Aplikasi Mobile, IoT dan SmartCity

September 28, 2016
Aplikasi Mobile, IoT dan SmartCity

Tahun 2007-2008 merupakan tahun bersejarah dalam dunia komputasi, khususnya komputasi mobile, karena pada tahun-tahun tersebut muncul sistem operasi mobile Android dan iOS yang merupakan sebuah titik tolak dalam industri komputasi mobile.

Mereka, baik Android maupun iOS merupakan pemain besar dalam industri komputasi mobile yang telah menciptakan sebuah ekosistem untuk semua orang dapat terlibat dalam pengembangan jauh lebih dalam dengan memberikan peluang menciptakan aplikasi mobile yang dapat membantu banyak orang dengan kebutuhan-kebutuhan spesifik.

9 tahun kemudian, yaitu tahun sekarang, dimana kita berdiri, dimana kita pergi, dimana kita tinggal tak akan lepas dari perangkat pembungkus berbahan plastik atau metal dengan sistem operasi Android atau iOS didalamnya, dan terisi puluhan aplikasi mobile dari jutaan aplikasi mobile didunia yang siap menjejali perangkat mobile Anda.

Aplikasi mobile saat ini telah berkembang begitu pesat, yang dulu hanya bisa memberikan sebuah hiburan sederhana seperti mendengarkan musik, menonton video, sudah bergeser ke streaming musik, streaming video hingga saat ini aplikasi mobile dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan berbagai macam perangkat keras pihak ketiga.

Dalam waktu dekat kita semua akan memasuki era dimana tidak hanya manusia dan mesin yang akan berkomunikasi tapi lebih jauh lagi mesin dengan mesin sanggup melakukan komunikasi dan melakukan pertukaran data dan dilakukan secara otomatis serta realtime, itu yang disebut dengan era Internet of Things (IoT)

iot-1-770x285

Dalam pengembangan dan perkembangan IoT tidak bisa berjalan sendiri, perlu adanya sinergi dan kolaborasi antara pengembang perangkat lunak dan pengembang perangkat keras serta pengembang jaringan. Terutama bagi pengembang perangkat lunak, salah satunya adalah bagaimana bisa menciptakan sebuah Aplikasi Mobile yang dapat “ngobrol” dengan perangkat keras lain, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi industri perangkat lunak khususnya bidang aplikasi mobile di Indonesia untuk dapat bersaing dengan pengembang-pengembang luar negeri.

Masih banyak hal-hal menarik yang dapat dibahas mengenai dunia Aplikasi Mobile, IoT dan Smartcity yang akan disajikan dalam kesempatan yang berbeda.

Leave a Reply