Cara Sederhana yang Dapat Membantu Mempertahankan Pengguna Aplikasi Mobile Anda

June 4, 2015
Cara Sederhana yang Dapat Membantu Mempertahankan Pengguna Aplikasi Mobile Anda

Membuat aplikasi mobile yang mampu menarik minat pengguna untuk men-download mungkin adalah hal yang sulit, namun akan jauh lebih sulit lagi untuk mempertahankan mereka yang telah mendownload untuk tetap menggunakan aplikasi mobile kita. Karena pengguna tidak keberatan jika harus mendownload sebuah aplikasi lalu menginstallnya kemudian menghapusnya lagi dan kemudian download yang lain lagi. Lalu bagaimana cara untuk membuat aplikasi mobile Anda mampu mempertahankan penggunaan mereka sehingga kemunculan banyak aplikasi lain tidak mampu mengalihkan perhatian mereka.

Berikut adalah cara sederhana yang dapat membantu Anda untuk menjaga pengguna aplikasi mobile Anda.

Ciptakan customer service yang mengagumkan

Cara untuk membuat Anda terhubung dengan pengguna adalah dengan cara mengobrol bersama mereka. Obrolan akan membuat Anda dan pengguna Anda berada dalam satu presepsi yang sama sehingga akan mudah untuk memahami keinginan mereka . Untuk memulai obrolan dengan pengguna dapat Anda lakukan dengan cara menambahkan aplikasi chat dalam aplikasi mobile Anda, atau bisa juga dengan menamb ahkan video atau animasi pada kolom FAQ (For Answer Question)

Membangun fitur engagement screen di aplikasi Anda

Fitur ini adalah tempat dimana pengguna berharap menemukan pengumuman penting, video, atau hal-hal lain yang menarik perhatian mereka di aplikasi. Seperti fitur mendaftar untuk newsletter yang dapat mengundang keterlibatan lebih dari pengguna.

Menjaga tampilan aplikasi Anda

Jika Anda ingin menjaga pengguna tertarik dan tetap bertahan untuk menggunakan aplikasi, Anda harus membuat tampilan aplikasi Anda tetap fresh. Tidak perlu melakukan banyak perubahan agar aplikasi Anda terlihat fresh, cukup dengan melakukan perubahan kecil tapi menjadi pusat perhatian dan menarik. Misalnya dengan merubah warna tombol, mengubah font, atau mengubah animasi intro pada aplikasi. Perubahan kecil seperti itu tentu adalah hal yang mudah jika Anda menggunakan sistem manajemen konten untuk aplikasi mobile Anda.

Buat akses aplikasi Anda cepat dan terasa bebas bug

Salah satu faktor penyumbang yang membuat rating aplikasi jatuh adalah karena aplikasi tersebut crash dan karena aplikasi berjalan lambat. Menurut Ponsel App Survey Report, pengguna smartphone rata-rata mengharapkan aplikasi untuk membuka dalam waktu kurang dari 2 detik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Anda dapat mengupayakan dengan memotong beberapa grafis yang berat, kemudian optimalkan kode aplikasi Anda untuk meminimalisir lag.

Kirimkan pesan pemasaran pribadi Anda

Semua pengguna aplikasi Anda tidaklah sama semua, itulah kenapa Anda harus mengirimkan pemasaran Anda tidak pada semua pengguna. Anda harus mengategorikan pengguna Anda kedalam beberapa kategori misalnya, Anda mengategorikan pengguna Anda berdasarkan gender, ketertarikan, dan usia. kemudian Anda dapat mengirimkan pesan pemasaran yang relevan terhadap masing-masing kategori dengan begitu pesan pemasaran Anda tidak lagi dianggap sebuah spam.

Semoga cara-cara sederhana tadi mampu membuat pengguna aplikasi mobile Anda bertahan lebih lama hingga terbangun sebuah engagement yang saling menguntungkan satu sama lain.

Leave a Reply