5 Tips Untuk Menciptakan Icon Aplikasi Mobile yang Remarkable

January 8, 2016
5 Tips Untuk Menciptakan Icon Aplikasi Mobile yang Remarkable

Apakah Anda sedang berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengguna yang men-download aplikasi Anda dari App Store? Anda dapat mempertimbangkan kembali bentuk icon Anda. Icon Anda dapat menjadi pembeda antara aplikasi Anda dengan yang lain. Lalu saat ini apakah icon aplikasi mobile Anda sudah mencapai itu dan langsung melekat dibenak calon pengguna Anda atau masih diabaikan?

Jangan biarkan mata orang yang sudah melirik icon aplikasi Anda namun masih melewatkannya! Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan sebuah ikon aplikasi yang menarik perhatian.

#1 Gunakan Simbol atau Bentuk yang Unik

Anda akan selalu bersaing dengan ratusan aplikasi lain, tidak peduli apakah pengguna Anda melihatnya saat mengunjungi app store atau hanya melihat pada homescreen mereka. Membuat icon yang langsung dikenali pada halaman daftar pencarian dan layar pengguna adalah keharusan. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa aplikasi yang menggunakan bentuk atau simbol yang langsung dikenali sebagai ikon aplikasi mereka:

#1app-icon-symbol

#2 Keep it Simple

Hindari menjejalkan banyak warna atau gambar ke ikon aplikasi Anda. Bahkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan berbagai warna dan grafis, ikon terbaik fokus pada satu unsur atau konsep daripada mencoba untuk mengeksplore setiap fitur menjadi ikon kecil. Jika pengguna Anda perlu menyipitkan mata untuk menemukan icon aplikasi mobile Anda, itu berarti icon aplikasi Anda belum mencapai pada goal.

Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah kategori game, yang memiliki banyak aplikasi yang sukses dengan grafis kartun-seperti di ikon mereka untuk memamerkan karakter fitur dan elemen game. Tetapi bahkan jika Anda sedang menciptakan sebuah ikon untuk aplikasi game, tetap fokus pada satu unsur atau konsep dan tetap sederhana.

#3 Jangan Memasukan Kata-kata

Kata-kata yang terdiri dari beberapa huruf akan sulit untuk dibaca dalam sebuah ruang kecil ketika itu harus disejajarkan dengan sekelompok ikon aplikasi lainnya. Sebaliknya, memilih untuk menggunakan hanya huruf pertama dari nama perusahaan atau nama aplikasi Anda akan lebih remarkable, seperti aplikasi ini:

#3 app-icon-letter

#4 Gunakan Warna-warna yang Cerah

Pastikan ikon aplikasi Anda terlihat baik pada berbagai background yang berbeda. Menggunakan warna-warna cerah akan membantu aplikasi Anda menonjol baik terhadap aplikasi lain yang telah terinstal di device pengguna Anda dan terhadap gambar wallpaper mereka.

Pilih warna icon Anda dengan hati-hati. Biru adalah warna favorit yang paling umum di dunia, sehingga banyak perusahaan yang telah menggunakanya dan banyak ikon aplikasi yang berwarna biru. Namun, dengan memilih biru untuk ikon Anda Anda berisiko membaur dan nampak serupa dengan pesaing Anda.

#5 A / B tes versi yang berbeda

Buat beberapa variasi ikon aplikasi Anda sebelum mengirimkan aplikasi Anda ke pihak toko aplikasi untuk mendapatkan persetujuan. Gunakan alat seperti UsabilityHub atau Pickfu untuk mengumpulkan reaksi calon pengguna Anda.

Pengujian ikon baru di toko aplikasi sendiri – dengan menggunakan volume download aplikasi untuk mengukur keberhasilan Anda – berisiko karena dibutuhkan rata-rata sembilan hari untuk mendapatkan aplikasi Anda kembali disetujui. Jadi jika Anda melihat penurunan tiba-tiba pada saat setelah ada pembaruan ikon aplikasi Anda, itu bisa memakan waktu sekitar sembilan hari untuk kembali ke ikon aplikasi Anda sebelumnya jika yang baru gagal.

Dari lima poin diatas masih bisa berubah seiring dengan terus bergeraknya kualitas dan trend desaign yang ada. Namun setidaknya lima point diatas dapat menjadi dasar untuk membuat konsep icon aplikasi mobile yang remarkable.

Leave a Reply