Bagaimana Menjalin Kedekatan Pengguna dengan UI/UX yang Friendly?

By : Andik Saputra | 24 February 2021 | Comnents : 0


Foto oleh Tranmautritam dari Pexels

Aplikasi bisnis tentu harus menyajikan desain UI/UX yang friendly untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna. Namun, tidak banyak bisnis yang memperhatikan desain UI/UX aplikasi bisnis mereka! Padahal, penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata, setiap $ 1 yang di investasikan di UX menghasilkan $ 100 sebagai imbalan. Itu ROI sebesar 9.900% (Forrester). Lalu bagaimana cara desain UI/UX yang friendly bisa memberikan kesan bersahabat dengan pengguna?

Anda dapat mengkombinasikan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang berhasil menyajikan visual yang sesuai dengan hal berikut:

1. Visual Identity Apps

GSM (Graphic Standard Manual) adalah acuan perusahaan untuk membuat visual identitas yang diimplementasikan ke aplikasi guna mengungkapkan nilai, tujuan, dan karakteristiknya. Contoh : Contoh perusahaan fast food warna merah, maka aplikasi mereka juga dominan merah.

2. User Persona

User persona adalah masalah dan karakter user yang dijadikan acuan membuat karakter produk. Contoh : pengguna sebuah aplikasi adalah orang tua punya masalah membaca jika teks font size kecil, maka karakter produknya menggunakan teks font size besar.

3. Kebutuhan Pengguna

Terakhir tentunya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fungsi yang sesuai dengan kebutuhan tentu dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah pengguna.

Menurut intechnic.com, Jeff Bezos menginvestasikan 100X lebih banyak ke dalam pengalaman pelanggan daripada beriklan selama tahun pertama Amazon.

Kesimpulannya, sangat penting bagi Aplikasi bisnis memiliki Desain UI/UX yang friendly untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan dan fungsi yang memecahkan masalah mereka.


Need a successful project?

Order Now
or Contact Us