Pahami Perbedaan Data, Analisis, dan Insight Untuk Pengembangan Aplikasi Mobile Anda

May 15, 2016
Pahami Perbedaan Data, Analisis, dan Insight Untuk Pengembangan Aplikasi Mobile Anda

Tiga kata ini tentu sering terdengar khususnya dalam konteks pengambangan sebuah aplikasi mobile. Lalu bagaimana sebenarnya peran mereka masing-masing? Dan bagaimana cara mereka saling terhubung hingga mampu bersinergi menghasilkan aplikasi mobile yang memahami penggunanya. Sedikit penafsiran kasar terkait perbedaan diantara ketiganya yakni data dan analisis bertugas untuk memberikan pemahaman yang mendalam terkait pengguna kemudian insight yang memberikan kebijaksanaan tentang pengguna dan memberi pedoman tentang tindakan apa yang dapat membawa aplikasi Anda menjadi lebih baik. Singkatnya Insight tidak dapat diperoleh tanpa adanya analisis, dan analisis juga tidak dapat dilakukan tanpa adanya data.

Apakah itu Data?

Data adalah informasi yang Anda peroleh dari pengguna, seperti info demografi, perilaku, dan aktivitas. Pengumpulan data dan penyimpanan telah menjadi semakin menantang. data besar adalah norma baru sebagai usaha mengumpulkan data pengguna di banyak saluran termasuk aplikasi, email, dan web browsing. Meskipun di luar sana terdapat banyak sumber data, namun  untuk mendapat data yang asli dan sebenar-benarnya justru semakin sulit.

Apa itu Analisis?

Analytics adalah penemuan pola dan tren yang diperoleh dari data yang terkumpul. Data yang telah terkumpul tanpa dilakukan analisis hanya akan terlihat seperti omong kosong. Ada nilai yang sangat besar terpendam di kumpulan data yang besar, tetapi aplikasi dan manejemen bisnis tidak dapat membukanya bantuan analisis.

Untuk aplikasi mobile, data Anda mungkin memberitahu Anda bahwa Anda mengirim 14.000 pesan push bulan lalu. Data itu saja tidak berarti semua yang banyak, tapi alat analisis bisa menggali melalui data dan mengungkapkan bahwa aplikasi Anda mengirim 3-4 pesan per pengguna, dengan tingkat retensi 20%. Sekarang data Anda mulai bekerja untuk Anda!

Apa itu Insight?

Insight adalah nilai yang diperoleh melalui penggunaan analisis. Insight yang diperoleh melalui analisis yang luar biasa kuat, dan dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda sementara mengidentifikasi area kesempatan.

Jika kita melanjutkan dengan contoh aplikasi mobile kami, insight mungkin menunjukkan bahwa mengirimkan pesan-pesan 3,7 dorongan per pengguna menghasilkan peningkatan 14% dalam pembelian. Sekarang Anda tahu bahwa kampanye push efektif, Anda dapat terus menguji variasi baru dan mengoptimalkan untuk meningkatkan pembelian lebih jauh.

Insight memicu gerakan baru pintar pemasaran, fitur aplikasi baru yang kuat, atau desain UX ramping.

The Power of Insight: Menggerakkan Pemasaran

Nilai riil data dan analisis terletak pada kemampuan mereka untuk memberikan insight kaya. Anda dapat memiliki gunung titik data, tetapi Anda harus mampu mencerna dan mengatur data yang dengan cara yang memungkinkan Anda untuk menarik insight berharga, atau yang lain itu semua berharga.

Insight yang terbaik yang dapat ditindaklanjuti dan preskriptif – mereka dapat digunakan untuk mengambil tindakan segera yang akan meningkatkan bisnis Anda dan akan menginformasikan jalur masa depan Anda.

Mari kita lihat contoh yang lebih riil – bayangkan bahwa Anda memiliki aplikasi e-commerce:

    Data mungkin menunjukkan bahwa pengguna Anda memiliki 2.000 sesi dalam 30 hari terakhir. Analytics bisa menunjukkan berapa banyak sesi terjadi pada iPhone di Inggris. Insight bisa mengungkapkan bahwa sesi di iPhone adalah 20% lebih kecil kemungkinannya untuk membeli. Berikutnya, Anda akan perlu mempertimbangkan mengapa sesi-sesi iPhone menghasilkan transaksi kurang dari dengan perangkat lain. Mungkin bentuk kartu kredit di iPhone adalah tidak bisa digunakan, dalam hal ini item tindakan besar Anda akan memperbaiki bentuk kartu kredit – menghasilkan lebih banyak konversi!

Krisis Insight = Krisis Engagement

Krisis keterlibatan mobile saat ini adalah akibat langsung dari usaha bekerja membabi buta – terlalu banyak merek telah gagal untuk memanfaatkan data yang mereka miliki, kehilangan permata yang dihasilkan dari insight. Insight disampaikan melalui data dan analisis adalah apa yang memungkinkan merek untuk erat memahami pelanggan mereka dan memberdayakan mereka untuk menciptakan peluang keterlibatan yang berarti.

Jangan lewatkan kesempatan untuk benar-benar mengetahui pelanggan Anda – memanfaatkan data Anda, analisis, dan menghasilkan insight untuk mengembangkan bisnis Anda!

Leave a Reply