajukan pertanyaan yang relevan seputar poin-poin yang telah Anda tentukan. 

Kesimpulannya, tips menargetkan pasar yang tepat sambil membangun MVP antara lain analisis persaingan Anda, segmentasi secara geografis, dan menemukan motivasi pengguna. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh target pasar yang sesuai dengan produk anda yang kemudian akan meningkatkan bisnis.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us