Bangun Kenyamanan User, Agar Mereka Bertahan Pada Mobile App Anda

July 27, 2015
Bangun Kenyamanan User, Agar Mereka Bertahan Pada Mobile App Anda

Perangkat mobile dan aplikasinya telah menjadi katalis yang menempatkan daya beli di tangan customer. Hal ini juga telah menciptakan pasar di mana customer melakukan pencarian, membaca ulasan secara online, melihat rekomendasi dari customer lain, iklan banner, laporan penelitian dan semua aktifitas yang bertujuan untuk meninjau dan memilih suatu produk atau jasa.

Aplikasi mobile merupakan transisi budaya menjadi pemasaran yang berbasis kebutuhan interaksi untuk menggerakkan customer. Perangkat mobil adalah perangkat pribadi, jika seorang customer telah berkenan menggunakan aplikasi mobile Anda bisa jadi karena aplikasi mobile Anda valuable dan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dalam postingan ini, akan diuraikan lima cara yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan user experience dan mempertahankan customer.

Jangan menampilkan iklan yang menyesatkan

mobile app adds

Sekarang terlalu banyak brand yang hanya memfokuskan semua upaya mereka untuk mendapat pengguna baru dan tingginya angka download. Tapi sesungguhnya ini hanya tahap awal untuk mendapatkan retensi pengguna.

Untuk menjangkau kombinasi yang tepat antara target pelanggan dan kesadaran tentang aplikasi, Anda harus berinvestasi dalam promosi organik (melalui optimasi toko aplikasi, media sosial, dan public relation) serta iklan berbayar. Iklan akan membawa Anda pada kelompok target audience Anda yang mendatangkan pengguna potensial yang memiliki kebutuhan yang relevan terhadap attribut aplikasi Anda.

Pada dasarnya, pengguna Anda menggunakan aplikasi Anda karena fungsi aplikasi Anda memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, saat Anda membuat promosi itu berarti Anda telah membuat janji. Buat iklan yang menggambarkan aplikasi Anda, tidak over promosing atau menyesatkan dengan menjanjikan fitu-fitur yang belum sepenuhnya matang.

Mengarahkan dengan value

Seharusnya aplikasi dibuat dengan tujuan: untuk membantu pengguna memebuhi kebutuhan mereka, memberikan pengguna denggan cara yang mudah dan efisien untuk mencapai sesuatu. Aplikasi hanya digunakan jika itu berguna, dan memberi value serta turun tangan dengan cara terbaik untuk memastikan pengguna Anda terlibat.

Menggunakan data untuk usage tracking, engagement, dan retensi

Dalam rangka untuk memahami pengguna Anda, experience nya dan bagaimana keaktifan mereka terhadap aplikasi Anda. Dengan aplikasi analisis yang tepat sebagai dasar Anda untuk menemukan hal-hal dibawah ini:

  • Usage insight: berapa banyak waktu yang pengguna Anda habiskan di Aplikasi Anda, kapan mereka menggunakannya, dan dari perangkat apa aplikasi Anda di akses.
  • Matrik retensi: seberapa sering pengguna Anda kembali ke Aplikasi Anda, dan bagaimana perubahan retensi sela periode waktu tertentu
  • Matrik engagement: semua tidakan yang dilakukan pengguna dalam aplikasi Anda termasuk aktifitas konversi
  • Matrik revenue: Life Time Value setiap pengguna, pendapatan apalikasi, dan pendapatan dari campaign akuisisi Anda.

Analisis menunjukan cara mereka ingin berinteraksi dengan aplikasi Anda, data tersebut juga memberikan gambaran sampai di mana implementasi aplikasi Anda. Menentukan fitur yang berjalan dengan baik atau tidak. Dan yang paling penting analisis akan mengidentifikasi penggunaan dan retensi tren dari waktu ke waktu, sehingga Anda tahu umur dan loyalitas pengguna Anda.

Berikan pengguna apa yang mereka inginkan

mobile app push notif

Saat Anda memutuskan bahwa aplikasi Anda adalah aplikasi pemasaran itu berarti tugas utamanya adalah tentang bagaimna Anda dapat menggunakan taktik pesan untuk meningkatkan engagement, dan mempertahankan penggunaan dari waktu ke waktu. Taktik pesan yang digunakan bisa jadi berupa push-notification, permintaan feedback atau rating, SMS dan email semuanya untuk memberikan informasi, penawaran, dan konten yang relevan dengan pengguna Anda. Disinalah peran data yang telah Anda analisis dibutuhkan, campaign yang baik adalah campaign yang berorientasi pada data yang sebenarnya.

Jangan abaikan feedback yang diberikan oleh pengguna Anda

Feedback pengguna harus menjadi faktor penting dalam menentukan fitur aplikasi Anda dan juga tentang bagaimana aplikasi Anda inin tumbuh dan berkembang menawarkan aplikasi Anda dari waktu ke waktu.

Semua poin-poin diatas merupakan kesempatan belajar bagi Brand Anda dalam menumbuh kembangkan aplikasi Anda. Intinya, tugas seorang pemilik aplikasi hanyalah mencari tahu apa yang pengguna mereka inginkan.

Leave a Reply