8 Mobile App Engagement Terhangat di Tahun 2016

February 12, 2016
8 Mobile App Engagement Terhangat di Tahun 2016

Menurut comScore, penggunaan smartphone naik 394 persen dan penggunaan internet menjadi lebih populer terutama oleh kaum milenium. Bagaimana di tahun 2016? Teradata meminta 5 ahli mobile untuk prediksi, inilah ringkasan dari tren mobile engagement di tahun 2016.

#1 Omni-Channel: 2016 akan menjadi tahun untuk pemasaran omni-channel. Strategi pemasaran omni-channel berarti bahwa perusahaan tidak memiliki strategi khusus untuk setiap channel. Sebaliknya, mereka menggabungkan channel untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan untuk mencapai tujuan bersama bagi perusahaan. Banyak perusahaan tahun ini akan menggunakan mobile sebagai bagian dari strategi omni-channel bukan channel yang berdiri sendiri. Perusahaan seperti Domino Pizza memiliki salah satu kampanye omni-channel yang paling menarik sekarang, memungkinkan pelanggan untuk menempatkan order lengkap via tweet dengan cara emoji (pizza emoji). Sebuah pesan langsung kemudian dikirim ke pelanggan untuk mengkonfirmasi pesanan. Hal ini sangat membantu Anda berada dengan ponsel Anda dan tidak memiliki waktu untuk pergi melalui proses pemesanan yang panjang. Tujuan domino adalah untuk memungkinkan pelanggan mereka untuk memesan dari mana saja, pada setiap perangkat atau platform dari keinginan mereka. Merek lain akan mengikuti pada tahun 2016, kita akan melihat nilai dari experience pelanggan terpadu dan omni-channel akan digunakan untuk menjembatani kesenjangan antara online dan offline. Pizza Hut telah mengambil satu langkah lebih dulu. Mereka sekarang menawarkan di toko-toko Pizza dengan meja yang berkonsep interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemesanan tanpa harus menunggu pelayan.

#2 Apel Watch: Apple Watch adalah cara untuk mendapatkan perhatian lebih. Kita akan melihat bagaimana jam tangan ini benar-benar dapat menjadi ekstensi yang lebih baik dari ponsel dan diri kita sendiri. Starbucks menawarkan kemampuan nyaman untuk membayar kopi hanya dengan menggerakkan pergelangan Anda. Dan sebentar lagi, Anda akan melihat jam tangan yang bisa merasakan suhu dan menyesuaikan thermostat rumah. Yang jelas bahwa meskipun Apple Watch sederhana diluar, namun hal ini sangat berharga dalam membuat hidup kita lebih sederhana dan lebih terhubung dengan perangkat yang lain.

#3 Mobile Wallet: Mobile Wallet adalah kesempatan besar bagi pemasar untuk menawarkan secara halus untuk membeli langsung dari perangkat mobile mereka. Rantai ritel seperti Starbucks yang cepat untuk mengadopsi gateway pembayaran ini memungkinkan pelanggan mereka untuk keluar dari garis offline. Bahkan, 20 persen dari penjualan di toko yang melalui transaksi ponsel yang lebih dari dua kali lipat angka dari dua tahun lalu. Pengecer lebih akan menangkap pada tren sukses ini dan benar-benar memperdalam pengalaman transaksi bebas pembayaran kerumitan pelanggan.

#4 Profiling dalam aplikasi: Menurut laporan Forrester, “75 persen pelanggan lebih memilih bahwa pengecer menggunakan data pribadi mereka untuk meningkatkan experience belanja.” Profiling user juga membantu anda membuat penawaran yang baik karena bersifat pribadi dan tidak hanya pesan massal atau broadcasting.

