6 Use Case Untuk Memakasimalkan Aplikasi Marketing Automation Anda

April 8, 2016
6 Use Case Untuk Memakasimalkan Aplikasi Marketing Automation  Anda

App marketing automation merupakan upaya sebuah aplikasi dalam memberikan ruang personalisasi untuk penggunanya pada waktu yang tepat dan efisien.

Bagaimana menjadi aplikasi marketing automation  yang personal & menghemat waktu

Marketing automation dapat menjadi personal ketika Anda mensegmentasikan pengguna aplikasi berdasarkan atribut dan perilaku mereka secara umum. Kemudian, pesan dibuat dengan unik yang disesuaikan dengan ketertarikan tiap-tiap kelompok tertentu, dan mengatur pesan-pesan yang akan dipicu oleh peristiwa dan aktivitas spesifik.

Selanjutnya, mengatur auto-enrollment sehingga pengguna baru akan terkumpul di wadah yang tepat dan secara otomatis mengirim pesan yang relevan yang berlaku untuk bagian mereka, membantu aplikasi tetap terlibat dengan pengguna tanpa membuang-buang waktu. Ketika dirancang dengan baik, hasil marketing automation dalam memelihara halus dan efisien, yang memungkinkan aplikasi Anda untuk melibatkan pengguna ke jalur konversi – dan itu semua dilakukan secara otomatis. Marketing automation membuatnya mudah dan efisien untuk terlibat dengan pemirsa aplikasi, membiarkan Anda mengirim relevan, pesan tepat waktu pada saat yang tepat. Lalu bagaimana Use Case yang baik untuk memaksimalakan aplikasi marketing automation? Berikut adalah enam Use Case dengan skenario terbaik untuk memantapkan aplikasi marketing automation .

Use Case 1: Beri ucapan selamat datang kepada pengguna baru saat mereka selesai melakukan set-up

Merayakan pengguna untuk memulai perjalanan aplikasi mereka dengan Anda membantu membangun loyalitas aplikasi dan juga menginformasikan pengguna bahwa mereka siap untuk mulai menggunakan aplikasi Anda. Langkah ini sangat berharga untuk aplikasi yang membutuhkan waktu pengolahan sebelum pengguna bisa bereksplorasi dalam aplikasi. Aplikasi keuangan adalah salah satu contoh, karena mereka sering membutuhkan sertifikasi tambahan yang perlu diolah sebelum pengguna bisa terjadi. Menggunakan pesan dalam aplikasi untuk mengucapkan selamat pengguna pada menyelesaikan proses pendaftaran mereka juga memberikan banyak kesempatan untuk menyorot fitur yang paling berharga aplikasi dan pengguna panduan terhadap interaksi kedua mereka dengan aplikasi Anda.

Use Case 2: Konfirmasi pemesanan dan informasi update version

Use case lain bagaimana marketing automation dapat menghemat waktu adalah melalui notifikasi transaksional. Mengotomatisasi pengiriman informasi pesanan penting sederhana – menggunakan pesan push atau email untuk membiarkan pengguna mengetahui bahwa pesanan mereka telah melalui, kemudian memberikan rincian tambahan seperti nomor urut, kontak dukungan, atau, dalam kasus makanan- pengiriman, diharapkan menunggu waktu.

Pesan transaksi otomatis seperti ini tidak hanya menghemat waktu – mereka juga membangun kepercayaan dengan pengguna, membantu membangun loyalitas merek jangka panjang.

Use Case 3: Beri tahu pengguna saat favorite item mereka sedang sale

App pembeli akan sering mengeklik “love” pada item tertentu yang mereka inginkan, tapi untuk satu atau alasan lain tidak cukup siap untuk membeli. Marketing automation dapat menjadi katalis konversi bila diterapkan ini menyukai, bookmark, atau produk wishlist. Ketika produk yang pengguna telah berinteraksi dengan yang dijual, otomatisasi pemasaran dapat digunakan untuk memperingatkan pengguna, seperti melalui pesan push, bahwa salah satu item mereka memfavoritkan sekarang dijual. Dorongan ekstra ini dapat digunakan sebagai jumpstart pengguna laten ke kembali ke aplikasi Anda dan menyelesaikan proses checkout, menghemat waktu pemasaran serta membawa mereka ke konversi.

Use Case 4: Tanyakan bagaimana review aplikasi Anda

Bagi banyak aplikasi berorientasi tempat seperti Yelp dan Foursquare, review atau ulasan adalah segalanya. Semakin banyak pengguna yang memposting restoran dan hotel ulasan di aplikasi Anda, yang lebih berharga komunitas Anda menjadi. Meningkatkan aktivitas dan ulasan dengan memanfaatkan kekuatan otomatisasi pemasaran – mengatur aplikasi Anda untuk meminta tinjauan (apakah melalui peringatan dorong atau di-aplikasi pesan) secara otomatis setelah pengguna telah check in ke lokasi yang relevan dengan aplikasi Anda. Remainder ini akan akan membantu mengembangkan komunitas Anda dan menjaga pengguna aplikasi Anda tetap terlibat.

Use Case 5: Beri tahu pengguna yang melakukan subscribe tentang konten terbaru

Ketika menyiapkan strategi, aplikasi marketing automation dapat mendorong pengguna untuk terlibat dengan konten yang berharga dan mengingatkan mereka untuk update yang penting bagi mereka secara individu.

Banyak aplikasi yang berhubungan dengan konten memungkinkan pengguna untuk suka, mengikuti, dan berlangganan penulis favorit mereka dan pencipta. Hal ini memungkinkan pemasar untuk secara otomatis tahu konten apa yang akan menarik pengguna – khususnya, konten yang dihasilkan oleh sumber para pengguna mengikuti. YouTube menerapkan sistem semacam ini peringatan dengan mengirimkan pesan push pengguna aplikasi ketika salah satu saluran yang mereka berlangganan posting video baru. Dengan pesan push ini, YouTube memastikan bahwa pengguna tidak pernah melewatkan gulungan dengan film favorit mereka.

Use Case 6: Untuk aplikasi e-commerce gunakan fitur notice of nearby sale

Aplikasi e-ecommerce yang juga memili toko offline dapat menggunakan marketing outomation untuk mendorong pengguna aplikasi mengunjungi toko yang berada disekitarnya. Anda dapat mengatur penargetan geografis dan event untuk mengirim pesan ke pengguna ketika mereka berada dalam radius tertentu dengan toko terdekat Anda. Setelah Anda mengantongi informasi terkait siapa saja pengguna yang berda dekat dengan toko-toko fisik Anda, Anda dapat memanfaatkannya dengan mengirimkan mereka marketing outomation berdasarkan event yang sedang berlangsung di toko yang dekat dengan mereka. Anda tidak harus menerapkan semua use case di atas, sesuaikan dengan background aplikasi Anda masing-masing. Dan sekali lagi, ketika dirancang dengan baik, hasil marketing automation dalam memelihara halus dan efisien, yang memungkinkan aplikasi Anda untuk melibatkan pengguna ke jalur konversi – dan itu semua dilakukan secara otomatis.

Leave a Reply