Workshop Pengembangan Aplikasi Mobile, Peserta Dosen Jurusan TI dan SI Universitas Semarang

By : Annastalia Listiyarin | 22 February 2017 | Comnents : 0


Kodepedia yang merupakan bagian dari Crocodic kembali roadshow memberikan workshop pengembangan aplikasi. Setelah sukses melaksanakan workshop diberbagai Universitas di Semarang, seperti Unika dan UNNES, kali ini tim Kodepedia hadir di USM dengan target peserta dosen jurusan SI dan TI. Workshop kali ini berlangsung selama 3 hari dengan tema Pengembangan Aplikasi Mobile Android (e-commerce) Menggunakan Backend CRUDBooster.

Secara keseluruhan, pengembangan aplikasi mobile e-commerce sudah cukup lengkap untuk mewakili suatu pengembangan aplikasi mobile secara umum. Mulai dari layouting, create, read, update, delete data, dan juga pemanfaatan untuk sinkron dengan online web server. Peserta pelatihan juga dilengkapi modul/panduan agar mempermudah  dalam mengikuti jalannya pelatihan.

“Dunia IT terus up to date dan cepat, banyak alumni TI/SI minim skill, kaya pengetahuan namun tidak dipakai. Kondisi sekarang web tergeser ke ranah android. Kebetulan jurusan SI dan TI di USM ada mata kuliah mobile programming sehingga dengan adanya training ini bisa memperkaya dan memperdalam materi”, tutur Firman, salah satu dosen jurusan TI di USM.

Pelatihan ini merupakan serangkaian upaya follow up dosen-dosen SI dan TI USM mengingat terdapat mata kuliah mobile programming dan banyak mahasiswa yang mengembangkan mobile apps pada tugas akhirnya. “Tuntutan sekarang, judul-judul tugas akhir mahasiswa USM sudah tertarik dan mengarah untuk mengembangkan aplikasi mobile”, tutur Ferry, peserta pelatihan.

Crocodic dan pihak FTIK USM juga telah menandatangani MOU kerjasama pada Jumat 17 Februari 2017. Kesepakatan ini berupa penempatan mahasiswa kerja praktik (KP) atau magang di Crocodic dan pengembangan Kurikulum Technopreneurship yang mengarah untuk membangun startup. Diharapkan Crocodic bersama FTIK USM menjadi pusat memunculkan resource pengembang aplikasi handal di Semarang bahkan Jawa Tengah.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us