Bagaimana Cara Memilih Mobile Apps Developer?

By : Adityo Agung N. | 24 September 2020 | Comnents : 0


Sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi mobile akan sangat mudah di dapatkan ketika Anda melihat pada inti permasalahan yang muncul dan dihadapi oleh orang-orang di sekitar Anda.

Namun, jika sebuah ide yang Anda dapatkan hanya tertuang pada beberapa coretan-coretan di atas kertas, coretan di papan whiteboard, atau bahkan hanya tersimpan di pikiran Anda, ide tersebut akan menjadi tidak berguna pada akhirnya.

Anda harus mewujudkannya dalam bentuk yang nyata, apalagi jika Anda memiliki lingkungan yang mendukung langkah Anda untuk mewujudkan ide Anda tersebut. Hal utama yang akan Anda pikirkan pasti “Siapa yang dapat mewujudkan ide saya menjadi kenyataan?”

Baiklah, pada kenyataanya banyak freelance programmer sampai perusahaan penyedia jasa pengembangan aplikasi mobile yang mampu mewujudkan ide Anda tersebut menjadi kenyataan. Tapi tunggu dulu, karena terlalu banyak pilihan yang muncul pertanyaan selanjutnya yang akan muncul dari Anda pasti “Dari semua pilihan ini, manakah yang terbaik yang harus saya pilih untuk mengembangkan ide saya?”

Perhatikan beberapa tips berikut untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda:

Anda harus mengetahui Sistem Requirement dari aplikasi mobile yang ingin Anda kembangkan.

Secara pribadi, Project Owner harus memiliki pengetahuan tentang aplikasi mobile seperti apa yang akan di kembangkan. Project Owner harus bisa mengirimkan apa yang menjadi kebutuhan dan yang diinginkannya kepada developer aplikasi mobile tersebut. Informasi yang harus disampaikan oleh Project Owner adalah informasi yang bersifat fungsionalitas dari aplikasi mobile tersebut. Namun, jika Anda mengalami kesulitan dalam menyampaikan fungsionalitas aplikasi tersebut, Anda dapat melihat beberapa contoh aplikasi yang sudah ada untuk dijadikan sebagai acuan untuk disampaikan.

Development Model

Beberapa perusahan penyedia jasa pengembangan aplikasi mobile, khususnya Startups biasanya tidak memiliki semua resource SDM atau personil yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi mobile yang sesuai dengan requirement dari Project Owner. Jadi mereka akan menggunakan pihak external untuk membantu mereka dalam mengembangkan project aplikasi mobilenya. Jika Anda menginginkan end to end service sebaiknya Anda menghindarinya, karena perusahaan semacam itu sering kali tidak memiliki personil yang tepat untuk menawarkan layanan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, hasilnya sering kali berupa mimpi buruk, belum lagi menghabiskan banyak waktu dan uang. Jika Anda memerlukan end to end service, bicaralah dengan penyedia jasa pengembangan aplikasi mobile yang memiliki layanan lengkap dan yang memiliki spesialis khusus di setiap personilnya untuk melakukan layanan tersebut.

Portfolio

Jika Anda melihat halaman portfolio dari penyedia jasa pengembangan aplikasi mobile tersebut, maka ada baiknya untuk Anda melakukan double crosscheckdengan melakukan review atau wawancara singkat dengan klien yang sudah pernah bekerjasama dengan penyedia jasa aplikasi mobile tersebut. Pastikan bahwa penyedia jasa aplikasi mobile tersebut memiliki review yang memuaskan dari klien sebelumnya dan berpengalaman dengan model project yang ingin Anda kembangkan.

Cost

Biaya adalah masalah utama untuk Project Owner dan penyedia jasa aplikasi mobile. Terkadang jika Anda sudah cocok dengan segala macam hal dari penyedia jasa tersebut namun langkah Anda akan berhenti ketika melihat biaya yang mereka ajukan kepada Anda untuk menyelesaikan pengembangan aplikasi mobile Anda. Bagaimanapun juga pasti selalu ada pertentangan antara biaya dan kualitas, semakin tinggi kualitas dari penyedia jasa aplikasi mobile tersebut pasti akan semakin tinggi pula biaya yang mereka ajukan. Hal ini dikarenakan produk seperti aplikasi mobile yang memiliki kualitas tinggi akan menghabiskan banyak biaya dan begitu juga sebaliknya.Bagaimanapun juga, jika penyedia jasa aplikasi mobile yang sudah lama (memiliki pengalaman) dibandingkan dengan startup yang masih baru pasti akan memiliki persaingan harga yang cukup kompetitif. Jadi, jika sebuah penyedia jasa aplikasi mobile yang memiliki eksistensi lama dan memberikan pengajuan biaya yang relatif rendah maka hal itu merupakan suatu pilihan yang bagus. Dikarenakan proses pengembangan aplikasi mobile yang sering kali memakan biaya yang mahal, namun hanya penyedia jasa semacam itu saja yang akan menyediakan layanan dengan biaya yang efisien.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan penyedia jasa aplikasi mobile yang akan membantu Anda dalam mewujudkan ide Anda menjadi kenyataan?

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan Anda. Perhatikan beberapa point diatas sebelum Anda benar-benar menjatuhkan keputusan Anda. Faktanya, penyedia jasa aplikasi mobile yang baik harus memahami dan memiliki kemampuan terkait requirements yang dimiliki oleh Project Owner dan tidak boleh berkompromi pada kualitas interface (desain) pada aplikasi mobilenya. Jadi, jangan terburu-buru ketika Anda membuat pilihan di antara begitu banyaknya perusahaan atau penyedia jasa pengembangan aplikasi mobile yang ada.Pertimbangkan poin-poin di atas sebelum membuat keputusan karena ini dapat mempengaruhi bisnis Anda di masa depan. Jika Anda sebagai Project Owner dan pemilik ide masih menemukan kesulitan dalam menentukan, Anda dapat menghubungi kami di Crocodic, Impactful Mobile Apps Developer di Indonesia

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us