Mengenal Vue Js

By : Niko Figit | 28 February 2019 | Comnents : 0


Beberapa minggu terakhir ini ada sebuah project yang mengharuskan saya mempelajari tentang vue.js. Dari hasil baca-baca dan menonton video tutorial maka saya pikir tidak ada salahnya bila apa yang sudah saya baca dan praktekan. Saya tuliskan disini karena menurut saya proses belajar yang baik selain membaca dan melihat adalah dengan menulis.

Apa itu vue js?

Vue.js adalah suatu librari Javascript yang digunakan untuk membangun antar muka sebuah website yang interaktif. Supaya lebih singkat, untuk selanjutnya Vue.js saya tulis Vue. Library dari Vue difokuskan hanya pada view layer dan sangat mudah diimplementasikan dan diintegrasikan dengan library lain ataupun juga dengan project yang sudah ada sebelumnya. Untuk mempelajari Vue ini setidaknya kita sudah mengerti dasar-dasar HTML, CSS dan juga Javascript.

Instlasi Vue.js

Perlu diketahui bahwa vue tidak mendukung browser IE8 dan versi-versi sebelumnya. Ada beberapa cara instalasi vue namun cara yang paling mudah adalah melalui CDN karena kita tidak perlu menyimpan file Vue.js di dalam project kita. Berikut ini adalah contoh bagaimana mereferensikan vue dari CDN:

https://cdn.jsdelivr.net/npm/vue/dist/vue.js


Dengan mereferensikan vue dari CDN seperti cara diatas, maka kita akan secara otomatis mendapatkan versi vue terbaru yang sudah ada di CDN.

Keunggulan Vue.js

  • Menggunakan file yang sangat kecil

Keberhasilan Javascript tergantung dengan ukurannya. Semakin kecil akan semakin baik dan semakin banyak yang menggunakan. Framework ini hanya memakan 18–21KB dibandingkan framework lainnya yang lebih besar.

  • Mudah dipahami

Dengan struktur yang sederhana, VueJS mudah dipahami. Dengan begitu, akan lebih sedikit waktu yang digunakan untuk memahami framework ini

  • Integerasi yang sederhana

Salah satu faktor yang membuat VueJS banyak digunakan adalah integrasi yang sederhana. Integrasi yang mudah ke aplikasi yang sudah ada membuat developer tidak perlu repot-repot.

  • “Two-way communication”

Dengan menggunakan MVVM architecture membuat lebih mudah mengurus HTML blocks. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Angular.

  • Dokumentasi yang detail

Dokumentasi di VueJS sangat komprehensif, bahkan orang yang mengetahui sedikit tentang Javascript dan HTML akan bisa men-develop web page nya sendiri

  • Fleksibilitas

VueJS dapat ditulis dengan file HTML ataupun File JavaScript yang memudahkan developer framework lainnya untuk memahami framework VueJS.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us