3 Perencanaan yang Perlu Dipersiapankan untuk Membuat Aplikasi Mobile

By : Rendra Satria Aditama | 02 October 2016 | Comnents : 0


Sering kali user merasakan kemudahan menggunakan mobile apps pada perangkat mobile seperti aplikasi untuk berbelanja (e-commerce), catatan (report), penunjang kinerja (productivity) dan lain sebagainya.  Dibalik kemudahan menggunakan aplikasi ini diperlukan peran penting salah satunya perencanaan yang matang. Berikut perencanaan yang dipersiapkan untuk membuat mobile apps :

  1. Pemahaman Kita terhadap Mobile Apps

Kita harus paham betul kenapa membutuhkan mobile apps, untuk mengetahui apa saja pemahaman yang diperlukan bisa baca artikel disini (4 Pertanyaan Kritis Kunci Sebelum Membuat Aplikasi).

  1. Dokumen TOR (Term Of Refrence)

Setelah menjawab 4 Pertanyaan kritis tersebut, Kita membuat dokumen yang menjelaskan gambaran besar yang berisi alur dan proses yang akan dijadikan bahan komunikasi dengan analis sistem. Dokumen ini dinamakan Term Of Refrence, dengan format word document, excel, presentation, dan atau image. Sebagai contoh isi Dokumen Term Of Refrence dari Perusahaan Rental Mobil adalah : tujuan mobile apps, alasan mengapa mobile apps, fungsi-fungsi utama yang dibutuhkan pada mobile apps, menggambarkan alur bagaimana cara rental mobil, harga mobil dan lain sebagainya.

  1. Kolaborasi 

Kolaborasi bertujuan saling memberi masukkan agar setiap ide tidak objektif antara Kita, analis sistem dan user. Kita adalah pemesan mobile apps yang mengetahui alasan, masalah dan tujuan kenapa membutuhkan mobile apps. Analis Sistem bertugas sebagai konsultan sistem yang memiliki pehamanan tentang pembuatan mobile apps baik secara teknis (develop mobile apps) maupun non teknis (untuk berkomunikasi dg Kita).  User disini adalah calon pengguna yang akan memakai mobile apps.

Itulah 3 hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat mobile apps. Jika anda sudah siap, silahkan mengontak konsultan Kami disini

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us