Ini yang harus Anda lakukan untuk menghadapi Pasar ASEAN 2017

By : Annastalia Listiyarin | 03 January 2017 | Comnents : 0


Perkembangan dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh teknologi dan informasi. Agar mampu bersaing, strategi pemasaran harus diperhatikan. Era digital mengharuskan Anda menguasai pemasaran digital atau dikenal dengan digital marketing. Digital marketing ini bisa dimulai dengan Anda menggunakan mobile apps berbasis Android maupun iOS. Mobile apps atau aplikasi mobile ini merupakan proses pengembangan aplikasi untuk perangkat genggam.

Apapun bisnis yang Anda miliki, Anda berhak bersaing di kancah internasional. Strategi pemasaran digital sangat disarankan. Apa keuntungannya? diantaranya; Anda dan konsumen bisa terhubung melalui internet; menghasilkan penjualan yang tinggi; membuat Anda lebih hemat; mengaktifkan layanan real-time dan sebagainya.

Tidak hanya bergerak pada bisnis berbasis produk, layanan ini juga cocok untuk pebisnis berbasis jasa. Sebagai contoh, suatu perusahaan layanan jasa antar barang memanfaatkan tingginya penggunaan internet untuk bertransaksi secara online. Layanan tersebut dikembangkan dengan pedoman perzonalized service.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) tahun 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 132,7 juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang. Perangkat yang dipakai yaitu mobile sebanyak 63,1 juta pengguna atau 47,6%, komputer sebanyak 2,2 juta pengguna atau 1,7% dan dengan dua perangkat mobile dan komputer sebanyak 67,2 juta pengguna atau 50,7%. Hal tersebut menandakan bahwa akses melalui mobile masih menjadi favorit penduduk Indonesia. Ditambah lagi data yang mencengangkan adalah sebanyak 130,8 juta pengguna atau 98,6% internet sebagai tempat menawarkan atau mencari barang dan jasa. Lebih lanjut untuk melakukan transaksi online sebanyak 84,2 juta pengguna atau 63,5%.

Masihkah ragu memanfaatkan aplikasi mobile?

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us