Inilah Alasan Kenapa Membuat Website itu harusnya mahal?

May 11, 2014
Inilah Alasan Kenapa Membuat Website itu harusnya mahal?

Dalam perkembangan era teknologi sekarang ini, serta didukung dengan arus penyebaran informasi yang semakin deras dan mudah serta dengan biaya yang semakin terjangkau, maka sudah selayaknya dan bahkan mungkin menjadi sebuah ke keharusan ketika sebuah perusahaan atau korporat memiliki sebuah website sendiri atau biasa disebut dengan website company, hal ini guna mendukung penyampaian tujuan dari perusahaan tersebut, serta untuk mendekatkan perusahaan dengan konsumennya.

Website juga bisa sekaligus sebagai branding perusahaan itu sendiri, website merupakan rumah kedua bagi sebuah perusahaan dalam dunia digital atau dunia maya. Citra dan kesan sebuah perusahaan bisa dilihat dari website yang dimiliki, apakah menonjolkan kesan-kesan elegan, sederhana, profesional, dll.

Berkaitan dengan hal itu, ada banyak sekali perusahaan atau production House yang menawarkan jasa pembuatan website, mulai dari harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Mungkin Anda bertanya-tanya, “terus bedanya apa antara harga ratusan ribu dan jutaan?” Mungkin ada juga yang bertanya “kok bikin website sampai ratusan juta rupiah?”. Nah pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang akan coba kita kupas, kenapa sih bikin website saja kok hingga ratusan juta rupiah?

Dalam pembuatan website itu sendiri tidak semudah yang dibayangkan, paling tidak ada beberapa tahap yang harus dilakukan, di antaranya :

1. Analisis kebutuhan

Pada tahap ini, tim Kami akan mengumpulkan semua data tentang kebutuhan dari perusahaan anda yang akan dipenuhi dengan website yang akan dikembangkan. Data tersebut kemudian akan Kami analisis menjadi rancangan sistem yang lebih operasional. Rancangan sistem operasional tersebut akan didiskusikan lagi dengan tim perusahaan anda, sehingga masing-masing akan memiliki persepsi yang sama.

2. Desain layout

Desain tampilan adalah salah satu komponen dari website yang sangat penting. Desain bisa meningkatkan mood dan memudahkan orang untuk mengingat brand sebuah perusahaan. Pada tahap ini, tim ahli desain kami akan memberikan beberapa alternatif desain interace (tampilan) dari website anda.

3. Pembuatan prototype

Dari analisis sistem dan desain yang sudah jadi, tahap selanjutnya adalah tugas tim ahli kami untuk membuat prototipe website anda. Tim ahli kami dari coding dan desain akan melakukan pembuatan web secara disiplin dan detail, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan gambaran ideal dari perusahaan Anda. Kami memiliki standar minimal dalam pengembangan website, yaitu kompatibel diakses oleh semua perangkat (mobile dan dekstop), dukungan optimalisasi social media, dan fasilitas untuk mengukur traffik dan trend pengunjung.

4. Testing

Prototype website yang sudah dikembangkan oleh tim ahli Kami, kemudian akan diuji validitas fungsi navigasi dan semua komponen dalam aplikasi tersebut. Untuk memastikan kualitas website yang dikembangkan, akan dilakukan juga uji reliabilitas dan kompatibilitas. Reliabel artinya aplikasi tersebut tidak mengalami gangguan (error) ketika diberikan perlakukan yang ekstrim, sedangkan kompatibilitas artinya aplikasi tersebut bisa berfungsi dengan baik di semua perangkat, baik dekstop maupun mobile.

5. Pemilihan paket Domain dan Hosting

Penamaan website (domain) tidak hanya mempengaruhi brand sebuah perusahaan, tetapi juga akan memudahkan algoritma mesin pencari untuk mengenali konten web Anda. Pemilihan paket hosting juga merupakan bagian penting dari pengembangan website perusahaan, karena hosting yang berkualitas akan mempengaruhi reliabilitas dan keamanan sebuah web. Tim Kami akan memberikan asistensi kepada anda untuk memilih domain dan paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Nah itu beberapa tahap yang harus dilakukan dalam proses panjang pembuatan sebuah website, walaupun pada saat ini banyak sekali bermunculan CMS-CMS yang semakin mempermudah dalam proses pembuatan website, meskipun begitu, menggunakan CMS sekalipun tidak merubah tahapan-tahapan diatas, krn pada dasarnya membuat sebuah website adalah sebuah pencitraan brand bagi sebuah perusahaan.

Jadi, jangan anggap remeh pembuatan website, bikin web itu susah dan butuh pemikiran yang mendalam.

Leave a Reply