Mengembangkan Aplikasi Mobile Web: Kapan, Mengapa dan Bagaimana?

May 27, 2015
Mengembangkan Aplikasi Mobile Web: Kapan, Mengapa dan Bagaimana?

Menjadi yang mudah diakses kapanpun dan di manapun adalah suatu keharusan jika Anda menginginkan bisnis Anda tidak tertinggal dari kompetitor. Dengan membangun sebuah aplikasi mobile, adalah jalan terbaik untuk menjadi yang mudah diakses bagi user Anda. Tiga jenis aplikasi mobile yang saat ini sedang berkembang, yakni aplikasi mobile web, aplikasi mobile hybrid, dan aplikasi mobile native. Namun aplikasi mobile web akan lebih fokus dijelaskan di sini.

Kapan harus membangun aplikasi mobile web?

Jika, perusahaan Anda adalah sebuah bisnis yang baru terbentuk, dimana masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan perusahaan Anda kemudian membutuhkan sebuah media untuk menginformasikan keberadaan Anda, maka saat itulah Anda harus memutuskan untuk membangun sebuah aplikasi mobile web. Karena aplikasi hybrid dan native yang mengharuskan usernya untuk mendownload dan menginstallnya melalui toko Aplikasi. Tentu membutuhkan seorang user yang sudah loyal untuk rela melakukan upaya lebih yakni mengunjungi toko aplikasi kemudian menginstall aplikasi tersebut. Bagi sebuah perusahaan baru tentu memiliki user loyal masih sangat sedikit, jadi rasanya akan sangat percuma jika Anda membangun sebuah aplikasi hybrid atau native.

Mengapa harus membangun aplikasi mobile web?

Aplikasi mobile web akan memiliki banyak pengunjung karena didukung dengan akses multi patform. Banyak pengunjung tentu menjadi tujuan utama bagi sebuah perusahaan baru, dengan harapan semakin banyak pula yang akan mengenal perusahaan Anda. Aplikasi mobile web juga akan membantu dalam mendemonstrasikan brand Anda, membangun kepercayaan dan bukan tidak mungkin juga akan mendatangkan konsumen Anda. Karena bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML5 yang dapat beroprasi hamprir di semua perangkat mobile maka aplikasi mobile web memang diperuntukan bagi mereka yang bertujuan menjadi “universal”.

Karena dikembangkan dengan ketrampilan yang sama dengan pembuatan website, maka membangungun sebuah aplikasi mobile web tidak memakan waktu yang lama, biaya yang dibutuhkanpun tidak sebesar aplikasi native.

Bagaimana sebuah aplikasi mobile web bekerja?

Aplikasi mobile web adalah sebuah aplikasi bertugas untuk memanggil sebuah website. Aplikasi mobile web biasanya ditulis dengan bahasa HTML5 yang dapat dicompile hampir seluruh perangkat mobile. Lalu bagaimana user dapat menginstall dan mengoperasikan aplikasi mobile web Anda?

Pertama-tama user mengakses website Anda dengan cara mengtikan URL di navigasi browser mereka. Pada saat itulah aplikasi mobile web datang menawarkan diri untuk menginstallnya di perangkat mobile mereka. Saat user menginstall sebenarnya mereka sedang melakukan bookmark untuk halaman web tersebut.

Namun ada masalah teknis yang perlu diperhatikan sebelum membangun aplikasi mobile web, adalah menganai desain website Anda. Apakah website Anda telah terintegrasi dengan desain mobile-friendly atau belum, atau bisa jadi komponen CSS pada website Anda desain responsifnya. Jika hal seperti itu terjadi, Anda dapat menambahkan query baru yang bertugas menentukan tampilan web sesuai dari dengan perangkat untuk mengaksesnya. Anda dapat menambahakan beberapa query dengan masing-masing tugasnya, seperti query untuk tampilan dekstop, tablet hingga ponsel. Sebelum memutuskan untuk membangun aplikasi mobile web pastikan website Anda telah mobile-friendly, agar tetap bekerja maksimal walaupun pada perangkat mobile.

Sekarang renungkan kembali apakah penjelasan diatas sesuai dengan kondisi perusahaan Anda saat ini. Jika iya, ada baiknya untuk segera mulai membangun mobile app web untuk perusahaan Anda.

Leave a Reply