Blog Home
Table of Content

Strategi IoT untuk Membangun Kota Cerdas yang Berkelanjutan

By : Nadhifatul 07 June 2024

Strategi IoT untuk Membangun Kota Cerdas yang Berkelanjutan

Sumber : Unsplash

Smart city merujuk pada konsep kota yang telah mengadopsi teknologi untuk mengelola sumber daya, infrastruktur, dan layanan publik secara efisien. Pengembangan smart city ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kota yang sustainable dan dapat memenuhi kebutuhan warganya. 

Pengembangan smart city yang terintegrasi dengan IoT dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di perkotaan, misalnya kemacetan, polusi, dan konsumsi energi. 

IoT juga memberikan kemudahan dalam menghubungkan masyarakat dengan pemerintah. Ini akan membantu pihak berwenang dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien.

Penerapan IoT untuk Smart City 

IoT menjadi bagian tidak terpisahkan dari smart city. Adanya IoT memungkinkan sejumlah sistem infrastruktur kota bekerja secara otomatis. Berikut contoh penerapan IoT untuk smart city.

  1. Smart lighting

IoT kini banyak diterapkan pada sistem penerangan jalan. Dengan adanya smart lighting, dapat dipantau lampu yang masih beroperasi dengan baik dan mengalami masalah. Lampu penerangan jalan juga dapat dimatikan atau dihidupkan dari jarak jauh.

Selain itu, smart lighting ini juga dapat menyesuaikan kecerahan secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan lingkungan. Ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan energi.

  1. Smart parking

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan, pengadaan tempat parkir menjadi hal yang krusial. Smart parking bisa menjadi solusi untuk mempermudah warga dalam mencari tempat parkir. Anda dapat memesan dahulu tempat parkir melalui aplikasi sebelum datang ke lokasi.

  1. Waste management

Tingginya populasi penduduk di wilayah perkotaan akan berdampak pada meningkatnya polusi dan volume sampah. Keberadaan sensor yang terintegrasi dengan IoT dapat mendeteksi kualitas udara dan menyediakan data secara real time. Ini tentunya mempermudah pihak berwenang dalam mengambil keputusan.

Tak hanya itu, di beberapa kota di dunia, tempat pembuangan sampah umum telah dilengkapi sensor yang akan mengirim notifikasi ketika volumenya telah penuh. Ini akan membantu petugas terkait untuk mengelola sampah secara efisien.

  1. Connected manhole

Gorong-gorong tak hanya berfungsi sebagai saluran air, namun sekaligus menyimpan kabel dan sebagai tempat jalur pipa gas. Maka dari itu, perlu dilakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran. Salah satu parameter yang digunakan yakni suhu.

Untuk memantau temperatur gorong-gorong yang berada di bawah tanah, dapat digunakan sensor suhu. Ketika suhu berada di atas batas normal, sistem akan mengirim peringatan sehingga dapat segera dilakukan pemantauan. 

  1. Smart electricity

Keberadaan IoT dapat membantu proses pengelolaan energi. Smart electricity memudahkan penyedia layanan listrik dalam memeriksa data pemakaian listrik pengguna. Tak hanya itu, perangkat IoT juga dapat memonitor dan mengoptimasi penggunaan energi di area publik sehingga lebih efisien.

5 Kota di indonesia yang sudah menggunakan sistem IoT Smart City

Sejumlah kota di Indonesia kini perlahan telah mengusung konsep Smart City. Berikut beberapa kota yang telah menggunakan sistem IoT Smart City.

  1. Jakarta

Sebagai ibukota sekaligus kota dengan populasi terpadat di Indonesia, tak heran Jakarta menjadi pionir dalam pengembangan smart city. Pengembangan Jakarta sebagai smart city dimulai pada tahun 2015 sejak dirilisnya Jakarta Smart City Lounge. 

Empat tahun berselang, terbit aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang menyediakan berbagai fitur seperti informasi wifi publik gratis, pelaporan tindakan kriminal hingga pendaftaran vaksin.

  1. Yogyakarta

Kota Yogyakarta mulai menerapkan smart city sejak tahun 2015 dengan diluncurkannya sistem e-government. Ini ditandai dengan terbitnya peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 15 Tahun 2015. 

Pada tahun 2018, pemerintah kemudian meluncurkan aplikasi dan website yang diberi nama Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi ini mempunyai banyak fungsi mulai dari pendaftaran akta kelahiran, pelaporan kepada Pemda hingga memesan tiket pariwisata.

  1. Denpasar

Denpasar menjadi salah satu kota yang padat turis mancanegara. Ibu kota provinsi bali ini telah meluncurkan aplikasi Pro Denpasar pada 2016 yang kemudian berganti nama menjadi Denpasar Prama Sewaka (DPS). Setahun kemudian, pemerintah kota ini meluncurkan website dengan nama Pro Denpasar.

Keberadaan aplikasi dan website ini bertujuan memudahkan penduduk kota dalam melakukan berbagai hal, mulai dari pelaporan masalah perkotaan, mengakses informasi tempat wisata, menghubungi nomor-nomor penting, dan masih banyak lainnya.

  1. Surabaya

Gagasan Surabaya sebagai smart city mulai dikenal sejak tahun 2011 dan berbasis pada website. Dengan adanya website surabaya.go.id, pengunjung dapat mengakses berbagai informasi mulai dari event dan tempat wisata yang ada di Surabaya hingga nomor telepon penting.

Tak berhenti hingga di website, Pemerintah Kota Surabaya juga meluncurkan GOBIS Surabaya Bus, aplikasi khusus manajemen transportasi. Ini memungkinkan warga untuk melakukan tracking lokasi bus secara real time.

  1. Semarang

Pemerintah Kota Semarang telah mulai menggagas konsep smart city sejak tahun 2023 dengan diluncurkannya website khusus. Dengan website ini, pengunjung dapat mengakses berbagai informasi mulai dari berita terkini, informasi birokrasi hingga layanan pengaduan yang dikenal dengan nama Sapa Mbak Ita.

Di bidang transportasi, Pemerintah Kota Semarang juga telah menerbitkan aplikasi Trans Semarang Mobile yang memudahkan warga untuk mengecek posisi bus kota. Sementara untuk pelaporan tindakan kriminal, telah digagas aplikasi Libas yang memudahkan pelaporan tindak kriminal dan pembuatan SKCK secara cepat.

Kesimpulan

Meningkatnya populasi penduduk di wilayah perkotaan selaras dengan peningkatan kebutuhan masyarakat akan infrastruktur dan layanan yang memadai. Konsep smart city dengan mengusung teknologi IoT dapat menjadi solusi yang efektif, baik dalam bidang manajemen sumber daya energi hingga transportasi.

Untuk Anda yang memerlukan jasa IoT baik untuk pengembangan infrastruktur kota maupun kepentingan lainnya, Anda dapat mengunjungi website IoT Crocodic untuk berkonsultasi dan mendapat solusi terbaik.