Fitur Mobile App yang Harus Dimiliki Sebuah Perusahaan Bisnis

July 3, 2015
Fitur Mobile App yang Harus Dimiliki Sebuah Perusahaan Bisnis

Baik untuk perusahaan bisnis kecil hingga perusahaan bisnis besar semua adalah sama, bukan hanya mengembangkan sebuah website menjadi situs yang mobile-friendly atau menambahkan kemampuan e-commerce untuk meningkatkan experience pengguna aplikasi mobile Anda. Namun di tengah persaingan aplikasi mobile yang sangat kompetitif, bahwa membuat aplikasi mobile lebih dari itu semua. Lalu aplikasi yang seperti apakah yang harusnya dikembangkan lebih oleh perusahaan? Berikut adalah fitur yang sudah selayaknya ada pada aplikasi mobile Anda agar perusaan bisnis Anda yang semula kecil menjadi besar, yang sudah besar menjadi raksasa.

Feedback system

feedbackFitur ini adalah yang memfasilitasi pengguna untuk menyampaikan apresiasi mereka terhadap aplikasi mobile Anda. Bagian terpentingnnya adalah bahwa Anda harus membuat pengguna Anda untuk dengan cepat melaporkan bug, dan memberikan saran atau kritik. Pengguna akan menghargai mengetahui bahwa Anda terbuka terhadap feedback mereka dan menyadari bahwa feedback mereka dapat dimanfaatkan untuk perbaikan kedepannya.

Fokus pada usability

Sebuah aplikasi mobile yang menarik harus memiliki interface yang berfokus pada usability.


Kemampuan user costumize

customize

Pastikan bahwa ada cara yang jelas untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi Anda mulai dari warna, ukuran font dan yang paling penting pengaturan privasi jika itu adalah aplikasi sosial. Lebih banyak kesempatan pengguna harus menyesuaikan aplikasi sesuai selara pribadi, semakin sedikit kesempatan Anda akan malakukan kesalahan. Dan jika kesalahan itu Anda lakukan, itu bukan lagi hal yang terlalu fatal karena pengguna Anda sendiri yang Ankan memperbaikinya.

 


Keep it Simple

Jangan tergoda untuk menambahkan fitur kecil yang dangkal dan terlihat keren namun sebenarnya tidak. Kebnyakan pengguna tidak menyukai user experience yang berbelit-belit. Mereka berharap dapat menemukan yang ingin mereka lakukan di aplikasi Anda dalam waktu tidak kurang dari 15 detik.

Login dengan profil media sosial

mobile app pinterest

Beri kemudahan calon pengguna aplikasi mobile Anda dengan adanya fitur sosial media sign ini. Gunakan connect with facebook atau media lain yang memberi alternatif buat pengguna yang malas membuat account dan menjaga mereka untuk terdaftar.

Hal ini sangat mempengaruhi konversi, jika CTA mengharuskan user untuk mendaftar dan proses mendaftar adalah proses “rumit” bagi mereka tentu tingkat konversi akan menurun. Oleh karena itu fitur login social dapat mencegah hal itu terjadi.


Menjaga relevansi

Content di dalamnya harus menjadi sesuatu yang tidak mungkin di peroleh dari website Anda. Tetapi tetap fokus pada penyajian fitur dan content yang relevan sehingga memberikan experience yang lebih kaya melampaui apa yang website Anda lakukan.

 Sertakan analiasis

Sebuah bisnis harus mampu melacak dan mengidentifikasi tidakan dan user experience mereka. Itulah mengapa analisis merupakan komponen penting dalam sebuah aplikasi mobile. Data yang dikumpulkan hanya untuk membantu pembaruan yang lebih baik.

 Kemampuan saat offline

Tak jarang pengguna merasa frustasi saat aplikasi tidak dapat digunakan sama sekali hanya karena tidak adanya konektivitas. Pertimbangkan bagaimana membangun aplikasi mobile dengan konten atau interaktivitas yang tidak hanya bergantung dengan konektivitas internet.

Ciptakan rasa gamification

Gamification memungkinkan pengguna Anda untuk dengan senang hati dan suka rela tetap terlibat dalam aplikasi mobile Anda. Orang-orang akan datang kembali untuk sebuah aplikasi lagi dan lagi, seperti rasa candu namun dalam konotasi positif. Anda dapat mencoba menerapkannya denga sistem poin, kompetisi dan reward.

Suksesnya sebuah aplikasi mobile dapat dilihat dengan sampai di mana aplikasi tersebut memberi pengaruh positif kepada perusahaan. Dengan memiliki fitur-fitur di atas, aplikasi mobile Anda akan lebih mudah mendatangkan banyak dampak positif terhadap perusahaan Anda.



Leave a Reply