15 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Aplikasi Mobile

April 19, 2016
15 Hal yang Mungkin Belum Anda Ketahui Tentang Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile telah mengubah cara hidup kita, dia mampu membuka segala kemungkinan. Kini belanja menjadi lebih mudah tanpa harus keluar rumah, memesan transportasi menjadi lebih cepat dan mudah, transfer tanpa harus ke bank atau ke ATM. Semua menjadi lebih praktis, dapat dilakukan kapanpun, di manapun dan hampir tanpa batasan.

Ada mungkin sudah pernah mendengar bahwa “India menjadi negara dengan pengguna WhatsApp terbesar” atau berita yang menyebutkan bahwa “Android menjadi platform yang unggul karena memiliki angka unduh aplikasi tertinggi”. Fakta-fakta tersebut tidak berhenti membuat Kami sebagai pengembang aplikasi meresa terkagum-kagum. Untuk itu Kami telah mengumpulkan 15 fakta terkait aplikasi mobile agar Kita sebagai pengguna dan pengembang aplikasi bersama merasa terkagum-kagum.

#1 Sepanjang tahun 2015 lebih dari 1 juta aplikasi telah di download di Apple App Strore

100-million-apps

Dari diagram statistik diatas terlihat bahwa Apple menunjukan peningkatan angka download yang cukup fantastis di mana total nya mencapai lebih dari 1 juta download. Aplikasi berbasis game menjadi yang paling populer yakni mendominasi 22,49% dari seluruh angka download. Kemudian disusul oleh aplikasi bisnis dengan 10,38% dari seluruh angka download.

#2 Android memimpin dengan 1,6 juta aplikasi yang tersedia di Google Play Store

Google Play Store memimpin dengan total aplikasi yang tersedia mencapai 1,6 juta. Di sisi lain, Apple’s iTunes menjadi yang kedua dengan total aplikasi yang tersedia mencapai 1,5 juta.

#3 India menjadi negara dengan tarif pengembangan aplikasi terendah, dan Amerika Utara adalah negara dengan tarif pengembangan aplikasi tertinggi

Sebuah riset yang dilakukan oleh Forester menunjukan bahwa rata-rata tarif pengembangan aplikasi Android di India hanya $26/jam sedangkan di Amerika Utara mencapai $168/jam.

#4 India sebagai pengguna WhatsApp terbesar yang mencapai 70 juta pengguna

WhatsApp menjadi aplikasi dengan pengguna berskala global, hal ini dapat dilihat dari jumlah penggunanya yang mencapai lebih dari 1 milyar pengguna yang tersebar di seluruh dunia. India menjadi penyumbang terbesar, tercatat sampai pada akhir oktober 2014 pengguna WhatsApp telah mencapai 70 juta pengguna.

#5 Aplikasi terpopuler di Android telah di download lebih dari 1 juta kali

Aplikasi terpopuler di Android diantaranya adalah Gmail, Google Maps, Youtube, Facebook dan 8 aplikasi lain telah didownload lebih dari 1 juta kali sampai bulan Juni 2015.

#6 Facebook aplikasi yang paling sering digunakan di tahun 2015

facebook-most-used-app

Facebook telah diakuisisi oleh 76,8% pengguna smartphone dan facebook messenger menjadi yang tertinggi kedua yakni hingga 62,5%.

#7 66% pengguna menghabiskan waktu mereka di aplikasi sosial media

Sepanjang tahun 2015, lalu lintas yang paling diminati adalah jejaring sosial tercatat sekitar 66% pengguna smartphone menggunakan jejaring sosial seperti facebook, path, instagram, snapchat dll.

#8 Android memiliki angka download yang lebih tinggi, tetapi iOS memiliki revenue yang lebih tinggi

Meskipun tidak ada platform yang mampu mengalahkan keunggulan android dalam hal “download”, namun iOS mampu memantapkan diri dengan lebih tingginya angka revenue yang mereka dapat. Platform iOS memiliki 75% revenue yang lebih tinggi dari Android.

#9 Aplikasi mobile diprediksi mendatangkan revenue lebih dari Rp 1 Triliun di tahun 2017

Sejak awal perkembangannya aplikasi mobile android dan iOS terus mengalami peningkatan terutama dalam hal pendapatan. Diperkirakan hal ini akan terus meningkat dan pada tahun 2017 akan menembus angka 1 Triliun Rupiah.

#10 Tahun 2017 diperkirakan angka download aplikasi mencapai 268,69 juta download

Terus meningkatnya jumlah pengguna smartphone berdampak pada meningkatnya jumlah angka download aplikasi mobile. Pada tahun 2009 total angka download masih sekitar 2,52 juta download, diperdiksi akan terus meningkat hingga 268,69 juta pada tahun 2017.

#11 Pengguna Apple menghabiskan waktu mereka 24% lebih banyak di iPhone apps, dibanding di iPad apps

Jika dirata-rata pengguna Apple menghabiskan waktu mereka sekitar 40 menit untuk aplikasi iPad dan 50 menit untuk iPhone. Itu artinya pengguna Apple akan lebih sering memeriksa device mereka, dibandingkan dengan pengguna iPad.

#12 Aplikasi Personalization tercatat menjadi kategori aplikasi yang berkembang pesat di tahun 2015

Aplikasi Personalization seperti wallpaper changer atau emoji apps tercatat sebagai kategori aplikasi yang berkembang paling cepat dengan peningkatan mencapai 332% dalam satu tahun terakhir.

#13 Di US, pengguna dewasa menghabiskan waktu rata-rata 4 jam 39 menit per bulan untuk aplikasi komunikasi

Di US, pengguna dewasa menghabiskan waktu rata-rata 4 jam 39 menit per bulan untuk aplikasi komunikasi, termasuk facebook, snapchat dan tinder.

#14 Pengguna smartphone menghabiskan banyak waktu mereka untuk bermain game dan sisanya untuk aplikasi lifestyle

Pengguna menghabiskan kira-kira 43% waktu mereka untuk bermain game, dan 26% untuk sosial media.

#15 Push messages menjadi yang paling efektif untuk meingkatkan user engagement

Push messages dari aplikasi mobile menjadi sangat bermanfaat dalam meningkatkan user engagement. Tercatat dari sebuah riset yang mengungkapkan bahwa Push messages mampu meningkatkan user engagement hingga 28% untuk aplikasi berita dan 60% untuk sosial media.

Leave a Reply