5 Tips Awal bagi Desainer Pemula (Bagian 1/2)

By : Ahmad Alim Fathoni | 25 August 2020 | Comnents : 0


Di era informasi saat ini mempekerjakan desainer merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan oleh suatu perusahaan ataupun startup, terlebih oleh perusahaan atau startup mobile apps development baik mobile apps development IOS ataupun mobile apps development Android. 

Bagi seorang desainer pemula, mencari tips desain di Google sedikit membuat bingung karena Google menawarkan hasil pencarian satu hingga miliaran saran yang berbeda-beda. Hal ini dapat kita atasi dengan meminta saran langsung kepada desainer senior yang telah memiliki jam terbang tinggi.

Berikut beberapa tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman 3 tahun di Crocodic

Practice More, Observation Less

Kita dapat menonton bermacam-macam video tutorial di Youtube, membaca jurnal tentang desain di Medium, ataupun mem-follow akun sosial media desainer-desainer terkenal di Instagram. Tetapi hal tersebut tidak menghasilkan apa-apa tanpa adanya sebuah “aksi”. Teruslah berkarya maka kemampuan desain akan berkembang mengikuti pengalaman yang telah kita capai.

Keep Creating

Buatlah desain apapun yang ada di pikiran kita. Lakukanlah sesering mungkin meskipun cuma satu halaman desain mobile apps ataupun cuma sekedar header landingpage website. Inti dari hal ini adalah untuk melatih workflow, proses berpikir, atau kemapuan problem solving kita. Pastikan untuk selalu menyibukkan diri dan terus terinspirasi oleh desainer-desainer yang ada di sosial media, dribbble ataupun behance.

Cari Mentor Yang Sesuai

Carilah mentor desain dari seorang desainer yang telah memiliki kredibilitas yang baik dan mau membagikan insight-nya. Pelajari karyanya, pahami desain prosesnya, serta jangan sungkan-sungkan untuk bertanya mengenai dunia desain di Instagram storynya. Hal itu lebih berfaedah tinimbang mencari-cari di Google mengenai apa kelebihan dan kekurangan software yang ada di pasaran

Jangan Sungkan Bertanya

Kita sebagai desainer pemula mungkin punya perasaan minder terhadap desainer di luar sana yang lebih hebat dari kita, tapi ternyata rasa minder tersebut hanya akan membuat kita untuk susah berkembang. Solusinya, cobalah untuk bergabung dengan komunitas desain yang ada seperti UXID ataupun TheDesignership. Dalam pengalaman saya, orang-orang yang ada pada komunitas desain itu ramah-ramah dan selalu bersedia membantu desainer pemula ketika ingin meminta saran terhadap desain mereka. Jadi cobalah bergabung dengan komunitas desain diatas.

Kejar pengalaman, bukan ketenaran

Saya pribadi ketika pertama kali mendapat undangan untuk menjadi player  di dribbble, saya hanya membuat karya hanya ketika ingin mengisi postingan di dribbble, padahal untuk mendapatkan like pada postingan di dribbble saya harus membuat desain yang “sempurna”, motivasi seperti itu sebenarnya adalah jebakan karena akan membuat motivasi mendesain kita hanya muncul ketika ingin “panjat sosial” demi mendapatkan banyak likes.

Daripada mencari cara mendapatkan banyak like di media sosial, lebih baik lakukanlah hal baru untuk mengembangkan pengalaman desain kita seperti belajar tool baru, melihat dan meniru tren desain saat ini, membuat layout desain yang belum pernah kita lihat, atau mempraktikan metode desain yang ada di internet.

Mungkin 5 tips ini yang bisa saya bagikan untuk minggu ini, untuk part 2 nya akan menyusul di artikel saya berikutnya. Keep moving and creating.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us