Intinya adalah”get personal”: tidak mengirimkan pesan yang generik. Pelanggan akan merespon lebih baik untuk pesan disesuaikan dan relevan bagi mereka. Mengetahui kebutuhan pelanggan Anda dan pola perilaku. Informasi ini akan membantu Anda dalam mengirimkan pesan yang ditargetkan yang bekerja. Pesan dapat individual oleh informasi demografis seperti: nama, usia, jenis kelamin dan informasi perilaku seperti: pembelian terakhir, konten mereka sudah membaca lokasi dll

#5 Location Based Services: 53 persen konsumen bersedia untuk berbagi lokasi mereka saat menerima iklan yang lebih relevan. Dengan menawarkan konten pelanggan Anda yang didasarkan pada lokasi itu mengarah ke tingkat konversi yang lebih tinggi. Menyediakan pengguna dengan informasi yang relevan untuk mereka, pada saat yang tepat dan ketika mereka berada di dekat bisnis Anda pada dasarnya menimbulkan kemungkinan bahwa mereka akan bertindak atas informasi Anda. Pemasaran berbasis lokasi adalah dimensi yang sangat bertarget yang memungkinkan untuk tingkat tertinggi perusahaan untuk hubungan konsumen. Sebuah hubungan yang lebih dekat membantu menghasilkan ROI yang lebih tinggi untuk bisnis dan pengiklan.

#6 Engagement yang interaktif di Push-Notification: konsumen tidak puas dengan hanya diberitahu sebuah cerita. Mereka ingin menjadi bagian dari cerita. Anda harus menangkap perhatian pelanggan Anda dari atau berisiko kehilangan mereka. Push-Notification memungkinkan cara yang berbeda untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda seperti dalam menghubungkan dan memungkinkan tindakan dorongan. Mendorong tindakan memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan tanpa membuka aplikasi, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dengan merek Anda secara berkelanjutan.

#7 Ads Blocking: Hal yang paling membuat frustrasi bagi konsumen menerima iklan yang tidak relevan. Ini mungkin mengapa Apple iOS 9 menambah fitur baru yaitu pemblokiran iklan.

Ada dua pilihan untuk menangani masalah ini:

  • Konten website akan memberitahu klien jika mereka tidak menampilkan iklan mereka dan kemudian konten mereka akan diblokir. Yahoo mengadopsi pendekatan ini ketika mereka menolak untuk memungkinkan pengguna untuk mengakses akun email mereka jika mereka memiliki ad-blocker diaktifkan. Untuk mengakses account mereka, mereka pertama kali dibutuhkan untuk mematikan pemblokir iklan.
  • Mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda untuk mendorong mereka untuk men-download aplikasi dengan cara yang lebih interaktif dan memantau mereka dengan cara yang berbeda.

Kami berharap untuk melihat pemblokiran iklan dimanfaatkan oleh lebih banyak konsumen dan sebagai akibat pemasar akan perlu menyesuaikan pendekatan mereka. Pemasar akan mengubah cara-cara alternatif pemasaran untuk menjangkau audiens mereka: iklan asli, pemasaran konten, media sosial dan yang paling penting membangun aplikasi yang lebih baik untuk membawa akuisisi lebih organik.

#8 Messaging Platform: Pada 2016, beberapa aplikasi messaging (Whatsapp, WeChat) akan menjadi platform untuk aplikasi sejenis seperti KakaoTalk dan LINE, telah melebarkan sayap mereka dengan menawarkan permainan yang terhubung langsung ke jaringan pesan mereka yang akhirnya menghasilkan $ 311 di pendapatan tahun lalu. Melihat keuntungan yang sangat menggiurkan itu, sekarang AS mulai melangkah ke arena untuk mendapatkan keuntungan serupa juga.

Tahun 2016 kita akan melihat tahun yang menarik untuk mobile seperti yang diharapkan untuk menjadi lebih besar dari tahun lalu. Hal ini jelas bahwa perangkat mobile merupakan pusat kehidupan pelanggan dan tujuan kami adalah untuk memenuhi harapan mereka dan seterusnya. Kuncinya menyediakan konsumen dengan nilai real-time melalui user experience, kemedian ROI akan mengikuti.

Leave a Reply