Kombinasi Usability dan Utility Menghasilkan Produk yang Usefulness

By : Andik Saputra | 16 February 2021 | Comnents : 0


Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Saat anda mengembangkan sebuah produk digital, tentu banyak aspek yang harus diperhatikan agar produk tersebut dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. Dalam pengembangan produk digital tentu anda akan mendesain untuk usability (penggunaan), tentu menjadi bagian penting juga untuk memikirkan tentang utility (kegunaan).

Usability adalah hasil dari proses desain yang berpusat pada pengguna. Dengan kata lain penggunaan berkaitan dengan membuat fungsi mudah dan menyenangkan untuk digunakan. Sedangkan, utility adalah tentang menyediakan fungsi yang dibutuhkan pengguna saat pertama kali menggunakan aplikasi atau website.

Sebagai contoh, aplikasi pembayaran seluler dapat memberikan fitur yang paling berguna untuk menambahkan orang-orang di sekitar Anda dengan akun Facebook. Pada kenyataannya, itu akan menjadi tidak berguna bagi mereka, karena sebagian besar pengguna aplikasi itu tidak membutuhkan fitur tersebut.

Mengkombinasikan usability dengan utility akan menghasilkan produk yang sangat berguna untuk pengguna. Semua upaya Anda untuk membangun fitur yang paling ramah pengguna bisa sia-sia jika fitur itu tidak diperlukan.

Selain usability dan utility, sangat penting untuk memperhatikan apa yang menjadi masalah yang akan diselesaikan. Dengan memperhatikan solusi dari sebuah permasalahan, barulah produk dapat digunakan dengan optimal sesuai kebutuhan pengguna, tidak sekedar memberikan kemudahan dalam penggunaan.


Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.