React Native… Seperti pernah dengar? Let’s see it inside

By : Reynald Prabha Nova | 31 August 2018 | Comnents : 0


Tren pengembangan aplikasi mobile sudah mengalami banyak perubahan sejak dari awal kemunculannya, semakin banyak opsi dari segi tipe aplikasi, seperti saat ini ada Web App, Hybird App atau Native App masing – masing mempunyai pro dan kontra tersendiri, juga dari segi pemilihan tool pengembangan untuk membuat aplikasi mobile tersebut juga semakin beragam dengan benefit dan konsekuensi yang berbeda.

Di tengah – tengah hiruk pikuk padatnya persaingan opsi pengembangan aplikasi mobile, muncul React Native dengan statement yang membuat banyak pengembang aplikasi mobile penasaran mencoba yaitu statement ‘Learn Once, Write Anywhere’. Iya, React Native menawarkan tool dengan kapabilitas build membuat aplikasi mobile ke berbagai Platform Mobile dengan feel Native yang sebenarnya dalam satu pengerjaan proyek.

Lebih ke dalam lagi, selain multiplatform, React Native juga menawarkan environment pengembangan yang memudahkan cepatnya proses produksi. Mari kita jabarkan…

Pada kebutuhan sederhana, React Native hanya membutuhkan teks editor serta simulator / real device untuk menjalankannya secara bersamaan dalam proses produksi. Selain itu ada opsi lain yaitu menggunakan Expo, opsi ini lebih praktis lagi karena di Expo segala kebutuhan library otomatis tersedia serta source code dapat diakses portable antar tim di cloud. Cukup praktis dan ringan tidak membutuhkan perangkat pengembangan yang berperforma tinggi / khusus dibanding dengan yang dibutuhkan pada proses pengembangan aplikasi mobile pure native.

🏋️‍♀️ 🏋️‍♀️ Ringan dan memudahkan, Kecilll-lah!!!  🏋️‍♀️ 🏋️‍♀️

Hot Reload pada React Native memungkinkan untuk simpan dan lihat secara langsung perubahan yang telah dibuat, tanpa menunggu compile build secara berulang untuk kebutuhan testing.

⚡️ ⚡️ Produksi lebih cepat, Whooosh!!! ⚡️ ⚡️

All In Single Source, mengembangkan – memantau – scale aplikasi mobile multiplatform dalam satu tempat dan dapat dilakukan dengan hanya membutuhkan satu tim inti pengembang.

Catatan tambahan, pada React Native proses dalam satu tempat ini lebih memudahkan lagi dikarenakan fundamental source React Native memperbolehkan segala aspek source dicantumkan seperti aspek tampilan, fungsi dan aspek objek lainnya dalam satu file.

🔧 👀 Dengan satu tempat, satu tim yang sama, dan source yang tidak mengharuskan terpisah aspek – aspeknya… Focus Mode Level Up 🔧 👀

Singkat kata, setiap tool pembuatan aplikasi mobile punya benefit dan konsekuensi tersendiri yang mana tidak dibahas di artikel ini, penulis mencoba berbagi apa yang ditawarkan React Native. Penjabaran di atas mungkin hanya beberapa inti dari apa yang ditawarkan React Native. React Native menyediakan solusi efisiensi proses, waktu dan biaya pembuatan aplikasi mobile, termasuk menghilangkan pembatas wilayah pengembangan platform satu dengan yang lain yang bisa dijadikan sebagai salah satu kandidat pilihan dalam membuat aplikasi mobile.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us