Cara memasang Git pada project React-Native

By : Reynald Prabha Nova | 02 March 2019 | Comnents : 0


Git memudahkan developer untuk menyimpan dan berkolaborasi pada suatu project. Git dapat diinisialisasi di berbagai jenis project, termasuk pada project React-Native.

Bagi yang belum tahu disini akan dijelaskan bagaimana caranya memasang git pada project React-Native.

Jika belum punya aplikasi perintah git, download dan install aplikasi git melalui dari sini.

Setelah terinstall, buka aplikasi Command Prompt / Terminal, jika belum buat project React-Native, init dan mulai project React-Native baru dengan command react-native init “NAMA_PROJECT” dan arahkan path direktori Terminal ke path project yang belum dipasang git.

Setelah path pada Command Prompt / Terminal menunjukkan posisi direktori project yang sedang di edit, init git dengan command git init.

Lalu tambahkan file yang ada di folder sekarang ke git dengan command git add . (Dengan titik yang mana menunjukkan direktori saat ini).

Kemudian buat satu repositori git melalui website (Bisa di GitHub, Gitlab, BitBucket atau yang lain, akan tetapi pada tutorial ini menggunakan BitBucket karena dukungan penyediaan unlimited private repository dengan unlimited collaborator).

Setelah repositori dibuat, copy command step 2 yang pertama, yang berada di bawah halaman repositori.

Lalu paste kan pada Command Prompt / Terminal dengan posisi direktori masih di path project. Command ini berguna untuk mengisikan url ke repository mana file akan tersimpan.


Lalu lakukan commit untuk memberi nama fase perubahan file yang akan tersimpan dengan cara ketik di Command Prompt / Terminal git commit -m “NAMA_COMMIT”

Kemudian copy lagi step 2 pada halaman repository, namun kali ini yang nomor 2 pada step 2 yang di copy. Lalu paste dan run pada Command Prompt / Template. Ini adalah command untuk push upload ke repositori.

Jika berhasil maka laman repositori sudah berisi commit yang dibuat tadi.

Untuk commit versi perubahan berikutnya suatu saat, bisa lakukan git add . untuk menambahkan, git commit -m “NAMA_COMMIT” kemudian git push -u origin master untuk push file ke repositori setiap ingin melakukan simpan ke git.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us