4 Pertanyaan Kritis Kunci Sebelum Anda Memutuskan Mengembangkan Aplikasi Mobile

Comments 0 by in Aplikasi Mobile
October 2, 2016
4 Pertanyaan Kritis Kunci Sebelum Anda Memutuskan Mengembangkan Aplikasi Mobile

Kebutuhan akan mobile apps yang disampaikan oleh 7 dari 10 client yang datang kepada Kami belum bisa dikatakan layak. Sebagian dari mereka mengikuti tren, sebagian yang lain karena tidak mengetahui dengan pasti akan kebutuhannya. Jika dipaksakan, tentunya hal ini akan menimbulkan inefisiensi di perusahaan Anda. Oleh sebab itu, Kita harus memastikan bahwa memilih menggunakan aplikasi mobile adalah langkah yang tepat sehingga dapat menghasilkan impact bagi bisnis Anda.

alasan sebelum aplikasi mobile dikembangkan

Berikut 4 pertanyaan kritis kunci yang sangat mudah, namun penting untuk dijawab sebelum Anda memutuskan mengintegrasikan mobile apps ke dalam bisnis Anda;

  1. Ada masalah apa sehingga harus mengembangkan aplikasi mobile?

Langkah awal sebelum memutuskan segala kebijakan perusahaan adalah dengan mengidentifikasi dengan jelas masalah apa yang terjadi. Jangan berfikir teknologi dulu di awal, kumpulkan sebanyak mungkin alternatif solusi. Bandingkan cost effortnya dari beberapa solusi tersebut, sehingga Kita akan mendapatkan titik yang paling efisien.

  1. Apakah masalah tersebut harus diselesaikan dengan aplikasi mobile?

Kenali apakah fungsionalitas dalam aplikasi harus menggunakan aplikasi mobile. Jika sistem yang Anda butuhkan hanya untuk menampilkan teks dan gambar, maka platform web adalah yang paling efisien. Jika kebutuhan sistem menyangkut interaksi yang intens dengan user, penyimpanan data offline, akses ke posisi, dan lain-lain, maka kemungkinan besar aplikasi mobile memang menjadi solusinya.

  1. Apakah target pengguna sudah siap untuk menggunakannya?

Selain dari sisi development, pengguna aplikasi mobile pun memiliki effort yang lebih pada saat memilih suatu aplikasi. Dibandingkan dengan aplikasi web based, aplikasi mobile butuh rantai yang lebih panjang, pengguna harus mencari di playstore (jika aplikasi untuk publik), mendownload, install, kemudian bertahan untuk terus menggunakannya. Butuh banyak persyaratan teknis maupun non teknis untuk mendapatkan akuisisi pengguna.

Selain jumlah kepemilikan, pastikan calon pengguna Anda memiliki kemampuan teknis untuk menggunakan perangkat mobile. Lakukan riset kecil untuk memastikan profil pengguna Anda.

  1. Bagaimana pengukuran ROI nya?

Hitunglah potensi kerugian atas masalah, atau keuntungan yang akan didapatkan dengan integrasi aplikasi mobile, kemudian siapkan budget yang sesuai dengan nilai dari masalah atau keuntungannya. Karena rantai akuisisi user lebih panjang daripada web based, maka Anda juga harus mempersiapkan budget lebih di proses marketing (jika aplikasi untuk publik)

Meskipun perusahaan Anda memiliki anggaran lebih, dan konsultan Anda mengatakan bahwa sudah saatnya menggunakan aplikasi mobile, namun tetaplah bijaksana, pilih fitur yang paling esensial, sehingga anggaran yang dibutuhkan bisa lebih efisien.

Jika anggaran masih memenuhi, bisa dipersiapkan untuk riset dan pengembangan fitur selanjutnya.

Demikian 4 hal yang mudah dan esensial yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengintegrasikan aplikasi mobile di bisnis Anda. Jika masih ada permasalahan yang ingin didiskusikan lebih intens, Anda bisa mengontak konsultan Kami di sini.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply